Perumpamaan Bahasa Jawa: Njanur Gunung, Kadingaren Dolan Mrene

Jalan-jalan ke obyek wisata sejarah Museum Bank Indonesia di Surabaya
Jalan-jalan ke obyek wisata sejarah Museum Bank Indonesia di Surabaya

Njanur gunung, kadingaren dolan mrene.

Bagaimana kabar sobat blogger Jombang hari ini? The Jombang Taste menyapa Anda kembali melalui artikel perumpamaan dalam bahasa Jawa. Sebagaimana kita tahu bersama bahwa masyarakat Jawa lebih suka membuat perumpamaan dan peribahasa dalam menasehati orang lain daripada mengatakan langsung secara lugas. Perumpamaan njanur gunung memiliki makna sesuatu yang jarang terjadi telah terjadi. Hal itu dilanjutkan dengan arti kadingaren dolan mrene yang berarti tumben bermain kesini.

Janur adalah daun muda dari pohon kelapa. Anda bisa menemukan daun janur secara mudah di daerah pesisir pantai dimana habitat alami pokok enau (aren) atau kelapa biasa tumbuh subur disana. Namun akan menjadi pemandangan yang tidak biasa bila jajaran pohon kelapa ditumbuhkan di daerah pegunungan yang cenderung berhawa dingin. Bermula dari keadaan itulah orang Jawa lantas membuat peribahasa njanur gunung sebagai bentuk perlambang perbuatan yang tidak wajar.

Setiap kelompok masyarakat memiliki cara yang unik dalam mengungkapkan perasaan hati mereka. Perumpamaan njanur gunung adalah salah satu ragam peribahasa dalam Bahasa Jawa yang menarik untuk Anda simak ekspresi orang yang mengucapkannya. Adakalanya perumpamaan bahasa Jawa ini diucapkan sambil bercanda dan bergurau antar teman akrab. Anda juga bisa menemukan keramahan yang terpancar dalam percakapan bahasa Jawa antara dua saudara yang berkumpul.

Anda tidak perlu tersinggung bila Anda dikatakan njanur gunung bila bertemu dengan saudara yang berasal dari suku Jawa. Mereka mengatakan demikian sebagai bentuk kekaguman, keheranan, sekaligus kerinduan untuk bertegur sapa dengan saudara mereka yang lama tidak bertemu. Semoga artikel Bahasa Jawa bersama The Jombang Taste ini bisa menambah wawasan Anda. Mari pelajari lagi kekayaan budaya Nusantara yang tercermin melalui seni sastra dan budaya Jawa. Selamat belajar!

5 Replies to “Perumpamaan Bahasa Jawa: Njanur Gunung, Kadingaren Dolan Mrene”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *