Jangan Kalahkan Pesaingmu, Tetapi Kalahkan Dirimu Sendiri

macam-macam karakter manusia
macam-macam karakter manusia

Orang awam sering berpikiran bahwa lawan yang harus kita kalahkan adalah pesaing, musuh atau kompetitor kita. Sudah waktunya kita membuang jauh-jauh pikiran sesat tersebut dan berpusat pada perbaikan dari dalam diri sendiri.

Orang yang takut kalah dari pesaingnya akan melakukan segala cara untuk menang. Mulai dari cara-cara yang wajar, misalnya menciptakan inovasi produk dan memperbaiki layanan pelanggan. Sampai dengan cara-cara yang tidak wajar dan curang, misalnya menggunakan jasa dukun untuk mematikan rejeki orang lain.

Benarkah lawan kita yang sebenarnya adalah kompetitor? Apakah dengan kalahnya para pesaing maka secara otomatis kita akan menjadi pemenang? Belum tentu.

Satu-satunya musuh yang harus kita lawan adalah diri sendiri. Ayo kita buang penyakit-penyakit mental yang merusak pola pikir sehat kita. Kita harus mampu menyingkirkan rasa malas di dalam diri sendiri. Kita harus bisa membuang segala kebisaan buruk yang biasa kita lakukan. Mengapa? Karena kebiasaan efektif yang dilakukan secara konsisten akan menghasilkan kesuksesan besar.

Bukankah sukses besar di masa depan merupakan hasil pengumpulan sukses-sukses kecil yang kita capai hari kemarin dan hari ini? Kalau kita tidak mencicil sukses demi sukses setiap hari, maka kita akan kelabakan menghadapi proses mencapai sukses besar di masa depan. Dan proses tersebut selalu dimulai dari memperbaiki potensi dan kompetensi diri. Langit di luar, langit di dalam. Bersatu dalam jiwa.

Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi bagi Anda. Enjoy blogging, enjoy writing!

2 Replies to “Jangan Kalahkan Pesaingmu, Tetapi Kalahkan Dirimu Sendiri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *