Unmoved Mover

Tebar Motivasi Islami pada Perayaan Hari Raya Idul Qurban di SDN Kedungpari 1 Tahun 2017
Tebar Motivasi Islami pada Perayaan Hari Raya Idul Qurban di SDN Kedungpari 1 Tahun 2017

Setiap orang memiliki peran tersendiri dalam tatanan masyarakat. Sebagaimana adanya siang dan malam, terdapat fungsi yang berbeda terhadap perbuatan masing-masing individu. Anda bisa menjumpai orang yang berperan sebagai pembangun masyarakat, entah dalam pemahaman sempit maupun luas dalam beragam bidang kehidupan. Anda juga bisa menemui orang-orang yang dianggap sebagai penyakit masyarakat, keberadaannya malah menyusahkan masyarakat dan lebih baik tidak ada di muka bumi. Tanpa Anda minta, akan selalu ada orang-orang yang berperilaku demikian mengelilingi keseharian Anda. Mari kita melakukan introspeksi diri masing-masing mengenai posisi dimanakah Anda sekarang.

Orang-orang militan dan perbuatannya tidak kasat mata tak ubahnya menjadi Unmoved Mover, penggerak yang tidak bergerak. Sekalipun ia tidak berpindah tempat, namun pada dasarnya inspirasi tindakannya sangat baik dan mampu menggerakkan banyak langkah kaki menuju kebaikan. Ia bergerak tidak mengenal batas waktu dan tempat. Unmoved mover tidak bekerja atas dasar bayaran namun love passion menggiring mereka melakukan perbuatan di luar nalar manusia normal. Kadang tindakannya sulit dipahami karena tidak biasa. Cara berpikirnya tidak menggunakan otak kiri, namun cenderung lebih menggunakan otak kanan sebagaimana para seniman berkreasi mengolah rasa.

Pernahkah Anda berpikir siapa yang mengajarkan anak kecil di rumah Anda bisa berdoa untuk kedia orang tuanya dalam bahasa Arab? Siapakah yang mengajarkan cara bersalaman dengan membuka kedua tangan dan mencium tangan orang tua? Siapa yang mampu memperbaiki cara duduk tahiyat awal dan tahiyat akhir dalam gerakan sholat anak? Semestinya semua itu menjadi bahan renungan Anda bahwa unmoved mover bekerja layaknya invisible hand, dia ada tapi tidak terlihat. Para pemikir muslim pada umumnya menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi alam tidak berjalan begitu saja. Terdapat kekuatan Maha Besar yang mengendalikannya.

Tuhan mempunyai cara unik untuk memperbaiki kerusakan alam dan budaya. Melalui tangan-tangan unmoved mover inilah Dia menitipkan sebagian kecil kuasa-Nya untuk mendaur ulang kehidupan yang mencapai akhir masa edarnya. Perbaikan tersebut tidak harus dilakukan dalam bentuk pengajaran, ada kalanya Tuhan menghadirkan sebuah permasalahan agar menjadi ujian kenaikan kelas bagi setiap individu yang terlibat di dalamnya. Unmoved mover tidak tampil menonjol dalam menemukan solusi tersebut. Hanya saja dia selalu mampu menciptakan keharmonisan dalam setiap konflik masyarakat yang berlangsung. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan  Anda untuk menjadi penggerak yang tidak bergerak.

Bagikan artikel ini melalui:

8 Replies to “Unmoved Mover”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *