Contoh Teks Cerita Ulang

Contoh Teks Cerita Ulang

Struktur Teks Teks
Judul Lebai Malang
Pengenalan/Orientasi Tersebutlah kisah seorang guru agama yang hidup di tepi sungai di sebuah desa di Sumatra Barat. Pada suatu hari, ia mendapat undangan pesta dari dua orang kaya    desa    tetangga. Sayangnya,    pesta    tersebut diadakan pada hari dan waktu yang bersamaan.
Rekaman Kejadian Pak  Lebai  menimbang-nimbang  untung  dan  rugi setiap undangan. Ia tidak pernah dapat mengambil keputusan dengan cepat apakah ia akan pergi ke desa hulu atau ke hilir. Apabila ia pergi ke pesta di desa hulu sungai, ia akan mendapatkan dua ekor kepala kerbau.  Namun,  masakan  orang-orang  hulu  sungai tidak seenak orang hilir sungai. Kalau ia pergi ke hilir sungai, ia akan mendapat hadiah seekor kepala kerbau yang  dimasak dengan enak.    Hingga ia mulai mengayuh perahunya ke tempat pesta pun, ia belum dapat memutuskan pesta mana yang akan dipilih.

Pertama,  dikayuh  sampannya  menuju  hulu  sungai. Baru tiba di tengah perjalanan ia mengubah pikirannya. Ia berbalik mendayung perahunya ke arah hilir.  Begitu  hampir  sampai  di  desa  hilir  sungai, dilihatnya beberapa tamu menuju hulu sungai. Tamu tersebut mengatakan bahwa kerbau yang disembelih di  sana  sangat  kurus.  Ia  pun  mengubah  haluan perahunya  menuu  hulu  sungai. Sesampainya  di  tepi desa hulu sungai, para tamu sudah beranjak pulang. Pesta di sana sudah selesai.

Pak lebai cepat-cepat  mengayuh perahunya menuju desa hilir sungai. Sayangnya, di sana pun pesta sudah berakhir.

Akhirnya, Pak Lebai tidak mendapat kepala kerbau yang diinginkannya.

Sumber: Mahsun (2018)

Sumber: Modul 1 Pendalaman Materi Bahasa Indonesia PPG PGSD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2019

Bagikan tulisan ini:

Oleh Agus Siswoyo

Teacher in real life, story teller and Indonesian blogger.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *