Ratusan Murid SDN Latsari Gelar Pawai Ta’aruf Untuk Memperingati Tahun Baru Hijriyah

Pawai Taaruf BMQ At-Tartil Cabang Jombang di Dempok Tahun 2017
Pawai Taaruf BMQ At-Tartil Cabang Jombang di Dempok Tahun 2017

Tanggal 1 Muharam 1439 Hijriyah jatuh pada Kamis, 21 September 2017 dan diperingati dengan beragam kegiatan keagamaan Islam. Anak-anak dan remaja Islam di Dusun Guwo Desa Latsari Kecamatan Mojowarno mengadakan acara khotmil Quran pada hari tersebut yang dipusatkan di Masjid Baitussalam. Kemudian acara dilanjutkan dengan berdoa bersama dipimpin oleh tokoh agama. Pergantian masa yang juga dikenal sebagai 1 Suro ini berlangsung tidak kalah meriah dibandung tahun baru Masehi. Bukan hanya itu, peringatan Tahun Baru Islam di Dusun Guwo juga diwarnai dengan pawai ta’aruf oleh murid-murid sekolah dasar di selatan Kabupaten Jombang tersebut.

Jumat, 22 September 2017 merupakan hari yang penuh semangat dan bertabur kegembiraan bersama 132 warga Sekolah Dasar Negeri Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Mereka mengadakan acara Pawai Ta’aruf dalam memperingati datangnya Tahun Baru Islam. Pawai Ta’aruf peringatan Tahun Baru Islam diwujudkan dengan Pawai Grup Drum Band SDN Latsari dan Pawai Ta’aruf para murid yang membawa pesan agama. Keceriaan anak-anak tergambar jelas di wajah-wajah para peserta yang berjalan kaki mengelilingi jalanan kampung. Sesekali mereka berulah menyapa beberapa warga yang menyaksikan kelompok penabuh musik drum band dengan antusias.

Penulis ikut ambil bagian dalam pawai yang digelar mulai dari pagi sampai menjelang siang itu. Sebagai pengajar Mata Pelajaran Muatan Lokal Keagamaan Islam, penulis berkepentingan menanamkan kebiasan mulia bagi anak-anak dan remaja muslim peserta didik di sekolah. Diantara beragam kebiasaan baik yang perlu diajarkan kepada anak-anak adalah meneladani kisah perjuangan Nabi Muhammad dalam berdakwah agama Islam di Kota Mekkah dan Madinah. Peristiwa hijrah Nabi Muhammad menandai dimulainya sistem penanggalan Islam dengan nama Tahun Hijriyah.

“Pawai kali ini dilaksanakan dengan membawa tulisan pesan melaksanakan ajaran agama. Kami berharap para murid bisa tahu, memahami dan melaksanakan pesan moral tersebut,” demikian disampaikan Setyo Ningsih, Kepala SDN Latsari saat ditemui penulis di sela-sela acara pawai. Kepala Sekolah berkacamata itu tampak ikut mengatur barisan murid dengan bersemangat. “Tampilnya grup drum band SDN latsari dalam acara ini merupakan bentuk dukungan kami agar para siswa terpacu berprestasi lebih baik,” imbuhnya.

Selaras dengan pernyataan Kepala SDN Latsari, Lailatus Syaida, Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Latsari berujar bahwa pelaksanaan peringatan Tahun Baru Islam ini diharapkan bisa membangkitkan semangat murid-murid untuk giat berusaha mewujudkan cita-citanya. “Rasulullah mencontohkan kepada kita untuk tidak pernah berhenti berjuang. Kesulitan beliau berdakwah di Kota Mekkah mengantarkan langkah beliau berhijrah ke Kota Madinah,” ucapnya.

Penulis berharap momen perayaan Tahun Baru Hijriyah ini bukan sekedar acara hura-hura dalam suasana euforia pawai bersama, melainkan juga titik balik berhijrah menuju kebiasaan-kebiasaan efektif untuk perbaikan diri di masa depan. Selamat merayakan Tahun Baru Islam. Semoga langkah kita ke depan selalu bersemangat dan dalam lindungan Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *