Sumber Penciptaan Nilai Revolusi Manusia

Gambar kotak dan kubus aneka wajah manusia
Gambar kotak dan kubus aneka wajah manusia

Lampauilah kecemasan dan penderitaan pribadi Anda. Kemudian ubahlah diri Anda sedemikian rupa demi kontribusi kepada masyarakat dan kemanusiaan. Demikian motto gerakan Soka Gakkai Internasional sebagaimana disampaikan oleh Daisaku Ikeda. Ketakutan manusia menderita kemiskinan seringkali menghalangi mereka untuk berkontribusi secara aktif di tengah kehidupan masyarakat. “Ngapain mikirin orang lain, mikirin diri sendiri aja susah.” Itulah jawaban yang sering saya dengar. Oke, itu hak Anda untuk memilih langkah kehidupan. Apapun pilihan Anda pasti membawa konsekuensi nyata dalam kehidupan.

Saya telah mengalami pasang-surut proses transformasi diri. Semua itu berjalan sangat tidak mudah. Dan hari ini saya berkesimpulan bahwa egoisme adalah sumber permasalahan manusia. Setiap orang ingin dianggap penting dan berharga di mata orang lain. Oleh karena itu segala cara dilakukan untuk mendapatkan posisi. Sayangnya tidak semua mimpi tercapai. Antara harapan dan kenyataan berbeda jauh. Kecewa adalah resiko memiliki pengharapan lebih. Tak jarang kekecewaan itu diwujudkan dalam bentuk tindakan destruktif. Disitulah titik kelam kehidupan manusia bagai berada dalam lingkaran setan. Anda akan selalu mencari pembenaran untuk setiap tindakan diri sendiri. Sebaliknya, apapun tindakan orang lain terlihat salah.

Jika engkau tersesat maka kembalilah ke titik awal dimana kamu mulai melangkah. Gerakkan kaki menuju titik nol. Ikhlaskan setiap gerak kaki semata-mata untuk memberi senyum kepada diri sendiri, keluarga dan orang lain. Semakin cepat Anda memutus benang ruwet permasalahan semakin baik. Terlalu lama mengelola masalah dalam pikiran hanya akan menambah beban hidup Anda. Ingatlah saat Anda terlahir ke dunia dengan tidak membawa apa-apa. Maka jangan berharap kelak Anda meninggalkan dunia dengan membawa sekarung harta benda selain amal perbuatan Anda.

One Reply to “Sumber Penciptaan Nilai Revolusi Manusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *