5 Cara Terbaik Merawat Sepatu Converse

Aku terus melangkahkan kaki
Liburan santai ke tempat wisata pantai dengan memakai sepatu Converse.

Converse, siapa yang tidak mengenal brand sepatu legendaris ini? Sobat pembaca The Jombang Taste tentu sudah kenal Converse sebagai perusahaan sepatu yang berasal dari Amerika. Sepatu keren dan kekinian ini rancangan dari Marquis Mills. Sepatu santai ini telah lama dikenal dengan produk sepatu bertali yang memberi kesan sporty. Di Amerika sendiri, kira-kira 50% dari penduduknya bahkan memiliki sepasang sepatu Converse, lho! Sepatu Converse memang salah satu sepatu yang dapat dikategorikan sebagai sepatu yang wajib dimiliki apalagi untuk kalangan anak muda. Selain karena nyaman, sepatu Converse nampaknya tak pernah lekang oleh jaman kapanpun dan dimanapun dari mulai jaman old sampai jaman kekinin. Tak hanya model klasiknya, Converse akhir-akhir ini juga merilis sepatu Converse terbaru dengan desain yang lebih up to date.

Sepatu Converse sendiri di Indonesia menjadi produk sepatu dengan pemakai terbanyak karena sepatu Converse ini sangat mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis outfit dengan berbagai pilihan warna yang pasti membuat setiap orang terutama pecintanya, tidak cukup hanya membeli satu warna saja. Apalagi Converse sudah berumur 100 tahun, tentunya akan menyuguhkan model sepatu Converse terbaru yang pastinya akan membius para pecinta sepatu ini di tanah air. All Star GORE-TEX Hi, Converse All Star One Piece, The Converse Chuck Taylor All Star 100 Mickey Mouse Surfin Hi, sebagai sepatu Converse terbaru yang dirilis untuk memeriahkan 100 tahun hari jadi Converse. Tentu kalian sudah memiliki sepatu Converse dengan jenis model yang berbeda, dan tentunya kalian juga punya sepatu kesayangan.

Sebagai sepatu kesayangan, kalian tentu tak ingin sepatu Converse yang kalian miliki tampak tak terawat, terutama dari sisi kebersihannya. Untuk itu, artikel The Jombang Taste kali ini akan memberikan 5 tips merawat sepatu Converse.

1. Sikat Terlebih Dahulu

Saat akan mencuci sepatu Converse kalian yang mulai kotor, jangan terburu-buru membalurinya dengan sabun atau detergen. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menghapus kerak-kerak noda yang hinggap di seluruh permukaan sepatu kesayanganmu tersebut. Caranya mudah yaitu cukup menyikatnya dengan sikat berbahan lembut. Sikat berbahan lembut diperlukan supaya permukaan sepatu kesayanganmu tidak jadi berbulu karena terkelupas. Kalau bingung menentukan sikat halus seperti yang apa yang cocok untuk mencuci sepatu kanvasmu, sikat gigi bekas bisa menjadi salah satu pilihan yang paling mudah. Tidak perlu takut menggosok permukaan sepatu hingga bagian sol dengan kuat supaya kerak noda yang sudah mengering dapat tercabut.

2. Gunakan Sabun Detergen

Setelah memastikan seluruh permukaan sepatu bebas dari kerak noda, kalian bisa melangkah ke tahap selanjutnya dalam mencuci sepatu, yaitu membersihkannya dengan sabun. Kalian bisa menggunakan detergen kalau sepatu kanvasmu sudah benar-benar kotor. Menggunakan detergen akan membuat sisa noda lebih cepat hilang. Tapi, kalau sepatu kalian tidak terlalu kotor, sebaiknya gunakan sabun cuci piring. Sabun cuci piring dianggap lebih ringan sehingga membuat warna sepatu Converse kesayangan kalian tidak cepat luntur.

Desain sepatu Converse yang nyaman bisa dipakai di acara jalan-jalan santai.
Desain sepatu Converse yang nyaman bisa dipakai di acara jalan-jalan santai.

3. Bersihkan Dalam Ember Berisi Sabun

Cara terbaik melumuri sepatu dengan sabun, baik detergen maupun sabun cuci piring adalah dengan merendamnya di ember berisi air campuran sabun-sabun tersebut. Siapkan satu ember berisi sekitar 3-5 liter air. Campurkan air tersebut dengan sekitar 10 ml sabun pilihanmu. Setelah itu, kalian tinggal merendamnya sejenak, lalu sikat dengan sikat halus yang tadi sudah dipakai dalam proses penyikatan di awal. Lakukan tahap merawat sepatu ini dengan hati-hati.

4. Sikat Memutar

Adapun cara selanjutnya adalah hati-hati dengan cara menyikatnya. Kunci membersihkan sepatu yang aman ialah menyikatnya dengan gerakan memutar. Gerakan memutar lebih efektif karena menimbulkan gaya yang lebih besar. Jadi, sisa-sisa noda dapat terangkat secara menyeluruh. Gerakan memutar juga lebih aman karena mencegah tercerabutnya bagian-bagian kulit sepatu Converse kesayangan kalian terlihat jelek apalagi tipe sepatu yang kalian miliki adalah jenis sepatu Coverse terbaru tentu sayang sekali bila terlihat usang, kotor.

5. Bilas Pakai Air Hangat

Setelah memastikan semua noda sudah terangkat dan sepatu telah disikat dengan benar, saatnya Anda membilas sisa-sisa sabun di sepatu Converse kesayangan kalian. Saran untuk kalian supaya warna sepatumu tampak lebih cerah pada akhirnya, yaitu membilas sepatu kanvas dengan air hangat. Terakhir, pastikan seluruh busa sabun terangkat sebelum memutuskan untuk menjemurnya. Bila Anda belum yakin sepatu itu sudah bersih, cobalah membilas ulang sampai bersih.

Itulah tadi tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat sepatu Converse kesayangan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri dan berperilaku sopan saat traveling seru ke tempat wisata dengan memakai sepatu keren. Semoga tips diatas bermanfaat bagi kalian pecinta sepatu Converse agar sepatu kalian selalu bersih dan tampak selalu baru. Selamat mempraktekkan!

Bagikan artikel ini melalui:

33 Replies to “5 Cara Terbaik Merawat Sepatu Converse”

  1. Aku juga suka sepatu converse. Mau nambah koleksi converse tapi bnyk yg kw. Kalo mau beli yg asli mending beli di olshop biar nggak ketipu.

  2. Tips yg bagus mas. Trims. Tapi ada pertanyaan yg mengganjal nih. Mengapa mencuci sepatu harus pakai air hangat? Apa bedanya mencuci sepatu pakai air dingin?

  3. Daripada sepatu santai, aku lebih suka pake sandal gunung. Rasanya lebih seger karena keringat kaki mdh kering. Aku kalau pake sepatu tanpa kaos kaki justru kaki jadi bau. Hahaha.

  4. Harga sepatu converse sekarang berapa mas? Aku juga pengen beli sepatu converse tapi khawatir ketipu yg KW. Secara gitu bangsa kita doyan menjiplak karya orang lain. Wkwkwk…

  5. Sepatu converse awet dan terjaga kualitasnya. Sangat bagus dipakai utk liburan santai. Sepatu ini matching dipadukan sama atasan apa aja.

  6. Asalkan pakai celana jeans, aku bisa liburan pakai alas kaki apa aja. Nggak harus sepatu. Kadangkala pakai sandal gunung itu lbh menyenangkan.

  7. Aku nggak terpaku satu merk tertentu. Klo ada sepatu nyaman dan ramah kantong pasti aku pilih. Sepatu bermerk pun bnyk yg dijiplak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *