Asyiknya Belajar Pantomim Bersama Kak Alfan dari Sekolah Pantomim Nusantara

Anak-anak Sanggar Genius mengikuti Pesantren Ramadan Kreatif hari pertama dengan gembira dan acara berlangsung cukup seru. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Yayasan Yatim Mandiri kantor cabang Jombang pada Sabtu, 11 Mei 2019 di PAUD Ar-Rahman. Pada sesi sebelumnya para peserta telah diajak untuk menerbangkan pesawat drone. Mereka juga sudah mendapatkan motivasi islami dari Ustadz Fandi Bachtiar.

Kali ini para peserta diajak untuk berlatih drama pantomim. Pantomim merupakan salah satu bentuk seni peran yang melibatkan imajinasi pemain dan penonton. Telah hadir pada kesempatan tersebut Kak Alfan dari Rumah Pantomim Nusantara. Keberadaan dirinya di tengah para peserta menambah semarak acara. Kegiatan berlatih pantomim dimulai sejak pukul delapan malam hingga pukul sepuluh malam.

Panduan Berlatih Pantomim

Kak Alfan hadir bersama Kak Rona. Mereka berdua mengajarkan cara bermain pantomim kepada audiens. Para peserta mula-mula diajarkan dasar-dasar gerakan pantomim. Mereka diajak menari dan menggerakkan tubuh mereka dengan lagu marina menari di atas menara dan beberapa variasi lagu tersebut. Lagu ini melibatkan gerakan tubuh dan ucapan mulut serta melatih keterampilan otak kanan. Anak-anak mengikuti kegiatan ini dengan bergembira. Mereka tertantang untuk mengikuti instruksi Kak Alfan tanpa membuat kesalahan.

Selanjutnya Kak Alfan bersama Kak Rona memberikan tutorial cara merias wajah seorang pantomim. Teknik merias wajah pantomim sebenarnya gampang-gampang susah. Perlengkapan rias yang digunakan merupakan bahan body painting. Make up yang digunakan dalam pantomim memiliki sifat tahan air. Oleh karena itu para peserta bisa menggunakan tisu basah agar hasil hiasan tanpa lebih baik dan lebih rata.

Tata rias pantomim menggunakan cat tubuh berwarna hitam putih dan merah. Kombinasi warna itu menghasilkan penampilan yang kontras antara warna putih dan hitam. Warna putih menjadi dasar dari riasan wajah sementara warna hitam membentuk alis pada wajah. Pemain pantomim perempuan bisa menggunakan body painting berwarna merah untuk menghasilkan lipstik pada bibir. Anak-anak pun diajak untuk mempraktekkan tata rias pada teman mereka.

Usai melakukan praktek tata rias wajah pantomim, Kak Alfan dan Kak Rona selanjutnya mengajak adek-adek beserta pesantren ramadhan kreatif Yatim Mandiri Jombang 2019 untuk saling berinteraksi dalam memainkan gerakan pantomim. Para peserta terlibat dalam kegiatan ini. Sebanyak 65 anak sanggar genius dan 20 orang guru genius malam itu tumpah-ruah di lantai dasar PAUD Ar Rahman. Mereka mengikuti sesi latihan pantomim dan membentuk sebuah cerita lucu dan menarik bersama Kak Alfan dan Kak Rona.

Permainan Kerjasama Tim dalam Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo
Permainan Kerjasama Tim dalam Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo

3 Replies to “Asyiknya Belajar Pantomim Bersama Kak Alfan dari Sekolah Pantomim Nusantara”

  1. Bagaimana cara kami menghubungi pengelola rumah pantomim Nusantara?
    adakah nomor telepon yang bisa kami hubungi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *