Cara Menumbuhkan Motivasi Diri Penulis Lepas dan Ghost Writer

Siaran Radio Sonora FM Surabaya bersama IBMT University
Siaran Radio Sonora FM Surabaya bersama IBMT University

Menjadi seorang ghost writer atau penulis lepas bukan merupakan cita-cita bagi kebanyakan freelancer writer. Profesi penulis bayangan ini hadir tak lama setelah bisnis online berkembang pesat di internet. Para pebisnis internet mulai merasa berkebutuhan memiliki website yang kaya artikel informatif dan memanjakan setiap pengunjung. Oleh karena itu, seorang pebisnis online merekrut jasa penulis lepas untuk mengisi konten website.

Dan menekuni pekerjaan penulis lepas bukanlah perkara mudah. Mengapa? Karena pekerjaan ini tidak sama seperti halnya jenis pekerjaan offline. Karakteristik utama pekerjaan lepas di internet adalah harus mampu menumbuhkan semangat dalam dirinya sendiri. Ghost writer bekerja tanpa diawasi seorang atasan, supervisor ataupun mandor. Ia bekerja di salah satu sudut kamar di rumah, sendirian pula. Otomatis, hanya dia sendiri yang bisa mengontrol rutinitas pekerjaan.

Energi Internal dan Eksternal

Tantangan profesi penulis lepas yang tak kalah berat adalah pekerjaan ini mengandalkan konsentrasi pikiran untuk menulis. Kekuatan fokus menjadi sangat vital bagi setiap freelancer writer. Walaupun ide-ide menulis sudah dimiliki, namun bila ghost writer tersebut tidak mampu bekerja dengan fokus, maka tidak akan ada satu pun artikel yang bisa terselesaikan. Menciptakan lingkungan yang tepat akan bisa membantu meningkatkan konsentrasi berpikir penulis konten.

Lalu, bagaimana cara menumbuhkan motivasi diri bagi seorang pekerja di internet, khususnya profesi penulis lepas? Saya sudah sering mengulas kiat-kiat praktis menumbukan motivasi diri sendiri dalam artikel blog ini. Secara umum saya dapat meringkas bahwa cara terbaik untuk tetap semangat adalah menyiapkan kondisi terbaik dari dalam diri sendiri dan lingkungan tempat tinggal. Faktor internal dan eksternal perlu dibangun oleh setiap ghost writer.

Motivasi hidup yang bersumber dari dalam diri sendiri akan lebih bertahan lama bagi stabilitas dan produktifitas bekerja seorang ghost writer. Sebaliknya, motivasi kehidupan yang diserap dari lingkungan merupakan dukungan yang bersifat sementara dan cepat hilang begitu suasana tidak kondusif menimpa seorang penulis lepas. Melalui penggabungan dua sumber motivasi tersebut seorang ghost writer diharapkan bisa lebih bersemangat menulis.

Semoga artikel ini bisa memberi tambahan semangat bagi setiap penulis lepas, ghost writer, freelancer writer, dan penulis konten di Indonesia. Enjoy blogging, enjoy writing!

4 Replies to “Cara Menumbuhkan Motivasi Diri Penulis Lepas dan Ghost Writer”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *