Ciri-ciri Rumah Sehat dan Cara Mewujudkan Lingkungan Sehat di Rumah dan Sekolah

Wisata Banyu Mili di Carang Wulung Wonosalam Jadi Obyek Wisata Terbaru dan Kekinian di Jombang
Wisata Banyu Mili di Carang Wulung Wonosalam Jadi Obyek Wisata Terbaru dan Kekinian di Jombang

Apa kabar kawan kawan pembaca blog The Jombang Taste. Artikel kesehatan hari ini membahas pentingnya mewujudkan lingkungan bersih di rumah dan sekolah. Rumah adalah tempat tinggal bagi keluarga. Rumah juga menjadi tempat berkumpul untuk keluarga dan tempat melakukan komunikasi. Fungsi utama rumah adalah sebagai tempat beristirahat setelah selesai beraktifitas seharian. Ayah atau ibu bekerja dan anak-anak setelah sekolah memerlukan rumah sebagai tempat beristirahat.

Oleh karena itu rumah harus selalu nyaman, segar dan sehat. Pentingnya penghuni rumah merasa nyaman dan sehat adalah agar setiap pengguna rumah dapat tumbuh secara sehat baik secara fisik maupun pikiran. Bagaimanakah ciri ciri rumah yang sehat? Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat di rumah dan di sekolah? Ayo kita pelajari bersama dalam artikel kesehatan ini.

Ciri-ciri Rumah Sehat

Ciri-ciri rumah yang sehat adalah mempunyai kamar yang berjendela karena jenderal merupakan tempat masuknya sinar matahari. Sinar matahari berguna untuk mematikan kuman yang dapat membahayakan kesehatan. Sinar matahari berguna menghilangkan kelembaban ruangan. Kamar ruangan yang lembab dapat menurunkan daya tahan tubuh penghuninya. Oleh karena itu jendela rumah dan jendela sekolah harus dibuka setiap hari. Selain itu, jendela dapat pula berfungsi untuk tempat masuk dan keluarnya udara.

Desain Kursi Santai Elegan dengan Harga Terjangkau
Desain Kursi Santai Elegan dengan Harga Terjangkau

Kebersihan Saluran Air

Rumah harus mempunyai tempat penampungan dan saluran air limbah yang memenuhi syarat kesehatan. Saluran air berfungsi agar air limbah yang dibuang tidak tergenang. Air limbah yang tergenang akan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk serta menimbulkan bau yang mencemari udara sekitarnya. Pencemaran udara dapat mengganggu kesehatan. Udara menjadi baru karena saluran air yang mampet mengalir dengan lancar. Saluran air yang mampet menjadi tempat berkembang biaknya berbagai macam kuman penyakit.

Pada daerah perkotaan dengan lahan yang sempit, setiap perumahan harus mempunyai saluran air limbah. Saluran tersebut menghasilkan air limbah ke saluran penampungan yang lebih besar dan selanjutnya dialirkan ke sungai. Untuk daerah perkotaan mungkin setiap rumah tidak mempunyai tempat penampungan air limbah. Oleh karena itu harus ada kerjasama warga dalam menjaga kebersihan. Jarak tempat penampungan air dengan sumber air bersih minimal 10 meter agar limbah tidak mencemari sumber air bersih.

Sumber Air Bersih

Rumah harus mempunyai sarana air bersih yang memenuhi syarat agar air bersih yang digunakan untuk keperluan sehari-hari memenuhi syarat kesehatan. Aktivitas sehari-hari yang membutuhkan air antara lain memasak, minum, mencuci, mandi, cuci tangan, dan lain-lain. Syarat air bersih harus diperhatikan karena penggunaan air yang tidak bersih dapat menyebabkan penyakit, misalnya penyakit cacingan, mencret, muntah berak, dan penyakit kulit.

Rumah harus mempunyai jamban yang memenuhi syarat agar kotoran yang dibuang tidak mencemari lingkungan. Membuang kotoran dengan cara yang tidak sehat akan menyebabkan penyakit dan merusak pemandangan. Di sekolah pun harus tersedia jamban yang memenuhi syarat agar siswa bisa menggunakannya jika diperlukan. Oleh karena itu setiap sekolah harus memiliki jamban yang pembuatannya memenuhi syarat serta terpelihara kebersihannya.

Akibat Meremehkan Masalah Sepele
Akibat Meremehkan Masalah Sepele

Kebersihan Tempat Sampah

Rumah dan sekolah harus mempunyai tempat penampungan sampah yang memenuhi syarat. Tempat sampah perlu disediakan agar sampah yang dibuang tidak berserakan. Bakarlah sampah yang tidak diperlukan sehingga tidak memenuhi tempat dan tidak mengganggu pandangan mata. Bahan-bahan bekas bisa diolah secara kreatif menjadi kerajinan tangan yang berdaya guna. Karya seni barang-barang bekas itu jika diolah dengan baik akan menghasilkan komoditas bernilai nominal yang menjanjikan.

Jika anda memiliki sampah daun, potongan sayur, kertas dan bahan-bahan organik lainnya silahkan dipendam supaya membantu tanah menjadi subur. Selain itu, sampah perlu dibersihkan agar tidak menimbulkan bau dan tidak menjadi sarang lalat dan tikus yang bisa menularkan penyakit. Penyakit yang terjadi karena lingkungan yang kotor oleh sampah antara lain penyakit perut. Menjaga lingkungan supaya terbebas dari sampah dimulai dari menjalankan perilaku hidup sehat dari diri kita masing-masing.

Kebersihan halaman lantai dan semua pakaian rumah harus diperhatikan agar tidak menjadi sarang serangga dan tikus. Sarang serangga dan tikus bisa menularkan kuman penyakit pada manusia. Rumah yang berpenghuni dan tidak punya saluran udara bersih akan memudahkan penularan penyakit saluran pernapasan dari penghuni yang satu ke pengguna yang lainnya. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan anda dalam usaha meningkatkan kebersihan lingkungan rumah dan sekolah.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Ciri-ciri Rumah Sehat dan Cara Mewujudkan Lingkungan Sehat di Rumah dan Sekolah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *