3 Karakter Yang Harus Dihindari Dalam Kerjasama Bisnis Online

Kerjasama bisnis online bukanlah sesuatu yang baru, bahkan diperlukan untuk mengembangkan kekuatan bisnis. Kerjasama (joint venture) dalam bisnis internet melibatkan dua orang atau lebih yang memiliki kapasitas dan kapabilitas berbeda.

Kerjasama dalam bisnis online bertujuan memperluas segmentasi market dan menutup celah kekurangan pada sejumlah potensi bisnis. Kita bisa menjumpai seorang internet marketer membuat kesepakatan kerjasama dengan seorang themes developer untuk menjual layanan premium WordPress themes. Hal ini berarti themes developer fokus membuat themes sedangkan bidang pemasaran (marketing) menjadi tugas internet marketer yang bersangkutan.

Membangun kerjasama bisnis online bukanlah hal yang mudah dilakukan karena dalam prakteknya bisa saja menemui berbagai halangan dan hambatan. Dengan modal keberuntungan yang minimal cukup bagus, optimalisasi bisnis online bisa berjalan dengan relatif mudah diwujudkan bila kita bersedia memperhatikan tiga saran di bawah ini.

1. Hindari mencari alasan.

Di masa ketidakpastian ekonomi saat ini, aspek kepemimpinan dalam bisnis cenderung melemah. Bahkan lebih lemah dari tahun lalu. Artinya, bukan saja orang lain, bahkan pebisnis pada umumnya akan mengalami kecenderungan tersebut. Mengingat karakter pebisnis online pemula yang pada umumnya cepat tanggap terhadap apa yang dihadapinya, maka dikhawatirkan timbul sikap pengecut yang sangat jauh dari sikap kepemimpinan.

Mengapa demikian? Karena terhadap segala kekeliruan yang dibuat akan disikapi dengan penemuan alasan yang cepat sebagai sebuah pengingkaran. Hal ini tentu sangat merugikan. Alasan pengingkaran terhadap siapapun akan berpotensi menjatuhkan kredibilitas seorang pebisnis online. Sedangkan pengingkaran terhadap diri sendiri akan merusak kepribadian dan melemahkan kemampuan untuk berolah pikir secara positif.

2. Hindari pelecehan.

Selain aspek kepemimpinan blogger dan pebisnis online pemula yang berpotensi menjadi lemah, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kreatifitas berpikir dan produktifitas bekerja. Logika berpikir yang sukar dibendung dalam menelurkan berbagai pandangan dan gagasan, dikhawatirkan perasaan superioritas menyelinap dalam pikiran pebisnis online tanpa disadari ketika menjalankan kerjasama bisnis online. Hal ini harus diwaspadai dengan cermat.

Orang bijak berkata: siapa menanam, dia akan menuai. Segala perilaku kita saat ini akan memberikan efek pada langkah di kemudian hari. Jangan melecehkan siapapun, terlebih di dalam ruang lingkup aktifitas bisnis online sendiri, karena hal itu akan merugikan diri sendiri baik di masa kini maupun di kemudian hari. Kejatuhan sebuah layanan bisnis online seringkali bermula karena tidak adanya sikap saling menghargai diantara individu-individu yang membuat kesepakatan kerjasama bisnis.

3. Hindari permusuhan.

Percayalah! Sikap sabar yang disertai dengan kedisiplinan akan mampu mengubah kekalahan menjadi kemenangan. Prinsip ini hingga kini tetap berlaku sebagai pijakan dasar untuk menghindari perseteruan yang cenderung mencuap ke permukaan. Bagaikan seekor kuda yang baru terlepas dari tali kekangnya, kita bisa saja berperilaku liar hingga tidak merasa khawatir dalam menghadapi masalah apapun dalam kerjasama bisnis online.

Ketidaksenangan kita terhadap apapun dan siapapun hendaknya dibungkus serapat mungkin untuk menghindari situasi yang bisa menimbulkan intrik. Bukannya kita harus bermuka dua dan berpura-pura suka. Namun ada hal lain yang lebih penting daripada ekspresi suka dan tidak suka. Untuk menghadapi situasi pelik ini, kebersamaan hendaknya selalu diupayakan dengan sebaik-baiknya.

Semoga artikel motivasi diri ini bisa memberikan manfaat bagi Anda dalam menjalankan kerjasama bisnis online. Ayo berkreasi dan maju bersama bisnis online di Indonesia!

Enjoy blogging, enjoy writing!

3 Replies to “3 Karakter Yang Harus Dihindari Dalam Kerjasama Bisnis Online”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *