Perhatikan Murid Anda Atau Mereka Akan Meninggalkan Anda

Aku dan Anwar di Acara Buka Puasa Bersama di SMP Negeri 2 Jombang

Sama seperti halnya Anda, setiap murid adalah manusia yang membutuhkan sentuhan personal agar mereka selalu dapat bersemangat dalam belajar di sekolah. Setiap guru mutlak memperhatikan muridnya dengan baik dan benar. Perlakukan mereka layaknya seorang sahabat yang Anda rindukan kehadirannya sejak lama sehingga Anda akan memperhatikan setiap jengkal langkah yang ia lakukan.

Kegagalan seorang guru dalam mendekatkan diri dengan muridnya akan menyebabkan para murid mencari bentuk kedekatan emosional dari orang lain. Maka tidak mengherankan jika kita sering menemukan fakta di tengah kehidupan masyarakat bahwa seorang murid lebih akrab bergaul dengan tukang parkir daripada gurunya akibat adanya sekat-sekat komunikasi yang membatasi guru dan murid.

Bukan salah murid jika mereka lebih nyaman nongkrong di kantin sekolah daripada berkunjung ke kantor Guru BP. Penjaga kantin dan pengunjung kantin bersedia mendengarkan keluh kesah mereka tanpa batas waktu dan apa adanya. Peran itulah yang gagal diambil oleh seorang guru, baik guru kelas maupun jenis guru lainnya. Murid hanya akan bersedia bercerita panjang lebar terkait permasalahan mereka hanya jika mereka sudah menemukan zona nyaman dan saling percaya. Semoga terinspirasi.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *