Les dan Ngaji Sekaligus di Bimbel Rumah Cerdas Islami

Rumah Cerdas Islami - Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center
Rumah Cerdas Islami – Pusat Bimbingan Belajar Islami dan Training Center

Anak-anak tidak hanya perlu pendidikan umum di sekolah, tetapi mereka juga butuh belajar agama agar jiwa yang sedang berkembang dapat terarah dan berperilaku soleh. Oleh karena itu, kebutuhan les dan mengaji harus terpenuhi secara seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Itulah kondisi ideal pendidikan bagi anak-anak. Ilmu dunia OKE, ilmu akhirat YES.

Celakanya, saat ini anak-anak sudah terlalu sibuk di sekolah. Mereka punya segudang jadwal intra dan ekstra kurikuler di sekolah. Pulang sekolah sudah lelah. Mereka pun jadinya enggan berangkat mengaji di masjid dan musholla. Kemungkinan kecil mereka juga akan membuka buku PR dan mengerjakan tugas dari guru. Yah, itu memang kenyataan. Pendidikan full day maupun yang bukan full day sangat melelahkan anak.

Munculnya lembaga bimbingan belajar (bimbel) berkonsep Islami menjadi jawaban atas kebutuhan itu. Bimbel Islami menawarkan pendidikan mata pelajaran sekolah sekaligus belajar mengaji. Bimbel Islami ini sekaligus mengubah cara pikir anak bahwa kalau belajar mengaji itu harus di depan kyai yang bersorban putih dan berjenggot lebat. Tidak. Belajar mengaji pun sebenarnya sama menyenangkan dengan belajar menggambar. Bahkan menghafal ayat-ayat dalam kitab suci Al-Quran makin mudah dengan penerapan lagu-lagu BCM.

Lembaga yang menawarkan les privat dan pelajaran membaca Al-Quran makin kreatif dalam mengemas kegiatan belajar. Kehadiran teknologi modern turut mendukung penerapan audio-video ke dalam aktifitas belajar bimbel Islami. Lupakan suasana belajar yang mencekam maupun membosankan. Para pengajar atau tentor di bimbel Islami sudah dibekali kemampuan BCM. Mereka paling pandai menyegarkan suasana dengan variasi tepuk, lagu Islami ceria maupun dongeng karakter.

Itulah hasil pengamatan saya terhadap aktifitas bimbingan belajar berkonsep ngaji dan les sekaligus di Kota Jombang. Bagaimana dengan pengalaman putra-putri Anda dalam mengikuti aktifitas belajar sesudah pulang sekolah? Silakan berbagi cerita di kolom komentar.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Les dan Ngaji Sekaligus di Bimbel Rumah Cerdas Islami”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *