Ustadz Asad Umar Tumbuhkan Motivasi Belajar Anak Yatim di Pesantren Ramadhan Kreatif 2018

Kegiatan Belajar Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang
Kegiatan Belajar Menulis dan Mengerjakan Soal Matematika Anak Yatim Piatu di Sanggar Genius Yatim Mandiri Jombang

Senin, 28 Mei 2018 menjadi hari yang menyenangkan bagi 50 anak Genius dan 12 guru Genius Jombang. Mereka mengikuti acara Pesantren Ramadhan Kreatif di Islamic Center Wonosalam. Acara tersebut dilaksanakan oleh Yayasan Yatim Mandiri Kantor Cabang Jombang mulai dari 28 Mei sampai 29 Mei 2018. Wonosalam terpilih sebagai tempat kegiatan ini karena memenuhi syarat untuk kegiatan edukasi anak berbasis sains dan agama. Udara sejuk, alam nan asri, dan lokasi PAUD IT Al-Azhar Wonosalam yang lega sangat mendukung acara ini.

Pesantren Ramadhan Kreatif dibuka dengan motivasi Islami dari Ustadz Asad Umar, Lc.,M.HI. Ustadz Asad berangkat dari Mojokerto langsung menuju Wonosalam. Anak-anak Genius telah hadir dan siap menyimak tausiyah dari beliau. Seperti biasanya, beliau tampil secara total. Ceramahnya mampu menggebrak emosi anak-anak dari awal sampai akhir. Motivasi Islami Ustadz Asad membahas beberapa teladan Rasul dalam belajar. Beliau berbicara dengan nada menggebu-gebum Diantara modal belajar yang harus dimiliki anak-anak jaman sekarang menurut beliau adalah sebagai berikut:

1. Kuat Fisik

Motivasi belajar yang pertama adalah anak Islam harus kuat secara fisik. Nabi Muhammad memberi contoh beberapa jenis olahraga untuk kesehatan, yaitu memanah, berkuda dan berenang. Ustadz Asad memeragakan gaya berkuda disertai suara ringkikan kuda. Audiens tertawa secara spontan. Aksinya sangat menghibur. Olahraga tersebut dapat ditekuni laki-laki maupun perempuan.

2. Kuat Fikir

Motivasi Islami berikutnya mengajarkan supaya setiap remaja muslim memiliki kekuatan fikir yang bagus. Hal ini dapat dimiliki dengan cara belajar yang tekun. Ustadz Asad mencontohkan cara belajar beliau ketika kuliah di Mesir. Menghafal Al-Quran adalah salah satu kunci utama keberhasilan muslim dalam belajar. Para pecinta Al-Quran adalah orang-orang yang dirindukan surga.

3. Kuat Iman

Kepandaian saja tidak cukup. Setiap generasi muslim harus memiliki keimanan yang mulia. Untuk itu, Allah akan menguji setiap muslim dengan beragam cobaan agar bertambah iman. Ustadz Asad menceritakan pengalamannya saat kuliah di Universitas Al-Azhar. Beliau bekerja sampingan menjadi kuli panggul bagi orang-orang Indonesia yang melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi. Keimanan seorang muslim diuji dengan kekurangan harta demi mendapatkan ilmu yang barokah.

Demikian cerita singkat kegiatan anak yatim di Jombang selama mengikuti acara Pesantren Ramadhan Kreatif tahun  2018. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan semangat Anda dalam belajar dan berkarya. Nantikan ulasan berikutnya mengenai Astro Adventure dan Sains Game hanya di blog The Jombang Taste.

Bagikan artikel ini melalui:

10 Replies to “Ustadz Asad Umar Tumbuhkan Motivasi Belajar Anak Yatim di Pesantren Ramadhan Kreatif 2018”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *