9 Karakter Wirausaha Sukses Berbisnis, Berapa Jumlah Sifat yang Telah Anda Miliki?

Foto seru di Liburan ke Bale Tani, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang
Inspirasi berbisnis dari Foto seru di Liburan ke Bale Tani, Wahana Edukasi dan Wisata Tani Terbaru di Kabupaten Jombang

Bagaimana kabar sobat pembaca blog The Jombang Taste hari ini? Mudah-mudahan kesuksesan usaha selalu menyertai bisnis Anda. Agar bisa memiliki bisnis yang sukses, Anda harus memiliki sifat-sifat layaknya seorang wirausaha sukses. Apa sajakah karakter seorang wirausaha sukses? Sukardi (1992) dalam Lupiyoadi (2007) menyatakan bahwa terdapat sembilan karakter wirausaha unggul yang tampak dalam tingkah-lakunya. 9 karakter tersebut adalah:

Instrumental

Karakter wirausaha sukses yang pertama adalah bersifat instrumental. Artinya, wirausaha mampu memanfaatkan segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungannya untuk mencapai tujuan pribadi dalam berbagai situasi.

Luwes Bergaul

Karakter wirausaha unggul nomor dua adalah luwes bergaul. Luwes bergaul artinya wirausaha mampu menyesuaikan diri dalam membangun hubungan dengan sesama manusia dalam beragam kondisi lingkungan.

Pekerja Keras

Karakter unggul seorang wirausaha nomor tiga adalah seorang pekerja keras. Wirausaha tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan sebuah pekerja hingga keberhasilan tercapai. Pekerja keras juga berarti bahwa wirausaha selalu terlibat dalam situasi kerja, baik dengan tenaga, uang maupun pikiran.

Meningkatkan Prestasi

Sifat wirausaha sukses nomor empat adalah selalu berusaha meningkatkan prestasi diri. Wirausaha unggul selalu berusaha tampil lebih baik, lebih efektif dan lebih berdaya hasil dibanding pencapaian sebelumnya.

Mandiri

Sifat unggul seorang wirausaha nomor lima adalah mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Wirausaha sukses selalu bertanggungjawab terhadap diri sendiri untuk setiap keputusan yang telah diambil.

Mengendalikan Diri

Karakter unggul seorang wirausaha sukses nomor enam adalah mampu mengendalikan diri dalam mengambil keputusan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan diri serta batas-batas kemampuan usahanya.

Percaya Diri

Karakter jempolan seorang wirausaha nomor tujuh adalah percaya diri. Wirausaha sukses tidak pernah ragu-ragu dalam bertindak. Ia sering melibatkan diri secara langsung dalam berbagai situasi bisnis yang dihadapi.

Inovatif

Sifat unggul seorang wirausaha nomor delapan adalah inovatif. Artinya, ia selalu menggunakan cara-cara baru dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Ia tidak terjebak pada kesuksesan masa lalu dan selalu meningkatkan cara-cara terkini yang lebih bermanfaat.

Pengambil Resiko

Karakter pemberani seorang wirausaha nomor sembilan adalah pengambil resiko. Artinya, seorang wirausaha selalu memperhatikan kemungkinan keberhasilan dan kegagalan dalam berusaha dan bersedia menjalani apapun kondisi yang akan dihadapi di kemudian hari.

Nah, dari sembilan karakter wirausaha sukses di atas berapa sifat yang telah Anda miliki?

2 Replies to “9 Karakter Wirausaha Sukses Berbisnis, Berapa Jumlah Sifat yang Telah Anda Miliki?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *