Liburan (Tidak) Serius Bersama Murid Sanggar Genius

Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo
Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo

Sanggar Genius adalah salah satu program pendidikan luar sekolah yang saya geluti kembali selama setahun terakhir. Saya mengajar di Sanggar Genius Al-Mujahiddin yang terletak di Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Saya mengajar 15 anak yatim dengan waktu pertemuan 12 kali dalam sebulan. Beragam kegiatan eksploratif bisa saya lakukan untuk mengajar para peserta didi Sanggar Genius dalam bidang ilmu agama dan sains.

Liburan akhir tahun ini pun kegiatan belajar di Sanggar Genius Al-Mujahiddin tetap berjalan normal. Bahkan dalam seminggu terakhir ini para peserta didik di sanggar sangat bersemangat mengisi kegiatan liburan mereka dengan kegiatan rekreatif. Saya berinisiatif mengajak mereka membuat prakarya beragam bangun ruang. Saya mengajak mereka belajar di tempat-tempat yang berbeda. Sesekali saya ajak anak-anak belajar di kelas TPQ Al-Mujahiddin, lain waktu saya ajak mereka belajar di rumah saya. Selebihnya, saya ajak mereka belajar di SDN Latsari.

Nah, kegiatan belajar di SDN Latsari inilah yang berlangsung lebih seru. Mengapa? Karena sekolah tersebut memiliki beragam alat peraga yang edukatif, berwarna-warni dan tentunya bisa saya pakai secara gratis. Egy, Rehan, Sabita, dan anak-anak lainnya mengikuti proses pembelajaran eksploratif ini dengan antusias. Mereka berebutan membuat bangun ruang dari jaring-jaring yang mereka susun sendiri dari batang plastik dan karet penyambung. Kegembiraan mereka tampak jelas dari pancaran wajah yang selalu dihiasi senyuman.

Belum berhenti sampai disitu, kegiatan belajar sanggar genius berlangsung lebih seru lagi dengan acara lomba kebersamaan. Fun games berkelompok merupakan salah satu acara yang mereka senangi. Tawa mereka pecah saat terjadi aksi lucu kawan mereka. Inilah salah satu momen menyenangkan yang saya alami selama liburan akhir tahun ini bersama Sanggar Genius. Kebersamaan dengan anak-anak yatim menjadikan saya merasa lebih beruntung dalam hidup.

Rencana liburan bersama program-program Yatim Mandiri tidak berhenti sampai disini. Setelah menuntaskan program pemeriksaan kesehatan di Sedati, saya sudah merencanakan kegiatan bersama anak yatim di Wonosalam dan Kediri. Perkemahan bersama anak yatim merupakan salah satu acara favorit saya. Selalu ada cerita baru yang saya dapatkan sekembali menghabiskan waktu berjam-jam bersama anak-anak yatim dhuafa. Nantikan ulasan kegiatan saya berikutnya hanya di The Jombang Taste.

Bagikan artikel ini melalui:

4 Replies to “Liburan (Tidak) Serius Bersama Murid Sanggar Genius”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *