1 Januari, Masyarakat Jombang Tumplek Blek Liburan ke Tempat Wisata Murah

Liburan Olahraga Air di Agrowisata Sumber Celeng di Bulurejo Diwek Jombang
Liburan Olahraga Air di Agrowisata Sumber Celeng di Bulurejo Diwek Jombang

Hari ini bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2020. Momen tanggal merah awal tahun ini menjadi hari libur nasional. Semua keluarga di Indonesia bersukacita untuk mengadakan acara liburan keluarga, tak terkecuali di Jombang. Meskipun selama ini masyarakat Jombang dikenal sebagai masyarakat religius atau atau agamis namun mereka tetap menyukai kegiatan liburan keluarga di awal tahun baru ini.

Liburan bersama yang dilaksanakan oleh orang tua dan anak bermanfaat dalam banyak hal. Manfaat utama adalah membangun kecerdasan anak untuk berinteraksi sosial dengan orang-orang yang baru dikenalnya. Manfaat kedua dari liburan bersama antara orang tua dan anak adalah membangun kedekatan emosional antara orang tua dan anak. Barangkali selama ini anda kurang memiliki waktu untuk bercengkerama dengan anak. Jalan-jalan bersama adalah kesempatan bagi anda untuk bersama-sama menghabiskan banyak waktu bersama anak.

Pilihan tempat wisata untuk berlibur di awal tahun baru bersama keluarga adalah objek wisata yang berbiaya murah dan mampu menjangkau budget keluarga yang terbatas. Ragam tempat wisata murah di Kabupaten Jombang antara lain Agro Wisata Bale Tani, tempat wisata Kandang Sapi di Wonosalam, objek wisata Banyu Mili, dan beberapa tempat wisata murah lain seperti Kebon ratu dan Kebon Rojo.

Tempat wisata murah itu ditandai dengan harga tiket masuk yang murah atau bahkan gratis sama sekali. Setiap keluarga tentu ingin memberikan pengalaman menyenangkan untuk anak-anak mereka di masa liburan seperti saat ini. Dengan harga tiket masuk yang murah atau bahkan gratis itulah para orang tua bisa menghemat banyak pengeluaran di awal tahun ini.

Liburan seru main prosotan di tempat wisata air Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang
Liburan seru main prosotan di tempat wisata air Kolam Renang Aquatics STKIP PGRI Jombang

Kolam Renang Jadi Tujuan Favorit

Selain berlibur ke tempat wisata murah, para orang tua juga sering mengajak anak-anak mereka untuk berlibur ke obyek wisata kolam renang. Kolam renang adalah tempat wisata favorit bagi kebanyakan anak-anak dan remaja. Wisata kolam renang yang paling sering dikunjungi di Jombang adalah Aquatic STKIP PGRI Jombang, kolam renang Sukoiber, kolam renang Dewata, maupun beberapa kolam renang lain yang menawarkan pengalaman menyenangkan bagi anak-anak saat bermain air.

Hari ini penulis menerima kabar bahwa jalan raya menuju lokasi objek wisata Bale Tani sangat padat dan terjadi kemacetan panjang. Objek wisata Bale Tani berada di Dusun Serning Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Inilah tempat wisata murah yang sangat disukai oleh masyarakat Jombang selama dua tahun terakhir ini. Tiket masuk ke objek wisata Bale Tani sebesar Rp5.000 per orang. Dengan harga tiket murah ini bisa dipastikan banyak keluarga mengajak anak mereka untuk berlibur ke sana karena lokasinya dekat dengan rumah.

Liburan ke Luar Kota

Penulis hari ini memilih berlibur ke tempat wisata di Kediri yaitu wisata air gronjong wariti. Penulis sudah terlalu sering mengunjungi tempat wisata di Jombang sehingga pilihan berlibur kali ini adalah keluar kota. Ojek wisata gronjong wariti terletak di Desa Mejono Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Pekan lalu penulis sudah pernah berkunjung ke sana saat mengantarkan para santri TPQ Al Mujahidin mengadakan liburan bersama wali santri di akhir tahun. Kesempatan hari ini pun penulis berkunjung kesana lagi atas saran dari keluarga yang belum pernah ke sana.

Sesuai dugaan penulis, kondisi lalu lintas jalan raya menuju lokasi objek wisata gronjong wariti sangat lambat karena terjadi kemacetan sepanjang 1 km menuju lokasi objek wisata gronjong wariti. Kemacetan itu bukan hanya disebabkan oleh arus kendaraan wisatawan dari lokal daerah Kediri tapi juga dari luar daerah Kediri. Ditambah lagi lokasi objek wisata gronjong wariti berdekatan dengan tempat wisata Kebun Bibit Kediri. Kedua lokasi ini jaraknya berada tidak jauh sehingga kemungkinan besar wisatawan saling bertukar tempat berlibur setelah mengunjungi satu lokasi dengan yang lainnya.

Penulisan sampai di obyek wisata gronjong wariti tadi pagi sekitar pukul 9 pagi. Mekipun hari masih pagi ternyata suasana di tempat wisata gronjong wariti sudah sangat ramai pengunjung. Penulis harus berdesak-desakan untuk mencari tempat duduk yang nyaman. Untunglah masih ada sebuah warung tradisional yang baru buka. Penulis memesan satu porsi rujak cingur di sana sambil menyempatkan diri untuk bernyanyi karaoke di warung tersebut. Untung penulis kebagian tempat duduk lesehan.

Penuh Sesak Pengunjung Wisata

Sebenarnya penulis ingin mencoba Wahana Perahu Motor di objek wisata gronjong wariti. Namun saat menyaksikan antrian panjang wisatawan yang sama-sama ingin naik perahu motor maka penulis mengurungkan niat itu meskipun sudah membeli tiket naik ke Wahana motor perahu motor. Lebih baik mencari tempat duduk yang nyaman sama menikmati wisata kuliner Kediri yang enak di tempat wisata gronjong wariti mejono.

Antrian pengunjung Wisata gronjong wariti bukan hanya terjadi pada wahana permainan air tetapi juga kolam renang anak. Tiga buah kolam renang anak yang ada di sana semuanya telah dipenuhi anak-anak sehingga kondisinya tidak ideal untuk dipakai bermain. Kondisi air kolam sudah sangat kotor dan berminyak. Selain itu, air sungai yang digunakan untuk wisata gronjong wariti juga sangat keruh karena tadi malam telah diguyur hujan cukup deras.

Penulis meninggalkan lokasi objek wisata gronjong wariti sekitar pukul 11.30 WIB. Inilah waktu yang paling menyiksa bagi penulis karena harus berdesak-desakan dengan ratusan pengunjung gronjong wariti lainnya. Jika biasanya penulis menghabiskan waktu cukup satu menit dari jembatan cinta menuju ke gapura utama, maka antrian hari ini mengharuskan penulis untuk berdesak-desakan selama kurang lebih 5 menit untuk melewati jalan sempit yang diapit oleh aliran dua buah sungai itu. Sungguh pengalaman yang sangat seru hari ini ketika semua keluarga di Indonesia merayakan hari libur nasional dengan berlibur bersama ke tempat wisata murah.

Bagaimana dengan pengalaman Anda melewati tanggal 1 Januari hari ini? Apakah tadi pagi Anda juga melakukan liburan bersama keluarga ke tempat wisata murah? Silahkan berbagi pengalaman travelling Anda hari ini di kolom komentar dibawah ini.

6 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Bagikan tulisan ini:

5 Replies to “1 Januari, Masyarakat Jombang Tumplek Blek Liburan ke Tempat Wisata Murah”

  1. Bagaimana anda mau mengatakan rakyat Indonesia miskin Sedangkan kebutuhan berlibur pun mereka bisa memenuhinya secara layak?

  2. Jangan heran kalau emak-emak zaman sekarang suka narsis di depan HP dan upload foto di Instagram. Krn mereka sudah terwadahi oleh keberadaan tempat-tempat liburan yang instagramable dan keren.

  3. Baguslah. Itu tandanya orang indonesia sdh lbh sejahtera. Buktinya mereka bisa membiayai acara liburan mereka bersama keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *