Belajar Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Dari Ir. Ciputra

ciputra
ciputra

Sulit kita tolak kenyataan bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja merupakan hal penting yang sangat menentukan kesuksesan sebuah usaha, terutama pada saat sistem yang dipakai belum terlalu mapan.

Ir. Ciputra menuliskan dalam kata pengantar buku Praktek Kepemimpinan Berdasarkan Air bahwa keberhasilan sebuah institusi bisnis tergantung kepada dua hal utama, yaitu kepemimpinan dan kualitas pelatihan para pekerja. Untuk kualitas pekerja sendiri dibagi lagi menjadi kemampuan teknis dan kemampuan moral dalam menjaga motivasi kerja agar selalu menyala.

Dalam tugas keseharian di institusi bisnis, sebagai pemimpin Ir. Ciputra juga menerapkan konsep motivasi kerja dan kepemimpinan berdasarkan air. Air kodratnya akan selalu mencari tempat yang lebih rendah. Bila air bertemu dengan gunung yang tinggi, maka aliran air akan memutar hingga sampai ke tempat tujuan. Sifat dasar air adalah tidak meloncat-loncat. Tetapi air mengalir, meresap, lalu mengalir lagi.

Hal ini memberi inspirasi motivasi kerja bagi Ir. Ciputra bahwa dalam belajar tidak boleh meloncat-loncat. Pahami dulu satu demi satu hingga mengetahui arti dan maknanya. Hindari keinginan terburu-buru maju sebelum benar-benar meresapi ilmu tersebut. Motivasi kerja mampu dipupuk dalam proses meresapi pengalaman hidup selangkah demi selangkah.

Motivasi Kerja Dari Kelenturan Sikap Pemimpin

Motivasi kerja dan kepemimpinan berdasarkan air menekankan arti penting kelenturan sebagai sumber kekuatan. Lentur bukan berarti lemah. Kekuatan dan motivasi kerja berasal dari kemampuan melayani. Berdasarkan hukum piramida terbalik, posisi pemimpin perusahaan adalah melayani seluruh karyawan. Sedangkan daya saing berasal dari kemampuan menjaga ekologi industri dan tanggap terhadap perubahan.

Selain itu, penerapan motivasi kerja dan kepemimpinan berdasarkan air pada saat ini juga tepat pada waktunya. Kita semua memahami bahwa ‘kutu loncat’ berpindah antar perusahaan makin sering terjadi. Perpindahan tempat kerja dan alih posisi dalam waktu singkat bukan lagi hal baru. Hal ini bisa menyebabkan kegoncangan manajemen usaha, bukan hanya pada bisnis offline, tetapi juga pada bisnis online yang dikelola memakai sistem manajemen usaha profesional.

Dengan belajar menerapkan kepemimpinan dan motivasi kerja berdasarkan karakter air, kita bisa keluar dari persaingan menang-kalah menuju bentuk memang-menang. Hal ini memungkinkan semua pihak mampu berkreasi dan terjaga motivasi kerja dalam memberi kontribusi terhadap kinerja perusahaan. Semoga artikel motivasi kerja dan kepemimpinan dari Ir. Ciputra ini bisa memberi inspirasi untuk Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

3 Replies to “Belajar Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Dari Ir. Ciputra”

  1. terkadang sy suka tidak sabar ingin melakukan byk hal sekaligus meskipun yg 1 blom kelar, mau coba ngerjain yg lain, dengan adanya artikel ini sangat membantu. terima kasih mas agus

  2. Wah kalo belajar jangan loncat-loncat ya, harus fokus pada 1 pembelajaran dulu sampai benar-benar paham. Padahal karekter saya sendiri susah untuk bisa fokus, seringnya belajarnya loncat-loncat. Tapi dengan membaca artikel ini, akan saya coba untuk fokus. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *