Masalah Baik Menguatkan, Masalah Buruk Melemahkan

Gambar Manusia Meditasi Yoga di Tepi Danau pada sore hari.
Gambar Manusia Meditasi Yoga di Tepi Danau pada sore hari.

Kehidupan tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan manusia. Permasalahan dalam hidup dapat hadir kepada siapa saja dan dimana saja. Semua permasalahan itu dapat bersifat baik dan dapat pula bersifat buruk. Masalah yang baik adalah setiap tantangan hidup yang mampu menguatkan diri Anda untuk melangkah ke depan. Dan masalah buruk adalah segala halangan hidup yang melemahkan diri Anda untuk mencapai kesuksesan. Kita tidak bisa memilih. Keduanya dapat hadir secara bersamaan maupun bergantian.

Sifat dasar alamiah yang umum diterima kebenarannya adalah setiap manusia bisa dihinggapi masalah. Namun berita baiknya adalah Anda dapat memberi label permasalahan itu sebagai masalah baik ataukah sebagai masalah buruk tergantung cara Anda menyikapinya. Mengolah apa yang tersaji di penglihatan melalui otak yang didiami semangat pesimis dan apatis akan memunculkan anggapan bahwa semua itu terasa berat dan susah dijalani.

Ketika Anda menyaksikan serangkaian halangan dalam hidup dengan senyum terkembang di bibir dan di hati, Anda akan mampu menaklukkannya, walau belum tentu dapat tercapai segera. Minimal Anda telah menancapkan dengan erat dalam benak Anda bahwa keberhasilan masa depan hanya bisa diraih dengan kerja keras saat ini. Memandang masalah sebagai penghambat laju kehidupan hanya akan memperberat langkah Anda selanjutnya.

Kacamata pilihan Anda menentukan warna yang terlihat pada pandangan mata. Hitam pekat tak bercahaya, atau putih terang dengan kejelasan langkah di jalan raya, itulah pilihan Anda. Jangan ragu memohon petunjuk kepada Yang Maha Kuasa dan orang-orang di sekitar Anda. Kebijakan diri dalam menyikapi permasalahan akan membantu Anda tetap tenang di setiap masa kelam fase kehidupan. Semoga tulisan singkat ini bisa memberi inspirasi bagi Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Masalah Baik Menguatkan, Masalah Buruk Melemahkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *