Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) di masa pandemi Covid-19 telah memasuki bulan kedua. Setiap pendidik dan tenaga kependidikan pun menyiapkan diri untuk mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi bulan kedua tahun ajaran 2020-2021. Hari ini Rabu, 26 Agustus 2020 telah dilaksanakan workshop pembuatan video pembelajaran untuk guru guru Sekolah Dasar (SD) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan Mojowarno.

Sebanyak 70 orang guru telah memenuhi Aula SD Negeri 1 Mojowarno sejak pukul delapan pagi. Mereka tidak sabar untuk segera mempraktekkan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan beberapa aplikasi Android. Para peserta pelatihan membuat video pembelajaran berbasis aplikasi Android telah berkoordinasi dan berkomunikasi secara intensif beberapa hari sebelumnya melalui grup WhatsApp.

Mereka telah menyiapkan dua buah aplikasi Android yang digunakan dalam pembuatan video pembelajaran hari ini. Dua aplikasi itu adalah aplikasi Kinemaster dan aplikasi Tellagami. Dua buah aplikasi Android ini telah terbukti memberikan banyak manfaat bagi para guru untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini. Bahkan penulis pun sudah menggunakan dua aplikasi itu selama dua bulan terakhir dalam menyiapkan materi materi pembelajaran secara jarak jauh. 

Acara pelatihan membuat video pembelajaran diawali dengan sambutan dari beberapa pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Wilayah Kerja Pendidikan Kecamatan Mojowarno. Diantara para pejabat yang memberikan pengarahan kepada peserta kegiatan adalah koordinator Wilayah Kerja Pendidikan (Korwilker) Kecamatan Mojowarno, Bapak Rilo Pambudi. Inilah kesempatan pertama baginya berkenalan dengan forum Kelompok Kerja Guru (KKG) di Kecamatan Mojowarno setelah mutasi dari Wonosalam ke Mojowarno.

Beliau memberikan semangat kepada para peserta kegiatan untuk selalu kreatif dan inovatif menciptakan pembelajaran jarak jauh yang menyenangkan bagi peserta didik di rumahnya masing-masing. Masa pembelajaran jarak jauh diperkirakan akan tetap berlangsung sampai akhir tahun 2020 ini. Setiap guru harus menyiapkan sejumlah skenario pembelajaran agar setiap siswa dapat terlayani kebutuhannya dalam bidang pendidikan.

Peringatan Hari Isra Miraj atau Rejeban di SDN Japanan 1 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang
Peringatan Hari Isra Miraj atau Rejeban di SDN Japanan 1 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Tampil sebagai pemateri dalam workshop pembuatan video pembelajaran hari ini adalah Arina Siswayuni dan Dwi Nastiti Atiyah. Dua orang guru cantik itu kerap dipanggil sebagai Bu Arina dan Bu Tia. Keduanya memberikan panduan langkah demi langkah membuat video pembelajaran yang menarik, unik dan edukatif dengan menggunakan aplikasi Kinemaster dan Tellagami. Pemateri sebelumnya telah mengikuti pelatihan membuat media pembelajaran di tingkat kabupaten. Inilah kesempatan bagi para pemateri untuk melakukan pengimbasan kepada anggota KKG dari seluruh kelas dan mata pelajaran di SD di Kecamatan Mojowarno.

Sebagian besar peserta kegiatan workshop pembuatan video pembelajaran hari ini mengaku puas dengan pemaparan dua orang pemateri itu. Mereka berdua cukup komunikatif dengan peserta kegiatan dan bersedia membantu permasalahan yang dialami oleh peserta kegiatan. Bahkan penulis pun telah mendapatkan software aplikasi Android tersebut beberapa hari sebelum kegiatan pelatihan ini dilaksanakan. Penulis merasakan manfaat memiliki dua aplikasi android ini. Menyiapkan materi pembelajaran di masa pandemi jauh lebih menyenangkan dan menarik berkat penggunaan teknologi terkini.

Mengapa setiap guru harus menguasai cara membuat video pembelajaran? Kemampuan ini sebenarnya tidak wajib Anda miliki. Namun kebijakan BDR yang berlaku di Jombang masih melarang kunjungan belajar ke rumah peserta didik sehingga setiap guru harus kreatif dan inovatif membuat media pembelajaran berupa video. Jangan malu untuk menampakkan wajah dan membagikan rekaman suara Anda melalui video pembelajaran. Anda bisa mengolah penampilan video menjadi lebih menarik dengan beberapa fitur editing yang tersedia dalam aplikasi Android.

Mudah-mudahan setiap guru sekolah dasar di wilayah Kecamatan Mojowarno tetap bisa memacu kreativitas dirinya dalam menciptakan media pembelajaran video yang interaktif, menarik, mendidik sekaligus menyenangkan bagi peserta didik. Bagaimana dengan pengalaman Anda mengajar siswa secara jarak jauh di masa pandemi ini? Apakah Anda juga membuat video pembelajaran untuk proses belajar dari rumah? Silakan berbagi pengalaman menggunakan aplikasi-aplikasi android dalam membuat media pembelajaran yang efektif untuk peserta didik.

Bagikan tulisan ini:

3 Replies to “Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang”

  1. Mantul pak guruuuu….. di zaman sekarang ini setiap guru memang harus bisa membuat video pembelajaran. jangan sampai muridnya mati kebosanan di era belajar dari rumah di masa pandemi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *