Serunya Dolanan Anak Bersama Badala Nusantara di Acara Pesantren Ramadhan Kreatif 2019

 

Pelaksanaan hari kedua Pesantren Ramadhan Kreatif Yatim Mandiri Jombang tahun 2019 berlangsung dengan meriah pada Minggu, 12 mei 2019. Para peserta mengikuti berbagai permainan anak dari Nusantara. Sebanyak 65 anak dan 20 orang guru genius Yatim Mandiri mengikuti kegiatan dolanan anak bersama Tim Badala Nusantara.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan basket SMK PGRI 2 Jombang yang berada di jalan K.H. Ahmad Dahlan Jombang. Dolanan anak dilaksanakan sejak pukul 07.00 pagi hingga menjelang pukul 09.00 WIB. Anak-anak terlihat sangat menikmati keseruan permainan anak itu meskipun mereka sedang melaksanakan ibadah puasa.

Beberapa bentuk permainan tradisional yang mereka mainkan antara lain gasing, dakon, lompat tali, gedrik, balap terompah, ular tangga nusantara, dan bermain bola. Beberapa anak tampak kesulitan memainkan permainan egrang. Canda-tawa terdengar diantara aktifitas permainan anak-anak.

Salah satu anak mentertawakan teman yang terjatuh dari batang egrang. Egrang merupakan salah satu permainan tradisional Jawa yang membutuhkan keterampilan pemain dalam menyeimbangkan tubuh mereka saat berjalan di atas dua batang bambu. Selain itu, beberapa anak perempuan memainkan permainan gedrik dengan menggunakan alas yang disiapkan oleh Tim Badala Nusantara.

Permainan Kerjasama Tim dalam Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo
Permainan Kerjasama Tim dalam Pelatihan dan Upgrading Guru Genius Yatim Mandiri Tahun 2017 di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo

Permainan Tradisional Nusantara

Permainan paling menarik dalam dolanan anak kali ini adalah ular tangga Nusantara. Anak-anak menggunakan alas ular tangga berbentuk persegi dan berukuran besar yang dibuat oleh Tim Badala. Alas ular tangga terbuat dari banner dengan menggunakan sebuah dadu berukuran besar. Anak-anak itu melempar dadu saling bergantian untuk mendapatkan angka sebesar-besarnya.

Mereka berlomba untuk mencapai angka 100 terlebih dulu sesuai dengan tujuan permainan. Di sela-sela deret angka itu terdapat logo ular dan tangga serta beberapa gambar budaya Nusantara. Gambar itu terdiri dari ragam pakaian adat, tarian daerah, senjata daerah, maupun ragam wisata daerah di berbagai penjuru nusantara.

Permainan anak dari berbagai daerah di Nusantara ini disajikan oleh tim penyelenggara Pesantren Ramadhan Kreatif Yatim Mandiri Jombang tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan agar setiap peserta dapat mengetahui kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah mereka. Beragam dolanan anak ditunjukkan dan dimainkan secara bersama-sama untuk melatih kerjasama serta keakraban diantara sesama peserta.

Para peserta berasal dari 20 sanggar genis yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Jombang. Mereka yang awalnya belum kenal sama sekali setelah memainkan dolanan anak ini tampak rukun satu sama lain. Mereka bisa rukun walaupun berasal dari sanggar belajar yang berbeda.

View this post on Instagram

Liburan bersama para siswa sanggar genius Yatim Mandiri berlangsung dengan seru. Mereka terlibat dalam kegiatan Pesantren Ramadhan Kreatif. Salah satu kegiatan dalam acara tersebut adalah bermain Dolanan Anak. Beragam permainan tradisional Nusantara mereka mainkan di lapangan bola basket SMA PGRI 2 Jombang. Kegiatan ini berlangsung pada pagi hari di bulan Ramadhan. Meski mereka sedang berpuasa namun keseruan Dolanan Anak ini tetap terasa hingga acara usai. #playing #dolanananak #games #traditionalgames #happy #life #yatimmandiri #pesantrenramadhankreatif #jombang #permainantradisional #dolanan #dolananbocah #sanggargenius #geniusyatimmandiri #sports #healthylifestyle #healthy #fitnessmotivation #fitness

A post shared by Agus Siswoyo | Blogger Jombang (@agussiswo) on

Permainan anak dihentikan menjelang pukul 09.00 dan anak-anak berganti untuk menjalani sesi permainan berikutnya. Sesi selanjutnya yaitu mengubah barang bekas menjadi mainan robot yang unik dan menarik. Pengalaman memainkan dolanan anak nusantara ini memberikan kegembiraan bagi setiap peserta dan guru-guru genius yang mengikutinya. Kegiatan puasa mereka pun lebih berwarna dan tidak membosankan.

Jika biasanya mereka bermalas-malasan di rumah saat menjalankan ibadah puasa, namun kali ini mereka meluangkan waktu untuk memainkan beragam permainan tradisional nusantara dengan teman-teman baru dan lingkungan yang baru juga. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi peningkatan motivasi diri para peserta Pesantren Ramadhan Kreatif Yatim Mandiri Jombang tahun 2019.

Bagikan tulisan ini:

5 Replies to “Serunya Dolanan Anak Bersama Badala Nusantara di Acara Pesantren Ramadhan Kreatif 2019”

  1. Kegiatan seperti ini sangat bagus sekali. saya setuju Kalau kegiatan pondok ramadan tidak harus selalu diisi acara agama. anak-anak juga perlu dikenalkan budaya mereka.

  2. Jombang memang gudangnya orang-orang kreatif dan banyak akal. ada-ada saja ide inovatif yang muncul di sana. semoga selalu sukses.

  3. Memang mengkhawatirkan kalau lihat kenyataan bahwa anak-anak zaman sekarang sudah mulai tidak kenal permainan tradisional mereka sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *