Jenis-jenis Diferensiasi Pemasaran Produk Bank Syariah

Role of Islamic economy to be discussed Public and private sector thought leaders will discuss the role of the Islamic economy in the broader marketplace at a summit to be held in Dubai next month.
Role of Islamic economy to be discussed Public and private sector thought leaders will discuss the role of the Islamic economy in the broader marketplace at a summit to be held in Dubai next month.

Kotler, Kartajaya, Huan dan Liu menyatakan diferensiasi merupakan tindakan merancang seperangkat perbedaan yang bermakna dalam tawaran bank[1]. Tawaran tersebut harus dipersepsikan oleh konsumen sebagai hal yang berbeda, namun harus benar-benar berbeda dalam hal konten, konteks dan infrastrukturnya.

Konten adalah dimensi diferensiasi yang menunjukkan nilai yang ditawarkan kepada pelanggan. Ini merupakan bagian tangible dari diferensiasi. Konten merupakan dimensi yang menunjuk pada cara bank menawarkan produk bank. Ini berhubungan dengan usaha-usaha bank untuk membantu konsumen mempersepsikan tawaran bank dengan cara berbeda dari tawaran pesaing. Dimensi terakhir menunjuk pada infrastruktur seperti teknologi, SDM dan fasilitas yang digunakan untuk menciptakan diferensiasi konten dan konteks.

Proses diferensiasi dapat dilakukan dalam tiga tahap, pertama dengan menemukan model nilai konsumen. Bank harus membuat semua daftar produk dan jasa yang mempengaruhi persepsi konsumen yang menjadi target market terhadap nilai. Kedua dengan membangun hirarki nilai pelanggan, bank harus menyusun setiap faktor ke dalam satu kelompok dari empat kelompok yaitu: basic (dasar), expected (harapan), desired (keinginan) dan unanticipated (kejutan). Yang ketiga adalah menemukan sepaket nilai konsumen. Bank harus memilih kombinasi antara faktor yang tidak nyata dan nyata untuk membedakan dengan pesaing dan menciptakan konsumen yang loyal.

Dalam membangun positioning di benak konsumen bank harus mengembangkan unique selling proposition (USP) yang merupakan competitive advantage. Dimana produk atau jasa yang dihasilkan harus unik atau hanya dimiliki bank dan dibutuhkan oleh konsumen. Sebuah produk atau merek harus mengkomunikasikan dirinya sebagai yang nomor satu pada manfaat yang dicari konsumen.

Bank dapat melakukan diferensiasi pada empat dimensi, yaitu diferensiasi produk, diferensiasi jasa, diferensiasi personal, dan diferensiasi citra.

Diferensiasi Produk

Diferensiasi produk adalah kegiatan memodifikasi produk agar menjadi lebih menarik. Diferensiasi ini memerlukan penelitian pasar yang cukup serius karena agar bisa benar-benar berbeda, diperlukan pengetahuan tentang produk pesaing. Diferensiasi produk ini biasanya hanya mengubah sedikit karakter produk, antara lain kemasan dan tema promosi tanpa mengubah spesifikasi fisik produk, meskipun itu diperbolehkan

Diferensiasi Jasa

Ketika produk tidak mudah untuk di diferensiasi maka bank perlu menambah nilai pelayanan serta meningkatkan kualitasnya. Kreativitas yang tinggi mengharmonisasikan unsur-unsur marketing mix: product, place, price, promotion, people, packaging, programming patnership sehingga kualitas jasa yang dirasakan oleh konsumen melebihi harapan.

Diferensiasi Personal

Diferensiasi personal adalah diferensiasi lewat keunggulan personal. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kompetensi karyawan melalui peningkatan pengetahuan, keramah tamahan, sopan santun dan bersahabat, dapat dipercaya dan jujur serta cepat tanggap menghadapi pelanggan.

Diferensiasi Citra

Diferensiasi citra adalah bauran yang tepat dari elemen pencitraan, yang menciptakan citra sebuah merek. Proses pencitraan harus membangun, memaksimalkan, memanfaatkan, dan mengekploitasikan kekuatan dan kelemahan setiap elemen citra untuk memastikan bahwa merek itu memiliki prospek yang baik secara terus- menerus.

[1] Herry Sutanto dan Khaerul Umam, Manajemen Pemasaran Bank Syariah, Bandung: 2013.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

2 thoughts on “Jenis-jenis Diferensiasi Pemasaran Produk Bank Syariah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *