Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Tebar Motivasi di Pesantren Ramadhan Kreatif Angkatan 2 Yatim Mandiri Jombang Tahun 2016Belajar dalam kehidupan manusia tidak mengenal usia. Motivasi belajar dapat tumbuh karena munculnya kesadaran diri. Melalui tips meningkatkan motivasi belajar, kita bisa memperbarui semangat dalam mencari ilmu.

Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan penciptaan kondisi tertentu agar diri kita atau siapa pun juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi. Berikut ini beberapa tips meningkatkan motivasi belajar siswa.

1. Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar.

Lingkungan pergaulan mempengaruhi motivasi belajar seseorang. Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar atau berprestasi akan membuat kita ikut mencintai proses belajar. Selain itu, cobalah bergabung dengan orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan unik dalam belajar.

Seperti halnya analogi orang yang berteman dengan tukang besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun terciprat bau pembakaran besi. Dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita akan terciprat harumnya minyak wangi.

2. Bertanya kepada orang yang lebih tahu.

Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang menjalaninya. Mereka mungkin berasal dari orang-orang terpelajar, para petualang, orang yang mendapat beasiswa belajar ke luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah prestasi.

Orang bilang malu bertanya sesat di jalan. Dengan bertanya, hal tersebut tidak akan membuat diri kita rendah. Sebaliknya, bertanya akan membuat kita selalu ingin tahu dan memperbanyak pengetahuan baru. Jika kita enggan bertanya kepada manusia, kita bisa memanfaatkan mesin pencari Google.

3. Mencari motivator.

Kadangkala seseorang butuh orang lain sebagai pemacu dalam menjalani hidup. Mereka bisa berasal dari teman, pasangan hidup, orang tua, saudara atau siapa saja yang bisa memberi semangat hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang atau komunitas yang dapat membantu mengarahkan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi.

Motivasi diri dapat ditumbuhkan dengan bergaul dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif. Di dunia ini ada orang yang selalu terlihat optimis meski sedang menghadapi masalah. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu. Begitu juga sebaliknya.

4. Belajar apapun.

Pengertian belajar disini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, belajar berwirausaha, dan lain-lain.

Belajar bukan hanya berkisar seputar IQ, tetapi juga ESQ. Belajar juga bisa berarti menambah kedewasaan berpikir, kematangan bersikap dan kemampuan menempatkan diri dalam lingkungan secara tepat.

5. Belajar dari internet.

Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar dalam bidang tertentu. Salah satu milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri. Milis yang aktif bisa berasal dari Yahoogroups, Google, newsletter dan lain-lain.

Era informasi memberikan kemungkinan kepada manusia untuk memanfaatkan teknologi internet sebaik mungkin untuk belajar memotivasi diri. Disamping efek negatif yang mungkin timbul, internet adalah media yang tepat untuk menyerap ilmu pengetahuan terkini.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

5 thoughts on “Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *