Jangan Pernah Meremehkan Masalah Sepele Dalam Hidupmu

Akibat Meremehkan Masalah Sepele
Akibat Meremehkan Masalah Sepele

Hari ini khamar, biarlah besok menjadi urusan besok (Amr Al-Qais).

Sesungguhnya orang yang ambisius dengan kesenangan dunia boleh jadi satu saat ia ditimpa bencana dan ia menghadapinya tanpa kepedulian. Dalam kehidupan ini, terdapat orang-orang yang berlindung dengan cara menganggap ringan segala sesuatu. Jika ditimpa suatu masalah, dia menganggapnya sebagai hal sepele, seperti lemparan kesasar yang mengenai bagian tubuh seseorang yang sedang sibuk dengan dirinya sendiri, sehingga tidak merasakan lemparan itu.

Sikap mereka itu tidak dapat diteladani dalam menghadapi masalah, dengan cara dingin atau riang, melainkan untuk menggambarkan bahwa respons seseorang terhadap sebuah persoalan hidup berbeda-beda antara satu orang dengan orang yang lain. Sesungguhnya berlarut-larut dalam suatu hal, untuk kebaikan maupun keburukan, tergantung pada tingkat kepekaan atas masalah itu. Anda adalah pengendali pikiran dan tubuh Anda sendiri.

Al Ghazali menyatakan orang yang mencari kesempurnaan dan harga diri hendaklah berpegang teguh pada idealismenya, menuntut kesenangan dengan berpijak pada idealisme tersebut. Serta menemukan penghibur hati di dalamnya yang tidak ditemukan oleh orang yang culas dan jahat dalam dunia kejahatan mereka. Mereka yang lalai dan mengabaikan permasalahan kecil akhirnya terkubur oleh masalah tersebut yang bertambah besar. Semoga terinspirasi.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Jangan Pernah Meremehkan Masalah Sepele Dalam Hidupmu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *