Kreasi Cemilan Santari Rasa Rempeyek dari Jombang

Foto Chef Arnold Juri MasterChef Indonesia Session 3
Foto Chef Arnold Juri MasterChef Indonesia Session 3

Apa kabar kawan-kawan blogger Jombang dan blogger Indonesia? The Jombang Taste kembali hadir menyapa Anda dengan artikel seputar wisata kuliner dari Kota Jombang. Apakah Anda pernah mendengar nama jajan santari? Kalau belum, mari kita bahas bersama. Santari adalah nama makanan ringan khas dari Jawa. Santari berbentuk bulatan dengan lobang-lobang seperti rumah tawon. Orang Betawi menyebut santari dengan nama Kembang Goyang.

Cara membuat jajan santari terbilang mudah. Adonan tepung dicampur gula, garam, vanili dan ditambahkan air santan secukupnya sampai cukup kental. Keunikan santari adalah cara pembuatannya membutuhkan kesabaran khusus. Siapkan wajan penggorengan dan isi dengan minyak sampai setengah wajan sampai cukup panas. Cetakan santari yang terbuat dari logam harus direndam di dalam minyak goreng panas dulu. Setelah cetakan panas, Anda celupkan ke adonan santari tadi.

Dari wadah adonan, pindah cetakan ke minyak goreng di dalam wajan. Biarkan adonan santari berbuih di dalam cetakan. Salah satu tanda santari sudah matang adalah adonan akan terlepas dari santari dengan sendirinya. Goreng sampai santari berwarna keemasan. Taruh cetakan santari di minyak panas di dalam wajan. Agar lebih cepat selesai, gunakan cetakan santari berjumlah dua atau lebih sekaligus.

Variasi Cita Rasa Santari

Di Lebaran tahun ini saya menemukan jajan santari yang unik. Bentuknya sama dengan santari pada umumnya. Namun bahan yang digunakan adalah bahan rempeyek atau peyek. Adonan peyek biasanya dicampur kacang tanah maupun kacang kedelai. Tapi kali ini tanpa kedelai maupun kacang. Hanya tepung peyek, bumbu dan irisan daun jeruk saja. Meski ide ini terbilang sederhana, namun hasilnya mengejutkan. Sajian kue di meja tamu jadi lebih beragam dan tidak membosankan.

Santari bercita-rasa rempeyek lebih disukai oleh anak-anak daripada santari pada umumnya. Santari rempeyek rasanya rame. Ada gurih, asin dan agak pedas. Sementara santari konvensional hanya manis, bahkan cenderung terlalu manis. So, buat Anda yang ingin membuat variasi jajanan anak-anak di rumah, santari rempeyek bisa jadi pilihan menarik. Anak-anak akan tertarik melihat bentuk santari yang unik. Plus rasanya yang unik akan membuat semua orang menyukainya.

Apakah Anda tertarik membuat jajan santari rempeyek di rumah? Ayo hadirkan keceriaan di rumah Anda dengan sajian kuliner unik dan menyehatkan buatan Anda sendiri!

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *