Narakarya Bulan Kedua KMD dan KML Bareng 2018 di SDN Kepanjen 2 Jombang

Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018
Persiapan Kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjut Pembina Pramuka di Kwaran Bareng 2018

Jumat, 22 Februari 2019 kemarin merupakan pertemuan kedua dari kegiatan Narakarya Dasar dan Narakarya Lanjutan kegiatan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Lanjutan (KML) Kwartir Gerakan Pramuka Bareng. Narakarya ini dilaksanakan tepat 2 bulan setelah pelaksanaan KMD dan KML yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bareng pada akhir Desember 2018 lalu.

Narakarya bulan kedua berlangsung di pusat Kota Jombang, tidak seperti biasanya dilaksanakan di daerah pinggiran Jombang. Narakarya sebelumnya telah dilaksanakan pada 23 Januari 2019 di MI Nurul Islam Bareng. Narakarya perdana bulan lalu belum memberikan banyak tantangan kepada peserta narakarya. Kegiatan waktu itu hanya sosialisasi cara penyusunan laporan narakarya, baik narakarya dasar maupun narakarya lanjutan.

Kegiatan narakarya dimulai pada pukul 13.00 siang usai pelaksanaan shalat Jumat. Para peserta berkumpul di Aula SDN Kepanjen 2 Jombang yang beralamat di Jalan Wachid Hasyim Jombang. Sebanyak 110 anggota peserta Narakarya 2 memenuhi aula sekolah dasar yang berada di samping Gedung BRI Kantor Utama Jombang itu. Para peserta mengikuti pembukaan Narakarya 2 dengan hikmat.

Sebagian besar diantara mereka saling menyapa dan bercanda untuk melepas rasa rindu. Rupanya diantara mereka telah terjalin keakraban saat mengikuti kegiatan KMD dan KML selama sepekan. Selama ini mereka cukup berkomunikasi lewat grup WhatsApp. Kesempatan tatap muka ini terbilang spesial karena jarang mereka dapatkan.

Sambutan Kapusdiklat

Sejumlah tokoh Gerakan Pramuka Kabupaten Jombang hadir di sana. Salah satunya adalah Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Pramuka (Pusdiklat) Kabupaten Jombang. Kepala Pusdiklat memberikan sambutan di hadapan para peserta narakarya. Beliau berujar bahwa setiap kegiatan lomba yang dilaksanakan oleh kwartir gerakan pramuka harus sepengetahuan Kwartir Cabang (Kwarcab) Jombang. Tujuannya adalah untuk memastikan kualitas lomba tetap terjaga sesuai dengan standar organisasi kepanduan Indonesia.

Selain itu, Kapusdiklat Jombang juga menyatakan bahwa organisasi gerakan pramuka di tingkat Kwartir Nasional (Kwarnas) setelah mengajukan usulan khusus kepada Pemerintah. Kwarnas berharap Pemerintah memberikan perhatian khusus kepada profesi guru dan tenaga kependidikan yang merangkap sebagai pembina pramuka di pangkalan masing-masing.

Hal ini dipandang perlu untuk dilakukan supaya setiap pembina pramuka mendapatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik. Tidak bisa dipungkiri, selama ini belum ada perhatian khusus dari Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, terhadap profesi pembina pramuka. Pembina pramuka masih dianggap sebelah mata dan belum ada kebijakan Pemerintah yang mengatur besarnya gaji yang berhak mereka terima.

Informasi yang tidak kalah penting lainnya disampaikan oleh Kepala Pusdiklat mengenai peranan organisasi Gerakan Pramuka di masyarakat. Selama ini organisasi pramuka berperan sebagai pengembangan pendidikan karakter dan pelatihan bela negara.

Selanjutnya, setiap kegiatan kepramukaan di sekolah sekolah diharapkan bisa ditambahkan lagi fungsi dan peran pramuka dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) anggota pramuka. Bukan hanya itu, setiap anggota pramuka diharapkan turut berpartisipasi dalam usaha ketahanan pangan. Kwarnas sedang menyusun langkah-langkah strategis dalam melakukan kerjasama dengan sejumlah mitra terkait program pelatihan kewirausahaan.

Yel-yel Pramuka

Acara pembukaan narakarya kedua berakhir pada pukul 14.00 siang. Setelah itu semua peserta narakarya diajak memusatkan perhatian mereka ke tengah lapangan. Disana telah berbaris sekelompok anggota pramuka golongan penggalang. Mereka adalah siswa-siswi SDN Kepanjen 2 Jombang yang akan menyajikan yel-yel pramuka. Mereka menunjukkan penampilan yang sangat kompak dan hampir tidak ada kesalahan. Mereka telah berlatih sejak sebulan yang lalu. Penampilan istimewa mereka kali ini membuat segenap hadirin yang menyaksikan turut bertepuk tangan tanda mereka menyukai penampilan itu.

Setiap regu Pramuka hendaknya memiliki yel-yel yang unik dan menarik. Yel-yel pramuka berguna untuk membentuk semangat kebersamaan diantara para anggota regu pramuka. Mereka juga akan terlatih untuk disiplin diri dan berkonsentrasi pada tugas yang diberikan pembina. Kalimat yel-yel dapat diambil dari salah satu atau beberapa isi dasa darma pramuka.

Kalimat-kalimat itu bila diucapkan setiap hari dapat membentuk karakter anak. Itulah alasan utama mengapa setiap hari siswa diberikan yel-yel motivasi di sekolah. Anda pun dapat berkreasi membuat yel-yel pramuka yang menyenangkan anak sekaligus membangkitkan motivasi belajar mereka.

Semaphore Dance

Usai penampilan yel-yel pramuka, tiba giliran para murid SDN Kepanjen 2 Jombang kelompok berikutnya menampilkan tarian kreasi baru dengan menggunakan bendera semaphore. Mereka menyebutnya sebagai semaphore dance. Lagu yang digunakan untuk mengiringi tarian ini adalah Lagu Tanah Airku dengan aransemen musik dari Alffy Rev. Lagu ini terbilang unik karena mengkombinasikan musik EDM dengan seni karawitan Jawa.

Perpaduan musik klasik dan musik modern menghasilkan gerak langkah ritmis dan dinamis pada diri penari semaphore. Penampilan pramuka penggalang itu sangat bagus dan menarik perhatian peserta narakarya. Anggota pramuka golongan penggalang itu menampilkan semaphore dance dengan sangat baik dan tidak ada kesalahan.

Baru lima menit mereka tampil tiba-tiba hujan turun dengan deras. Tak pelak lagi setiap penari yang membawa bendera semaphore itupun basah-kuyup oleh derasnya air hujan. Kendati tubuh mereka telah basah, mereka tetap melanjutkan atraksi semaphore dance.

Penonton pun bertepuk tangan dengan meriah. Para hadirin yang menyaksikan penampilan seni tari kreasi ini salut terhadap para siswa yang menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh. Hujan bukan halangan bagi anggota pramuka untuk berkarya sebaik mungkin. Mereka tetap menyelesaikan tugas semaphore selama kurang lebih 20 menit di lapangan sekolah.

Praktek Membina

Hujan tetap turun dengan deras membasahi langit Kabupaten Jombang. Waktu pun terus bergerak sesuai rangkaian acara narakarya. Menjelang pukul 15.00 semua peserta narakarya berkumpul kembali di Aula SDN Kepanjen 2 Jombang. Mereka kini mendapatkan tugas untuk mengajarkan sandi semaphore. Setiap regu narakarya mendapat tugas untuk membimbing sekelompok murid-murid SDN Kepanjen 2 Jombang sesuai dengan golongan pramuka mereka.

Sebagian kecil di antara mereka tergabung dalam kegiatan pelatihan pramuka siaga. Sedangkan sebagian besar di antara peserta narakarya bertugas melatih golongan penggalang. Kegiatan membina dilakukan di kelas-kelas yang siang itu sudah kosong tanpa penghuni. Pembinaan ini berlangsung dengan seru sampai dengan pukul 15.30 WIB.

Setelah melakukan pembinaan terhadap murid-murid SDN Kepanjen 2 Jombang, para peserta narakarya dasar dan narakarya lanjutan kembali berkumpul di aula untuk melakukan evaluasi kegiatan dan rencana pertemuan narakarya bulan ketiga. Pertemuan narakarya bulan ini berlangsung cukup menarik dan banyak pengalaman baru yang didapatkan oleh peserta. Peserta berharap narakarya pada bulan Maret 2019 akan memberikan pengalaman yang lebih menarik lagi. Sampai jumpa di narakarya bulan ketiga yang akan dilaksanakan di SDN Banjaragung 2 Bareng pada tanggal 23 Maret 2019. Selamat membina!

Bagikan artikel ini melalui:

7 Replies to “Narakarya Bulan Kedua KMD dan KML Bareng 2018 di SDN Kepanjen 2 Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *