Ketika Bapak-bapak Ikut Berlatih Dongeng Anak

Kidpreneurs - Young Enterpreneurs with Big Ideas book
Kidpreneurs – Young Enterpreneurs with Big Ideas book

Mendongeng adalah bagian yang tak terpisahkan dari sejarah pembentukan karakter anak. Sayangnya, saat ini makin sedikit orang tua yang memiliki kemampuan mendongeng dengan baik dan benar. Libur panjang kemarin saya habiskan dengan mengikuti pelatihan mendongeng untuk anak. Saya tidak sendirian karena ada kawan-kawan Guru Genius yang ikut serta. Saya baru paham kalau dongeng memiliki beragam bentuk. Terdapat fabel, mitos, saga dan lain-lain.

Apakah manfaat yang bisa kita dapatkan ketika mendongen sebuah cerita kepada anak? Manfaat mendongeng adalah mampu menumbuhkan nilai-nilai moral kepada anak karena ciri khas dongeng adalah adanya hikmah cerita yang disampaikan secara lisan. Selain itu, manfaat dongeng adalah agar anak akan lebih imajinatif dan kreatif dalam menginterpretasikan cerita karena sifat dongeng adalah fiktif. Untuk memvisualisasikan suara ke bentuk nyata maka dibutuhkan alat peraga sesuai karakter tokoh dongeng.

Sebagai sebuah seni, kesuksesan mendongeng sangat ditentukan oleh kemampuan pendongeng menirukan beragam suara tokoh cerita. Semakin unik dan lucu muatan isi cerita, makin tertarik si anak mengikuti dongeng sampai tuntas. Sebuah dongeng yang menarik dimulai dari adanya ketertarikan audiens kepada pendongeng. Hal itu bisa dimulai dengan permainan bersam, bertanya kabar, memberikan yel-yel motivasi dan beragam teknik BCM lainnya.

Dengan semakin mudahnya memiliki gadget dan akses internet, makin sedikit orang tua yang punya waktu dan kemampuan untuk mendongeng. Anda akan mampu mendapatkan nilai lebih dongeng ketika Anda mampu bertatap muka dengan putra Anda sebelum ia tidur. Pelukan hangat dan usapan lembut selama mendongeng adalah pengantar tidur terbaik agar putra Anda memiliki ikatan emosi yang erat dengan Anda. Semoga terinspirasi!

One Reply to “Ketika Bapak-bapak Ikut Berlatih Dongeng Anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *