Menangkap Peluang Awal Membangun Sebuah Bisnis Jangka Panjang

Review Jurnal Manajemen Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Hotel di Malaysia
Review Jurnal Manajemen Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Hotel di Malaysia

Rambat Lupiyoadi (2007: 73) dalam buku Entrepreneurship: From Mindset to Strategy menyatakan bahwa memulai sebuah bisnis ternyata gampang-gampang susah. Ibarat seseorang yang baru belajar mengendarai sepeda, selalu ada resiko terjadi ketika baru belajar mengendarai pertama kali. Namun berbekal beberapa kali terjadi itulah Anda mampu melajukan kendaraan dengan tenang, perlahan hingga cepat. Artikel The Jombang Taste kali ini mencoba membangkitkan semangat berwirausaha Anda dimulai dari hal kecil, yaitu mindset.

Banyak pemula bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline, mengaku sulit mendapatkan kesempatan untuk memulai usaha. Masih menurut Rambat Lupiyoadi, dunia ini penuh dengan kesempatan, bukan masalah. Bahkan Tuhan pun telah mengingatkan bahwa di dalam masalah yang Anda hadapi sebenarnya terdapat kemudahan atau peluang. Inna maal usri yusro. Hanya saja, Anda sering memandang suatu kesulitan sebagai masalah yang harus dihindari dan bukan sebagai sebuah peluang yang harus dikejar.

Buku tersebut mengulas sebuah contoh kecil untuk kesuksesan besar dalam melihat peluang hidup. Tingginya angka kejahatan pencurian dan perampokan menyimpan peluang munculnya bisnis keamanan pribadi. Saat ini telah berkembang sejumlah bisnis di bidang keamanan, baik keamanan gedung kantor maupun keamanan pribadi tokoh masyarakat. Maraknya tindak kriminalitas akan benar-benar menjadi masalah bagi kehidupan Anda kalau Anda memandangnya sebagai sebuah kondisi yang harus dihindari. Padahal bisa jadi berlaku sebaliknya.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan agar dapat menangkap peluang bisnis?

Buatlah daftar peluang sebagai gagasan usaha. Mungkin saja Anda memiliki beberapa ide bisnis yang brilyan dan berprospek cerah di masa depan. Tidak apa-apa. Tulis saja. Daftar peluang merupakan kebiasaan wirausaha dalam menginvestasikan peluang dengan membuat daftar pengembangan ide-ide untuk diterapkan ke dalam bisnis pada wilayah peluang yang baru. Agar ide Anda berhasil guna, Anda perlu melakukan penambahan dan peninjaun ulang strategi bisnis agar selalu memberikan hasil. Teknik-teknik yang biasa digunakan untuk meninjau ulang bisnis adalah:

  1. Mendesain ulang produk atau jasa dengan menggunakan metodologi yang disebut atribut pemetaan.
  2. Melakukan diferensiasi ulang produk atau jasa dengan menggunakan analisis rantai konsumsi dan proses yang unik.
  3. Melakukan segmentasi ulang pasar dengan segmentasi berdasarkan perilaku.
  4. Membuat konfigurasi pasar yang baru dengan mengubah batas-batas yang tidak menggeser pasar yang telah ada.
  5. Mengembangkan terobosan dalam kompetensi atau area kekuatan persaingan yang akan memberikan keuntungan kompetitif yang baru.

Format daftar peluang adalah wilayah dimana Anda akan menaruh semua ide-ide kewirausahaan yang muncul dari berbagai sumber pengetahuan dengan berbagai teknik yang dimiliki. Format ini dibuat dalam bentuk database sehingga mudah diakses ketika diperlukan dan diamati perkembangannya. Demikian ulasan singkat The Jombang Taste mengenai cara mencari peluang bisnis. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dalam berwirausaha.

3 Replies to “Menangkap Peluang Awal Membangun Sebuah Bisnis Jangka Panjang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *