Integritas Tidak Ditentukan Oleh Lingkungan dan Tidak Berdasarkan Kedudukan

Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia
Tips Sukses Menghadapi Wawancara Lowongan Bank Indonesia

Bagaimana kabar kawan pembaca blog The Jombang Taste hari ini? Tahukah Anda bahwa lingkungan memiliki tanggungjawab dalam membentuk cerminan diri Anda? Keberhasilan dan kegagalan sebuah usaha memang lebih banyak ditentukan oleh pengambilan keputusan seorang wirausaha, bukan karena faktor dari luar. Sukses dan gagal merupakan tanggungjawab pribadi wirausaha. Tidak selayaknya Anda menyalahkan orang lain sebagai bentuk pelampiasan kegagalan usaha yang Anda tekuni. Integritas merupakan kualitas diri dalam menghadapi berbagai keadaan secara jujur.

Meski demikian, terdapat sebuah pernyataan menarik dari Rambat Lupiyoadi (2007: 13) bahwa permasalahan yang banyak menjangkiti wirausaha pemula adalah tidak memiliki integritas. Apa maksudnya? Banyak wirausaha cenderung melihat faktor di luar diri mereka sebagai penyebab penyimpangan karakter dan pembawa kegagalan dalam berbisnis. Padahal pengembangan integritas sebenarnya menjadi tugas masing-masing wirausaha. Setiap manusia memiliki kewajiban untuk meningkatkan kapasitas diri mereka masing-masing.

Maxwell dan Dornan (1997) dalam Lupiyoadi (2007) menyatakan bahwa didikan dan asuhan dari lingkungan yang Anda peroleh sejak masa kecil berpengaruh besar terhadap perkembangan tingkah-laku Anda di masa dewasa. Namun semakin dewasa seseorang maka semakin banyak pilihan yang harus dipertanggungjawabkan. Orang yang memiliki karakter buruk tidak akan berperilaku buruk jika ia berada di lingkungan yang berbeda. Hal tersebut menunjukkan bahwa integritas tidak ditentukan oleh lingkungan tempat tinggal Anda.

Selain itu, Maxwell dan Doman menyatakan bahwa integritas juga tidak ditentukan oleh kedudukan. Orang yang memiliki keahlian dan kualitas kerja yang cukup tinggi akan mendapatkan penghargaan yang tinggi pula. Kualitas seseorang dan hasil karyanya akan memberi nilai pada kualitas dirinya. Hasil karya yang baik menunjukkan karakter yang baik, begitu pula sebaliknya. Nilai kualitas diri itulah sebenarnya yang identik dengan integritas diri, bukan pada kedudukan yang Anda miliki. Seorang bos belum tentu memiliki integritas tinggi di tempat kerjanya. Sebaliknya, seorang pesuruh kantor bisa jadi berintegritas lebih baik daripada atasannya.

Demikian ulasan singkat The Jombang Taste mengenai integritas diri. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda. Mari membiasakan diri melakukan kebiasaan efektif dalam kehidupan sehari-hari.

One Reply to “Integritas Tidak Ditentukan Oleh Lingkungan dan Tidak Berdasarkan Kedudukan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *