Resensi Buku Rich’s Dad Guide to Investing Karya Robert T. Kiyosaki (Bagian 6)

Gambar Uang Dinar - Apakah Ekonomi Islam berperan sebagai pilihan sistem ekonomi atau memang telah menjadi solusi masalah keuangan dunia
Gambar Uang Dinar – Apakah Ekonomi Islam berperan sebagai pilihan sistem ekonomi atau memang telah menjadi solusi masalah keuangan dunia

Bagaimana kabar sobat blogger Jombang? The Jombang Taste hadir lagi dengan artikel resensi buku Rich Dad’s Guide To Investing yang ditulis oleh Robert T Kiyosaki. Tips-tips perencanaan keuangan yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki dalam buku Rich Dad’s Guide To Investing disajikan dalam bentuk cerita narasi percakapan antara Ayah Kaya dan Mike. Buku ini menjadi rujukan bagi banyak praktisi keuangan dan masyarakat umum dalam membuat rencana finansial yang aman, nyaman dan kaya.

Pada artikel ulasan Rich Dad’s Guide To Investing sebelumnya sudah kita bahas perlunya mengubah mindset Anda terhadap kepemilikan uang. Anda juga perlu membuat rencana finansial yang ingin Anda capai dalam waktu jangka panjang. Selanjutnya, artikel terdahulu juga telah membahas perlunya Anda berinvestasi dari dalam, bukan dari dalam, agar Anda mampu memegang kendali sepenuhnya terhadap aktifitas investasi Anda.

Pemikiran Robert T. Kiyosaki yang sudah saya bagi dalam artikel terdahulu menyatakan bahwa cara meminimalkan resiko investasi adalah dengan mencapai kondisi melek finansial. Salah satu ukuran melek finansial adalah Anda mampu membaca laporan keuangan, menganalisa kondisi keuangan terkini, dan mampu melaksanakan upaya-upaya perbaikan agar rencana finansial Anda tetap berada di jalan yang telah Anda buat dengan perencana keuangan Anda.

Pelajaran Investor #13

Artikel The Jombang Taste kali ini membahas pelajaran investor yang ketigabelas. Menurut Robert T. Kiyosaki dalam buku Rich Dad’s Guide To Investing, kebanyakan orang berpikir bahwa investasi itu riskan. Tetapi Anda harus selalu ingat bahwa hal itu tidak berarti investasinya yang riskan melainkan investornya itulah yang riskan. Titik pusat perbaikan berada pada faktor manusia, yaitu Anda sendiri sebagai pelaku utama investasi. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana seorang investor dapat mengurangi resiko yang ditimbulkan dalam sebuah investasi?

Caranya adalah dengan menjaga segala sesuatu tetap sederhana dan memahami dasar-dasar berinvestasi. Anda dapat memulai dengan menjalankan rencana-rencana investasi untuk keamanan dan kenyamanan. Rencana-rencana itu sering kali ditangani oleh orang lain yang Anda harapkan kompeten dan mengikuti formula umum yang sifatnya otomatis. Kemudian Anda harus membayar harga untuk menjadi investor yang ingin meraup lebih banyak uang dengan resiko lebih kecil.

Menjaga segala sesuatu tetap sederhana memang tidak mudah. Kebanyakan investor pemula memiliki banyak pertimbangan rumit dalam memutuskan sebuah masalah kecil. Jangan mempersulit masalah atau nanti masalah akan mempersulit Anda. Bila segala sesuatu dapat berjalan sederhana dan sesuai rencana, maka kesuksesan investasi akan otomatis Anda dapatkan. Sekali lagi, kesuksesan itu sifatnya otomatis karena Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan terencana dan mekanis.

Aset Terpenting Anda Adalah Waktu

Pelajaran investor nomor tiga belas dari buku Rich Dad’s Guide To Investing menitikberatkan pada pemahaman bahwa waktu adalah aset Anda yang terpenting. Jika Anda tidak bersedia menginvestasikan waktu Anda, serahkan modal investasi Anda pada orang yang mengikuti rencana investasi pilihanmu. Pilihan ini bisa diberikan kepada manajer keuangan yang profesional dan dapat Anda percayai. Manfaatkan waktu Anda yang berharga untuk hal-hal yang lebih berharga dan serahkan tugas ini pada ahlinya. Sayangnya, banyak investor pemula yang berlagak menjadi investor ulung dengan pengambilan keputusan yang membabi-buta dan tanpa kendali.

Kendali nomor satu yang harus Anda miliki untuk menjadi investor adalah mengendalikan diri Anda sendiri. Jika Anda tidak dapat mengendalikan diri Anda sendiri, maka naik turunnya pasar akan mengendalikan Anda dan Anda akan kalah pada salah satu pasang surut itu. Mengendalikan diri sendiri juga berarti Anda tidak perlu terjebak dalam isu-isu pasar yang menyesatkan. Selain itu, Anda perlu mematuhi rencana-rencana keuangan yang telah Anda susun bersama perencana keuangan yang Anda percayai.

Mengapa Investasi Tidak Riskan

Selanjutnya, jika Anda ingin terjun di kuadran B (Business Owner), maka Anda harus tahu cara menjual maupun memasarkan bisnis Anda. Memasarkan bisnis berarti Anda harus mampu berkomunikasi secara efektif dalam menyampaikan nilai-nilai unggul bisnis yang sedang Anda jalankan. Pada tahap ini, peranan education dan experience begitu besar. Anda tetap membutuhkan pendidikan dan pengalaman yang bagus agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar.

Menurut buku Rich Dad’s Guide To Investing, kemampuan yang harus Anda miliki untuk bisa menjadi investor sukses adalah Anda harus bisa membaca laporan keuangan, sementara kebanyakan orang tidak bisa. Membaca laporan keuangan bukan hanya mengecek kebenaran angka-angka yang tertulis dalam laporan, tetapi juga mampu membaca fenomena bisnis yang sedang terjadi terhadap fakta di lapangan. Kemudian Anda dapat melakukan evaluasi dan perbaikan pada sistem bisnis yang Anda jalankan.

Saatnya Melek Finansial

Pengetahuan finansial dalam membaca laporan keuangan adalah dasar investasi yang sangat penting sebagaimana seorang dokter menggunakan sinar X untuk melihat susunan tulang belakang pasiennya. Buku Rich Dad’s Guide To Investing menuliskan bahwa laporan keuangan diibaratkan seperti permadani ajaib. Robert T. Kiyosaki berpikiran bahwa laporan keuangan memberikan tiga hal penting dalam berinvestasi. Tiga hal tersebut adalah:

Pertama, melek finansial memberikan Anda sebuah checklist mengenai apa yang penting. Anda dapat membuat daftar bagian mana yang sudah berjalan sesuai rencana finansial dan bagian mana yang perlu diperbaiki dalam aktifitas bisnis Anda.

Kedua, ketika Anda mengamati investasi, Anda juga meletakannya di atas laporan keuangan pribadi Anda dan melihat dimana ia bisa berada sesuai dengan kebutuhan Anda. Melakukan mix and match adalah hal yang biasa dalam perencanaan keuangan.

Ketiga, Anda jadi tahu apakah investasi itu aman dan akan memberikan uang. Investasi aman artinya Anda bisa tetap menjadi kaya tanpa perlu khawatir investasi Anda sukses atau gagal karena kesuksesan berinvestasi sifatnya otomatis.

Sekian resensi buku Rich’s Dad Guide to Investing yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki yang bisa saya bagi dalam blog The Jombang Taste hari ini. Mudah-mudahan kiat dan tips perencanaan keuangan dalam artikel ini bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan investasi Anda. Nantikan kelanjutan seri artikel tips perencanaan keuangan berikutnya hanya di blog The Jombang Taste. Selamat berinvestasi.

2 Replies to “Resensi Buku Rich’s Dad Guide to Investing Karya Robert T. Kiyosaki (Bagian 6)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *