3 Alasan Kenapa Guru Bersemangat Mengajar di Sekolah

Peringatan Hari Isra Miraj atau Rejeban di SDN Japanan 1 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang
Peringatan Hari Isra Miraj atau Rejeban di SDN Japanan 1 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Seperti halnya alasan siswa termotivasi belajar di sekolah, guru pun memiliki alasan yang berbeda-beda untuk mengajar di sekolah. Setidaknya terdapat tiga alasan kenapa guru bersemangat mengajar di sekolah. Seorang guru bisa jadi memiliki satu atau lebih alasan di bawah ini.

1. Tuntutan Profesi dan Karir

Guru merupakan profesi yang memiliki ikatan dinas disertai hak dan tanggung jawab yang melekat secara personal maupun lembaga. Guru memiliki banyak semangat untuk mengajar saat berharap ada penghargaan dan peningkatan jenjang karir kependidikan. Ini wajar dan sangat manusiawi karena peningkatan jenjang karir berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan seorang guru.

2. Tanggung Jawab Pribadi

Setingkat di atas nomor satu, seorang guru yang mengajar karena adanya dorongan tanggung jawab akan lebih berenergi dalam hidupnya. Guru yang bekerja dengan alasan ini tidak akan bekerja berdasarkan jam mengajar. Ia rela meluangkan jam istirahatnya untuk mendidik murid-muridnya, baik bertempat di sekolah maupun di rumah guru.

3. Menyelesaikan Misi Hidup

Alasan paling klise namun sangat sering terjadi adalah mengajar untuk menyelesaikan misi hidup. Kadang terlihat tidak masuk akal mengapa seorang guru mengabaikan gaji besar di perusahaan waralaba dan memilih untuk mengabdi sebagai guru dengan gaji sepersepuluh dari gaji normalnya. Alasan ini tidak mudah terdeteksi namun dampaknya dapat dirasakan murid yang diajar.

Bagikan artikel ini melalui:

7 Replies to “3 Alasan Kenapa Guru Bersemangat Mengajar di Sekolah”

  1. Semangat paling mulia adalah utk berdakwah di jalan Allah. Insha allah barokah di dunia dan akhirat.

  2. Hampir benar. Tapi ada juga guru yg kesasar masuk bidang pekerjaan lain. Selama mampu dan bertanggungjawab, kenapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *