Buka Puasa Bersama Komunitas Jumat Berkah Rizhanus Sholihat Jombang

Buka Puasa Ramadhan bersama Kelompok Sahabat Rainbow di PAUD Ar-Rahman Jombang tahun 2016
Buka Puasa Ramadhan bersama Kelompok Sahabat Rainbow di PAUD Ar-Rahman Jombang tahun 2016

Saya menghadiri acara buka puasa bersama Komunitas Jumat Berkah Rizhanus Sholihat di Jombang pada hari ini, Kamis 7 Juni 2018. Acara ini berlangsung di kediaman Bapak Dani yang terletak di Firdaus Regency Jl. Mayjend. Sungkono Tunggorono Jombang. Saya merasa antusias saat berada diantara orang-orang yang memiliki kepedulian tinggi terhadap sesama. Hal ini mengingatkan saya kelompok persahabatan Rainbow yang pernah mengadakan acara serupa di PAUD Ar-Rahman Jombang pada Ramadhan tahun lalu. Bermula dari pertemanan, kini mereka mulai mengajak pada kegiatan kebaikan bersama.

Acara buka puasa bersama dihadiri oleh 20 anak yatim dhuafa yang berasal Sanggar Genius Darun Najah Parimono. Mereka berbaur dengan para tamu undangan yang sore itu memenuhi ruang tamu rumah Pak Dani. Silaturahim itu diawali dengan membaca istighotsah bersama-sama. Kemudian acara dilanjutkan dengan ceramah agama singkat. Kali ini saya bertugas ganda. Usai menjadi imam istighotsah, saya pun memberi ceramah. Ini bukan tugas yang mudah, tapi sangat menantang untuk ditaklukkan.

Kebersamaan Komunitas Jumat Berkah dengan Sanggar Genius berakhir dengan pembagian bingkisan lebaran untuk anak-anak. Tak lama kemudian semua hadirin berfoto bersama dan acarapun usai. Kegiatan ini berlangsung singkat karena yang punya rumah memiliki acara bukber selanjutnya di tempat kerja. Meski berlangsung singkat, anak-anak merasa senang bisa hadir di acara doa bersama dengan Komunitas Jumat Berkah.

Kehadiran saya di Sanggar Genius Darun Najah hari ini membawa kesan tersendiri yang tidak biasa. Beberapa tahun silam saya aktif berkunjung ke sanggar yang terletak di rumah Bu Diana itu. Setelah itu saya vakum karena resign kerja. Hari ini saya melihat anak-anak telah tumbuh besar. Beberapa anak masih saya kenali dengan baik. Edi berbadan besar, Nila si kecil tomboy hobi renang, Faris jago matematika dan berkacamata, dan beberapa anak lainnya. Tak lupa, Rama adalah murid Sanggar Genius Parimono yang kemarin juga ikut dalam acara Pesantren Ramadhan Kreatif di Wonosalam.

Proses pendidikan anak-anak yatim di Sanggar Genius memang bukan kegiatan produksi instan. Bertahun-tahun lalu mereka telah menjalani masa belajar bersama. Meski sempat mengalami pergantian guru berulang kali, kini mereka bisa tumbuh lebih ceria dan bersemangat. Lupakan dulu angka-angka dalam buku rapor mereka. Motivasi belajar jauh lebih penting daripada fasilitas berlimpah dan sarana penunjang pendidikan mewah. Semoga saya bisa terus mendampingi mereka dalam beragam kegiatan belajar selanjutnya di sanggar genius. Aamiin.

Bagikan artikel ini melalui:

9 Replies to “Buka Puasa Bersama Komunitas Jumat Berkah Rizhanus Sholihat Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *