Dasa Darma #5: Rela Menolong dan Tabah

gambar anak berbakti kepada orang tua
gambar anak pramuka berbakti kepada orang tua

Salam Pramuka!

Dasa darma Pramuka kelima adalah rela menolong dan tabah. Pengertian rela adalah perbuatan yang dilakukan tanpa memperhitungkan untung dan rugi atau tanpa pamrih. Nama lain dari rela adalah ikhlas. Setiap pemeluk agama harus mempraktekkan keikhlasan agar amal ibadah mereka diterima Tuhan. Ikhlas tidak dapat dilihat dan dinilai dengan mata. Ikhlas hanya dapat dirasakan oleh pelakunya. Rasa tenang dan bahagia saat membantu orang lain adalah sedikit tanda adanya rasa ikhlas dalam diri seseorang.

Menurut Novan Ardy Wiyani (2017) menolong berarti melakukan perbuatan baik untuk kepentingan orang lain yang kurang mampu dengan maksud agar orang yang ditolong itu dapat menyelesaikan masalah dan tantangan yang dihadapinya. Semangat tolong-menolong perlu dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia. Mereka perlu mengembangkan perilaku ini karena setiap manusia tidak dapat hidup sendiri. Terlebih lagi saat ini kita semua hidup di era globalisasi dimana terbukanya akses komunikasi lintas negara adalah sebuah kewajaran nyata.

Tabah bisa juga berarti ulet. Tabah adalah suatu sikap jiwa tahan uji meskipun seseorang mengetahui bahwa menjalankan tugasnya akan menghadapi kesulitan namun ia tidak akan mundur. Darma kelima dari dasa dharma ini adalah tuntunan untuk mengamalkan Pancasila sila kelima. Setiap anggota pramuka perlu mengembangkan sikap dalam hidupnya. Tidak ada satu pun proses belajar yang berlangsung cepat. Seringkali belajar berlangsung lama, banyak halangan dan terasa membosankan. Hati yang tabah dapat menghindarkan diri kita dari sikap putus asa.

Peringatan Hari Isra Miraj atau Rejeban di SDN Japanan 1 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang
Peringatan Hari Isra Miraj atau Rejeban di SDN Japanan 1 Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Contoh Perbuatan Menolong dan Tabah

Contoh pelaksanaan dasar dharma kelima dalam kehidupan sehari-hari adalah membiasakan diri untuk cepat menolong orang yang sedang tertimpa kecelakaan meskipun tanpa diminta. Selain itu contoh sikap rela menolong dan tabah adalah membantu menyeberangkan jalan untuk orang tua dan wanita. Contoh perbuatan menolong adalah memberi tempat di tempat umum kepada orang tua dan wanita yang sedang mengandung. Kesadaran untuk menolong orang lain perlu digalakkan di kalangan anak-anak. Mereka harus dilibatkan dalam praktek kerjasama di masyarakat. Semakin banyak mengalami kerjasama, semakin baik untuk meningkatkan kecerdasan emosional mereka.

Contoh perbuatan tabah dalam kehidupan sehari-hari adalah membiasakan diri untuk secara bertahap mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, baik ketika berada di rumah di sekolah maupun di masyarakat. Seorang pramuka tidak boleh mudah menyerah. Agama mengajarkan bahwa terdapat kemudahan di dalam setiap kesulitan. Hambatan, tantangan dan rintangan tak lain adalah bentuk kasih sayang Tuhan untuk mendidik manusia menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih mandiri.

Keuletan hidup menjadi syarat mutlak untuk sukses di era milenial. Persaingan kreatifitas hidup semakin keras. Lingkungan hidup bisa direkayasa namun tidak untuk kualitas diri. Kompetisi kerja bukan lagi berlangsung antar individu, melainkan berlangsung di dalam diri individu itu sendiri. Motivasi diri yang kuat untuk tekun berusaha adalah satu-satunya bekal utama yang harus dipertahankan saat semua modal hidup sudah habis. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam membina pramuka di gugus depan. Selamat mendidik generasi bangsa.

Salam Pramuka!

Bagikan artikel ini melalui:

9 Replies to “Dasa Darma #5: Rela Menolong dan Tabah”

  1. Salam pramuka! Aku setuju sekali Kak. Pramuka itu harus saling menolong karena mereka hidup di alam bebas dan memiliki ketergantungan satu sama lain dengan sesama anggota pramuka.

  2. Jadi ingat pengalaman masa lalu ku saat tersesat di tengah hutan dan ditolong oleh sekelompok anggota pramuka yang melakukan penjelajahan alam. setelah itu aku jadi lebih respek terhadap kegiatan kepramukaan.

  3. Nabi Muhammad berpesan supaya kita tolong menolong dalam hal kebaikan dan jangan sampai tolong menolong dalam hal kejahatan.

  4. anak-anak zaman sekarang itu seperti generasi strawberry. Mereka terlihat ranum dan menarik di luar tapi di dalamnya mereka sebenarnya rapuh dan tidak cukup tabah dalam menjalani kerasnya kehidupan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *