Narakarya Dasar dan Lanjutan Pembina Pramuka Kwaran Bareng di MI Nurul Islam Bareng

Kursus pembina pramuka tingkat mahir dasar (KMD) dan tingkat mahir lanjutan (KML) telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bareng pada akhir Desember 2018 lalu. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Bareng. Rangkaian acara KMD dan KML adalah pelaksanaan narakarya. Narakarya terbagi menjadi dua jenis, yaitu Narakarya Dasar untuk lulusan KMD dan Narakarya Lanjutan untuk lulusan KML.

Bulan pertama pelaksanaan narakarya berlangsung pada 26 Desember 2018 sampai 26 Januari 2019. Hari ini Sabtu 26 Januari 2019 telah dilaksanakan narakarya dasar dan narakarya lanjutan untuk alumni KMD dan KML. Acara berlangsung di MI Nurul Islam Bareng. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dan dihadiri sekitar 100 orang peserta. Setiap peserta narakarya mendapatkan tugas pengamatan praktek membina peserta didik, baik di tingkat Siaga maupun Penggalang.

Pengamatan latihan pramuka meliputi upacara pembukaan latihan pramuka, praktek membina, dan upacara penutupan latihan pramuka. Para peserta didik tampak antusias mengikuti jalannya kegiatan latihan. Mereka mengikuti kegiatan dengan gembira. Pada narakarya kali ini juga disampaikan teknis pengerjaan Laporan Narakarya Dasar dan Laporan Narakarya Lanjutan. Setiap laporan narakarya terdiri dari pengamatan, bakti sosial, kegiatan rapat, kegiatan seminar, dan kegiatan pembinaan di luar ruangan yang telah dilakukan.

Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018
Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018
Bagikan artikel ini melalui:

12 Replies to “Narakarya Dasar dan Lanjutan Pembina Pramuka Kwaran Bareng di MI Nurul Islam Bareng”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *