Kisah Inspiratif Richard Feynman, Peraih Hadiah Nobel Bidang Fisika

Foto Richard Feynman
Foto Richard Feynman

Richard Feynman adalah salah satu ilmuwan Amerika bidang Fisika yang paling cemerlang dan paling aneh dalam sejarahnya. Richard Feynman sudah menunjukkan bakat dan kejeniusannya sejak ia masih muda. Pada usia 24 tahun, Richard Feynman dikirim untuk bekerja di Proyek Manhattan bersama Robert Oppenheimer. Proyek Manhattan merupakan sebuah usaha memproduksi senjata bom atom yang akan digunakan oleh Amerika dalam perang antarbangsa.

Seusai berlangsung Perang Dunia II, Richard Feynman memberi sumbangan-sumbangan penting bagi perkembangan ilmu fisika modern. Richard Feynman meraih Hadiah Nobel untuk karya-karyanya di bidang Fisika. Ia dikenal sebagai penentang produksi bom atom sebagai senjata dalam perang dingin. Ia mempunyai gagasan bahwa kemajuan ilmu pengetahuan tidak seharusnya digunakan untuk menimbulkan kerusakan di muka bumi.

Richard Feynman juga dikenal sebagai salah satu guru fisika terbaik. Richard Feynman dikenang oleh dunia karena ia memimpin penyelidikan bencana pesawat ulang-alik ruang angkasa Challenger. Tragedi pesawat Challenger yang meledak sesaat setelah pesawat lepas landas telah menyita perhatian masyarakat dunia ketika itu. Tugas Richard Feynman adalah mencari kebenaran penyebab bencana sekaligus memberikan solusi penyelesaiannya.

Buku-buku karya Richard Feynman yang laris antara lain Surely You’re Jooking, Mr. Feynman, dan What Do You Care What Other People Think? Richard Feynman merupakan gambaran anak muda Amerika yang memiliki kreatifitas dan ketekunan dalam bekerja di bidang yang digeluti. Ketekunan dan bekerja keras adalah nilai-nilai yang makin jarang dimiliki generasi muda saat ini karena mereka lebih menyukai cara-cara instan untuk mencapai kesuksesan.

Semoga kisah inspiratif dari Richard Feynman ini bisa memberi tambahan motivasi hidup bagi diri Anda. Anda tidak akan menjadi sosok Richard Feynman setelah membaca artikel ini. Namun Anda bisa meneladani nilai-nilai terpuji yang ada pada diri ilmuwan tersebut. Semoga artikel motivasi diri ini bisa berguna untuk menambah semangat hidup Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

2 Replies to “Kisah Inspiratif Richard Feynman, Peraih Hadiah Nobel Bidang Fisika”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *