Asyiknya Astro Adventure Bersama Komunitas Astronomi Jombang di Pesantren Ramadhan Kreatif

Kegiatan meneropong bintang di acara pesantren Ramadhan Kreatif

Lima puluh anak yatim mengikuti kegiatan Astro Adventure pada Senin, 28 Mei 2018. Astro Adventure adalah kegiatan eksplorasi sains dalam salah satu sesi Pesantren Ramadhan Kreatif tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Yayasan Yatim Mandiri bekerjasama dengan Komunitas Astronomi Jombang. Para peserta kegiatan diajak melihat satelit bulan dan beberapa planet dengan menggunakan teleskop. Acara ini berlangsung seru dan menjadikan para peserta penasaran seperti apakah wajah langit dan planet-planet di malam hari.

Mula-mula semua peserta dan panitia diajak berjalan bersama usai sholat tarawih dari Aula PAUD IT Al-Azhar ke halaman SDN Wonosalam 01. Sesampai disana, sudah ada Kak Aditya dari Komunitas Astronomi Jombang yang membawa tiga buah teleskop. Kak Aditya menjelaskan secara singkat mengenai cara menggunakan teleskop. Kemudian peserta mengamati permukaan bulan satu per satu. Mereka berdecak kagum. Baru kali ini mereka bisa meneropong permukaan bulan. Tandus, kering dan berlembah-lembah adalah beberapa kata yang mewakili kondisi permukaan bulan.

Bukan hanya belajar menggunakan teleskop, para peserta Pesantren Ramadhan Kreatif juga diajarkan memakai pointer astronomi atau semacam senter yang digunakan untuk menunjuk bintang di langit. Awalnya saya tidak percaya. Komunitas Astronomi Jombang kali ini mengajak para peserta kegiatan untuk menghitung bintang di langit. Kok bisa? Ternyata ada ilmunya. Dalam satu area peta langit terdapat banyak bintang yang berkelompok membentuk rasi bintang. Disana kita bisa menghitungnya menurut rasi-rasi bintang dengan bantuan pointer tadi. Itu adalah cara menyederhanakan pengajaran ilmu astronomi kepada anak-anak.

Astro Adventure benar-benar seru dan melelahkan. Tanpa terasa, para peserta telah menghabiskan waktu selama dua jam di halaman sekolah dasar di depan Puskesmas Wonosalam itu. Mereka pun lantas kembali ke base camp lada pukul sepuluh malam dan menikmati tidur dengan pulas. Menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan adalah tugas setiap pendidik kepada murid-muridnya. Kegiatan Astro Adventure ini bisa ditiru untuk mengisi acara-acara perkemahan motivasi diri berikutnya di lembaga pendidikan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda.

Bagikan artikel ini melalui:

6 Replies to “Asyiknya Astro Adventure Bersama Komunitas Astronomi Jombang di Pesantren Ramadhan Kreatif”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *