CLBK Dengan Plugin Akismet, Si Penangkal Spam Comment

gambar ilustrasi internet
gambar ilustrasi internet

Lagi-lagi saya harus kembali menggunakan plugin Akismet untuk mengatasi serangan komentar spam (spam comments) yang masuk ke blog ini. Secara default WordPress sudah melengkapi installasi website baru dengan plugin Akismet. Tapi sayangnya kebanyakan blogger, termasuk saya waktu itu, kurang puas dengan kinerja Akismet.

Di awal-awal ngeblog tahun 2009 saya nggak pakai plugin Akismet karena plugin ini sering salah deteksi. Ada komentar bagus dari salah satu kawan blogger, tapi malah salah deteksi dan masuk kotak spam. Giliran ada komentar spam dari bule Rusia, eh malah langsung masuk approved comment.

Karena tidak pakai plugin Akismet, ketika itu saya menggunakan plugin anti-spam lainnya, yaitu capcha kode. Kodenya didapat dengan cara menuliskan nama binatang yang tampil dalam gambar. Tapi masalahnya, kalau pakai capcha akan butuh banyak resource karena tiap buka halaman website maka image capcha akan loading dengan sendirinya.

Solusinya? Akhirnya saya CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali) dengan plugin Akismet. Atau Cinta Lama Belum Kelar? Si aki-aki ini telah banyak mengalami perkembangan sejak pertama kali saya kenal beberapa tahun silam. Dan proses mengaktifkan plugin Akismet nggak terlalu ribet. Cukup dengan mencarinya di WordPress Plugin Gallery dengan kata kunci “Akismet”. Kemudian klik “Install” dan aktifkan.

Kalau sudah aktif, berikutnya adalah masuk ke halaman setting Akismet. Kalau dulu, untuk mengaktifkan plugin Akismet butuh WordPress API, maka kali ini perlu Akismet Key. Kalau ada notifikasi minta donasi Akismet, lewati saja. Pilih nol dollar. Cara setting Akismet pada prinsipnya sama, yaitu dengan cara mengisikan kode rahasia yang dikirim ke email kita.

Setelah meng-copy kode dan save setting, beres deh! Komentar-komentar spam otomatis masuk ke dalam kotak spam. So far, kinerja plugin Akismet yang baru ini cukup memuaskan. Itulah kisah yang bisa saya bagi kali ini dalam menangkap serbuan komentar spam. Mudah-mudahan artikel ini bisa berguna untuk Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *