Mau Cari Duit dari Blogging? Mulai dari Bikin Blog Gratisan

Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free
Whether you are looking for a master’s degree program, computer science classes, a K-12 curriculum, or GED study program, this list gives you a look at 50 websites that promise education for free – Image Taken From Pinterest.com

Apa kabar kawan komunitas blogger Jombang? Pada artikel sebelumnya penulis sudah menceritakan secuplik sejarah dunia blogging beserta lika-likunya. Tidak semua orang cocok menjadi blogger. It’s about passion. Ini tentang hobi menulis. Blogging juga tentang cara cari duit lewat tulisan. Kalaupun Anda berminat menjadi seorang blogger, sebaiknya Anda pikir-pikir dulu. Blogger jaman sekarang penghasilannya tidak menentu. Anda tetap harus bekerja di kantor atau berwirausaha di sektor riil agar cashflow Anda lancar.

Nah, kalau Anda benar-benar ingin menjadi blogger, pasti terlintas sebuah pertanyaan mendasar: bagaimana cara memulai ngeblog? Oke. Simpan dulu tanda tanya Anda. Baca saja artikel ini. Penulis akan menceritakan pengalaman menjadi blogger pertama kali tahun 2007 lalu. Saat itu penulis iseng-iseng menulis di blogspot.com hanya untuk sekedar meluapkan kegalauan hati. Siapa sangka dari kegiatan menulis di blog gratisan ini akhirnya penulis berkenalan dengan platform wordpress.com. Meski sama-sama gratis, penulis merasa lebih nyaman menulis di wordpress.

Selama dua tahun masa ngeblog itulah penulis banyak mengeksplorasi dunia blogging dan berkenalan dengan banyak blogger senior. Akhirnya, pada awal Oktober 2009 penulis membulatkan tekad membeli domain www.agussiswoyo.com ini dan menyewa jasa hosting berbayar. Sejak saat itu penulis mulai aktif menulis. Sekali lagi kegiatan kerja offline sangat menyita waktu sehingga penulis sempat kalang-kabut mengatur waktu. Kesibukan penulis saat itu sebagai auditor antar kota dalam provinsi memberikan sedikit waktu untuk menulis.

Tidak ingin setengah-setengah menekuni blogging, penulis sempat menjadi fulltime blogger dan penulis freelance mulai tahun 2010 sampai 2013. Dalam kisaran masa empat tahun itulah penulis mengelola banyak seminar bisnis online yang dilakukan tatap muka sekaligus menjadi ghost-writer terhadap sejumlah proyek penulisan dan branding organisasi sosial kemasyarakatan. Asyik juga menjadi blogger sepenuh waktu. Saat itu penulis tidak harus bangun pagi, masuk kantor, terjebak macet, rapat berjam-jam, maupun beragam kesulitan bekerja. Semua kebutuhan hidup juga bisa terpenuhi dari ngeblog.

Gambar globe dengan tumpukan uang emas - gambar diambil dari Pinterest dot com
Gambar globe dengan tumpukan uang emas – gambar diambil dari Pinterest dot com

Mulai 2013 sampai detik ini pun penulis bersyukur selalu dapat memenuhi kebutuhan membeli domain, sewa hosting, dan belanja online dari penghasilan ngeblog. Orang bijak mengatakan bahkan hasil tidak akan mengingkari proses kerja keras yang telah kita lakukan. Hal itu juga berlaku dalam ngeblog. Tak terhitung sudah berapa kali blog ini berganti nama dan tema blog, semua itu adalah proses menuju perbaikan. Jadi, kalau Anda ingin benar-benar ngeblog untuk tujuan mencari duit, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buat blog di domain gratis dan hosting gratis
  2. Pilih topik pembahasan yang Anda kuasai
  3. Tulislah 1 artikel setiap hari tanpa perlu revisi
  4. Perluas pertemanan di dunia maya
  5. Kalau sudah yakin, beli domain berbayar dan sewa hosting
  6. Teruskan kebiasaan menulis artikel setiap hari
  7. Tulislah hal apa saja yang menarik minat Anda
  8. Selalu lakukan inovasi dalam mengembangkan blog
  9. Permudah calon klien menghubungi Anda
  10. Tunggulah tawaran kerjasama yang menguntungkan.

Setiap orang memiliki cara yang unik untuk mencapai tahap kesuksesan di bidang yang digeluti. Penulis membutuhkan waktu sepuluh tahun untuk bisa stabil ngeblog dan mendapatkan penghasilan dari blogging. Mungkin orang lain membutuhkan waktu dengan durasi yang berbeda untuk mencapai titik aman ngeblog. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memperbanyak trial and error. Anda tidak akan tahu cara mana yang memberi dampak terbaik untuk tujuan ngeblog yang Anda inginkan.

Anda tidak perlu khawatir biaya mahal yang akan timbul dari kegiatan memulai ngeblog. Saat ini Anda bisa bersyukur sudah banyak bertebaran koneksi Wifi gratis maupun wifi berbayar. Dulu penulis harus keluar masuk bilik warung internet (warnet) agar bisa update artikel blog. Lagi pula Anda tidak harus ngeblog lewat laptop. Smartphone android yang Anda miliki saat ini sudah cukup tangguh untuk dipakai ngeblog di blogspot maupun wordpress. Anda bisa mendownload dan install aplikasi platform ngeblog yang Anda sukai. Kalau mau praktis, ngeblog lewat browser smartphone pun bisa dilakukan.

Jangan tunggu terlalu lama untuk mengembangkan potensi terbaik yang Anda miliki. Anda tidak akan pernah tahu bidang bisnis apa yang cocok dengan Anda sampai Anda telah mencobanya. Selamat menimbang-nimbang. Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan Anda.

Bagikan tulisan ini:

4 Replies to “Mau Cari Duit dari Blogging? Mulai dari Bikin Blog Gratisan”

  1. Memang beda ya tulisan expert sama blogger abal2. Tulisan based on true experience gini enak dibaca dan bawa manfaat.

  2. mmg lbh asik jadi youtuber daripada blogger. Seorang blogger harus banyak mikir buat nulis sedangkan youtuber cuma perlu cuap2 di depan kamera sambil ngeksis. Eranya sudah berubah dan kita nggak bisa melarang blogger berpindah profesi menjadi youtuber karena satu dengan alasan lain.

  3. Bisnis online sudah menjadi solusi terbaik di masa pandemi ini. kita nggak perlu keluar rumah untuk menjalankan bisnis. kita hanya perlu mengutak-atik smartphone dan melakukan promosi lewat internet. Beresss deh…

  4. Konten Blog pribadi sekarang semakin langka keberadaannya karena dominasi sosial media. Hal ini bukan hanya terjadi di Indonesia tetapi juga hampir di seluruh negara-negara di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *