Perbedaan SBMPTN, UMB-PT dan Jalur Mandiri, Apa Sih?

Apel Pagi Ospek Mahasiswa Baru
Apel Pagi Ospek Mahasiswa Baru

Apa kabar sobat blogger Jombang? The Jombang Taste hadir kembali menyapa Anda melalui artikel informasi pendidikan. Pendidikan tinggi saat ini telah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia. Seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi yang ada di Indonesia memiliki ragam macam namanya. Ada SBMPTN, UMB, Jalur Mandiri ataupun lainnya. Nah, daripada sulit membedakannya, yuk kita coba bahas satu per satu di tulisan saya kali ini.

Masih bingung untuk memilih jalur mana yang akan dilewati untuk masuk ke perguruan tinggi? Belum tahu perbedaan antar berbagai jalur masuknya? Pertanyaan-pertanyaan itu pernah terlintas di pikiran kebanyakan lulusan sekolah menengah atas, khususnya yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi.  Ada beberapa jalur masuk yang saat ini digunakan oleh banyak perguruan tinggi yakni, SBMPTN, UMB-PT dan Jalur Mandiri. Lalu, apa perbedaan SBMPTN, UMB-PT dan Jalur Mandiri? Agar bisa menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak penjelasan berikut.

SBMPTN merupakan kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi ini diselenggrakan oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Universitas yang berhak berpartisipasi pada sistem seleksi ini hanya universitas-universitas berstatus negeri yang ada di seluruh Indonesia. Biasanya, siswa yang belum lolos pada seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) akan memilih untuk mengikuti jalur SBMPTN ini.

Setiap peserta SBMPTN diperbolehkan untuk memilih tiga jurusan di setiap universitas negeri yang ada di Indonesia. Jenis ujian yang dikerjakan calon mahasiswa pada seleksi ini dibagi menjadi tiga kelompok sesuai pilihan jurusan dari setiap calon mahasiswa. Calon mahasiswa yang memilih tiga jurusan dalam program IPA akan mengerjakan soal di kelompok Saintek, calon mahasiswa yang memilih tiga jurusan dalam program IPS akan mengerjakan soal pada kelompok Soshum.

Sedangkan calon mahasiswa yang dari ketiga pilihannya terdapat jurusan IPA dan IPS, maka ia akan mengerjakan soal dari kedua kelompok, IPA dan IPS, atau yang dinamakan dengan Campuran. Untuk waktu pengerjaannya, SNMPTN dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Creative Study Techniques That Actually Work - From Pinterest
Creative Study Techniques That Actually Work – From Pinterest

Masih belum bisa menjawab apa perbedaan SBMPTN, UMB-PT dan Jalur Mandiri? Simak penjelasan berikutnya.  Selanjutnya, kita akan membahas UMB-PT. Bagi calon mahasiswa, mungkin jenis seleksi yang satu ini terdengar agak asing. UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi merupakan salah satu jenis seleksi mahasiswa yang diselengrakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMB).

Karena tidak seluruh universitas di Indonesia turut bergabung dalam jenis seleksi ini, maka sistem seleksi ini menjadi kurang terkenal di kalangan siswa. Untuk tahun ini, terdapat 13 perguruan tinggi negeri dan 10 perguruan tinggi swasta yang tersebar di Indonesia turut berpartisipasi. Sebelumnya, UMB-PT sempat mengalami kenaikan dan penurunan partisipan dari universitas negeri maupun swasta.

Jenis seleksi masuk selanjutnya adalah Jalur Mandiri. Pada sistem ini, calon mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih dua atau tiga jurusan yang diminati yang ada dalam satu universitas tersebut. Sehingga, pendek kata, Jalur Mandiri adalah seleksi yang diadakan oleh universitas terkait dengan batasan pilihan jurusan yang ada pada universitas tersebut saja. Untuk saat ini, daya tampung mahasiswa baru dari jalur mandiri di setiap universitas, umumnya lebih sedikit dibanding dengan daya tampung dari jalur tanpa tes (SNMPTN) maupun SBMPTN. Karena penyelenggaranya dari masing-masing perguruan tinggi, tentu biaya pendaftarannya pun menjadi berbeda-beda.. Tergantung pada universitas yang menyelenggarakan.

Dengan mengetahui sebenanya perbedaan SBMPTN, UMB-PT dan Jalur Mandiri, calon mahasiswa akan lebih mudah untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti ujian menuju universitas. Selain itu, dengan memilih jalur yang tepat sesuai kemampuan, peluang untuk dapat lolos menjadi semakin besar. Perbedaan tentu dapat dilihat dari status universitas yang berpartisipasi, juga dari banyaknya pilihan jurusan yang ada di setiap jalur seleksi.

Semoga artikel informasi cara mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri ini bisa bermanfaat. Nantikan terus inspirasi pendidikan dan motivasi belajar hanya di blog The Jombang Taste. Jangan lupa mempersiapkan diri dengan rajin belajar dan giat beribadah. Selamat mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri!

7 Replies to “Perbedaan SBMPTN, UMB-PT dan Jalur Mandiri, Apa Sih?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *