Resensi Buku Rich’s Dad Guide to Investing Karya Robert T. Kiyosaki (Bagian 5)

Islamic finance a global phenomenon - European expert The main challenge facing Islamic economy is poor understanding of Muslim consumers and their needs, according to Professor Laurent Marliere
Islamic finance a global phenomenon – European expert The main challenge facing Islamic economy is poor understanding of Muslim consumers and their needs, according to Professor Laurent Marliere

Apa kabar sobat blogger Jombang? The Jombang Taste kembali mengulas resensi buku Rich Dad’s Guide To Investing yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas pentingnya membuat tujuan dan rencana finansial jangka panjang, perlunya Anda menjadikan waktu sebagai aset utama dalam investasi, dan alasan mengapa investasi bagi sebagian besar orang merupakan aktifitas ekonomi yang sangat riskan.

Selain itu, pada beberapa artikel The Jombang Taste terdahulu telah saya sajikan pemikiran Robert T. Kiyosaki agar menempatkan kuadran I sebagai kuadran utama dalam hidup Anda. Anda dapat saja memutuskan memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Namun jangan lupa untuk selalu menempatkan kuadran Investor dalam prioritas hidup Anda. Bahkan Robert T. Kiyosaki menyarankan agar Anda membuat portofolio sejak muda dengan cara berinvestasi di saham, reksadana, emas, dan beragam investasi lainnya.

Pelajaran Investor #12

Resensi buku Rich Dad’s Guide To Investing selanjutnya membahas pelajaran investor ke-12. Robert T. Kiyosaki mempunyai dua rencana untuk masa depan keuangannya. Satu rencana memastikan untuk mempunyai keamanan finansial dasar, dan rencana yang satunya lebih agresif agar penulis bisa nyaman secara finansial. Pelajaran ini masih berhubungan dengan pelajaran investor sebelumnya bahwa investasi bersifat subyektif. Anda dapat menempatkan diri dalam situasi yang berbeda dengan orang lain meski jenis investasinya sama.

Ayah kaya dalam buku Rich Dad’s Guide To Investing mengatakan bahwa investasi bukanlah sebuah perlombaan. Anda disini tidak untuk berusaha mencapai finish lebih dulu. Yang perlu Anda lakukan untuk mencari uang lebih banyak hanyalah memfokuskan diri untuk menjadi investor lebih baik. Robert T. Kiyosaki agar setiap investor tidak menuruti emosi-emosi mereka yang seringkali sifatnya labil dan berorientasi kepada tujuan jangka pendek.

Tidak perlu berlomba dengan investor lain. Bersaing dan membanding-bandingkan bukanlah masalah bagi Anda. Tetapi sasaran objek dari proses itu adalah agar Anda menjadi investor lebih baik dan lebih terdidik. Ayah kaya selalu menjelaskan alasan-alasanya untuk mulai menggerakkan Kiyosaki di kuadran I, bukan di kuadrat B atau E. Tujuan orang kaya adalah membuat uang bekerja untuk mereka sehingga mereka tidak perlu bekerja.

Aturan Dasar Nomor Satu

Aturan dasar nomor satu dalam belajar investasi menurut buku Rich Dad’s Guide To Investing adalah mengetahui Anda bekerja untuk pendapatan macam apa. Robert T. Kiyosaki menjelaskan terdapat tiga macam pendapatan yang berbeda.

Pendapatan pertama, Earned Income yaitu pendapatan hasil keringat kerja. Kebanyakan manusia mendapatkan pendapatan dari jenis pendapatan ini. Contoh earned income adalah Anda bekerja keras setiap hari lalu mendapatkan gaji setiap bulan.

Pendapatan kedua, Portofolio Income yaitu pendapatan yang biasanya berasal dari asset surat-surat berharga seperti saham, obigasi, reksa dana dan sebagainya. Jenis pendapatan ini tidak banyak dimiliki oleh masyarakat. Hanya sebagian kalangan masyarakat yang tertarik berinvestasi lalu memperoleh hasil portofolio income.

Pendapatan ketiga, Passive Income adalah pendapatan yang biasanya berasal dari real estate. Contohnya, Anda memiliki rumah untuk dikontrakkan kepada orang lain. Jenis pendapatan ini juga bisa merupakan pendapatan yang berasal dari royalty seperti perjanjian paten dan lisensi.

Aturan Dasar Nomor Dua

Kemudian aturan dasar nomor dua cara menjadi kaya menurut buku Rich Dad’s Guide To Investing adalah Anda harus mengubah pendapatan hasil keringat Anda menjadi pendapatan portofolio atau pendapatan pasif dengan cara seefesien mungkin. Artinya, Anda tidak boleh menghabiskan gaji Anda seketika. Sisihkan sebagian besar gaji Anda untuk diinvestasikan lagi ke dalam berbagi bentuk investasi riil yang menguntungkan.

Kemudian Robert T. Kiyosaki mengingatkan pembaca buku ini agar mewaspadai pikiran negatif yang ada pada diri masing-masing orang. Lihatlah bahwa resiko selain merupakan bagian dari investasi, juga bagian dari hidup Anda. Orang-orang yang terlalu negatif dan menghindari risiko berarti mundur dari kebanyakan kesempatan akibat dari ketakutan mereka terhadap resiko.

Auran Dasar Nomor Tiga

Selanjutnya, aturan dasar nomor tiga dari tips menjadi kaya-raya berdasarkan buku Rich Dad’s Guide To Investing karya Robert T. Kiyosaki adalah mengamankan pendapatan hasil keringat Anda dengan jalan membeli suatu sekuritas yang Anda harapkan mengubah pendapatan hasil keringat menjadi pendapatan pasif atau pendapatan portofolio.

Sekuritas yang dimaksud disini bukan hanya saham saja. Saat ini terdapat banyak macam sekuritas di pasar modal syariah yang dapat Anda pilih sebagai bentuk investasi jangka panjang. Sekuritas syariah tersebut antara lain reksadana syariah, obligasi syariah (sukuk), saham syariah, dan lain-lain.

Aturan Dasar Nomor Empat

Aturan dasar nomor empat kiat menjadi kaya versi buku Rich Dad’s Guide To Investing adalah Si Investor sendirilah yang merupakan asset atau liabilitas. Tidak banyak orang yang memahami dan menyadari bahwa diri mereka sendiri juga merupakan aset berharga untuk menjadi kaya, termasuk juga Anda. Anda dapat menjadi aset sekaligus liabilitas agar Anda bisa menjadi kaya.

Yakini bahwa Anda penentu utama masa depan rencana finansial Anda. Kendati Anda telah mempercayakan pengelolaan uang Anda kepada manajer investasi yang profesional dan terpercaya, namun sejatinya Anda sendirilah yang menjadi motor penggerak sekaligus penentu arah laju investasi Anda.

Aturan Dasar Nomor Lima

Selanjutnya, aturan dasar nomor lima terkait kiat menjadi kaya-raya menurut buku Rich Dad’s Guide To Investing adalah investor sejati siap menghadapi apapun yang terjadi. Orang yang bukan investor berusaha meramalkan apa yang akan terjadi dan kapan terjadinya. Tapi investor sejati tidak berusaha mengira-ngira apa yang akan terjadi melainkan langsung menjalankan dengan penuh perencanaan dan siap menghadapi resiko apapun yang akan terjadi.

Sadari bahwa tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang tidak beresiko. Investasi Anda memiliki resiko gagal. Namun Robert T. Kiyosaki mengajarkan beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengantisipasi kegagalan berinvestasi. Misalnya, melakukan diversifikasi investasi. Anda dapat menginvestasikan uang yang Anda miliki pada beberapa jenis investasi yang berbeda. Jangan menaruh semua telur pada satu keranjang yang sama, demikian orang bijak berkata.

Aturan Dasar Nomor Enam

Tips merencanakan finansial berikutnya adalah aturan dasar nomor enam terkait otomatisasi investasi. Panduan investasi ini menyatakan agar Anda bisa menjadi investor kaya menurut buku Rich Dad’s Guide To Investing karya Robert T. Kiyosaki adalah jika Anda siap, yang artinya Anda mempunyai pendidikan, pengalaman dan Anda mendapatkan transaksi yang bagus, uang akan mendatangi Anda dengan sendirinya atau Anda yang akan mendatangi uang itu.

Intinya, investasi bersifat otomatis. Anda tidak perlu mencari uang, maka uang akan datang dengan sendirinya kepada Anda. Pernyataan ini terdengar sangat tidak masuk akal bagi masyarakat awam. Namun Robert T. Kiyosaki telah menjelaskan di awal bahwa rencana finansial memang seharusnya bersifat mekanis, membosankan, dan otomatis. Kesuksesan investasi akan otomatis menjadi milik Anda asalkan Anda bersedia menjalankan tahap-tahapnya secara konsisten.

Aturan Dasar Nomor Tujuh

Selanjutnya, aturan dasar nomor tujuh agar bisa menjadi investor yang sukses berdasarkan buku Rich Dad’s Guide To Investing dan pemikiran Robert T. Kiyosaki adalah terkait kemampuan Anda mengevaluasi resiko dan imbalan dalam berinvestasi. Untuk itu, Anda memerlukan Prinsip Tiga E dalam berinvestasi, yaitu Education (pendidikan), Experience (pengalaman), dan Excessive cash (uang yang berlebihan). Pemahaman yang berkembang selama ini menyatakan bahwa Anda hanya perlu uang untuk berinvestasi. Namun sebenarnya pendidikan dan pengalaman memainkan peranan yang tidak kalah penting bagi investasi Anda.

Cara menjadi kaya melalui investasi sebagaimana menjadi ajaran Robert T. Kiyosaki adalah Anda dapat mengurangi resiko berinvestasi melalui pencapaian melek finansial. Melek finansial yaitu kondisi paham dan sadar akan kebutuhan keuangan Anda dan Anda tahu cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Misalnya, Anda mampu membaca laporan keuangan usaha Anda dan dapat menyiapkan langkah-langkah perbaikan agar usaha Anda terus menghasilkan keuntungan.

Sayangnya, sebagian masyarakat kita belum melek finansial sehingga mereka tidak paham apa permasalahan keuangan mereka dan tidak tahu cara mengatasi hambatan keuangan mereka. Masyarakat cenderung tidak mau meluangkan waktu mereka untuk belajar investasi dan cara-cara mengelola uang yang efektif. Lebih buruk lagi, masih ada sebagain kelompok masyarakat yang berpandangan bahwa menjadi kaya adalah sumber dosa. Para orang tua pun banyak yang enggan membicarakan masalah uang dengan anak-anak mereka karena beranggapan pembahasan uang adalah hal yang tabu.

Demikian resensi buku Rich’s Dad Guide to Investing yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki untuk artikel The Jombang Taste hari ini. Semoga artikel yang berisi tips berinvestasi ini bisa memberikan inspirasi untuk kemajuan finansial Anda. Nantikan kelanjutan seri artikel tips perencanaan keuangan berikutnya hanya di blog The Jombang Taste. Selamat berinvestasi.

 

One Reply to “Resensi Buku Rich’s Dad Guide to Investing Karya Robert T. Kiyosaki (Bagian 5)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *