Keseruan Shooting Video Peer Teaching Mata Pelajaran Mulok Keagamaan di Agrowisata Bale Tani Jombang

Hari ini (09/12/2019) telah dilaksanakan kegiatan pengambilan video (shooting) peer teaching kelompok kerja pembimbing Muatan lokal Keagamaan Islam (MKI) Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Kegiatan ini diikuti oleh 21 orang pembimbing muatan lokal perkembangan Islam dari sekolah dasar yang ada di Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang. Setiap orang tampak bersemangat mengikuti arahan sutradara dan kameramen.

Pembuatan video peer teaching dilaksanakan setelah mereka mengikuti bimbingan teknis (bimtek) selama tiga hari di yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang tahun 2019 di SDN Balongbesuk. Tujuan pembuatan video dokumentasi pembelajaran ini adalah untuk memperluas wawasan setiap pembimbing muatan lokal keagamaan Islam di Kabupaten Jombang dalam mencari referensi metode pembelajaran yang tepat untuk mereka gunakan di lembaga masing-masing.

Kegiatan shooting video peer teaching dilaksanakan sebagai bagian dari tugas hari keempat pelaksanaan bimbingan teknis pembimbing muatan lokal keagamaan Islam Kabupaten Jombang. Kegiatan bimtek hari keempat dilakukan di lokasi masing-masing kelompok kerja pembimbing (KKP) muatan lokal (mulok) keagamaan Islam. Setiap KKP MKI di kecamatan membuat video yang berisikan proses pengajaran siswa untuk mata pelajaran muatan lokal keagamaan Islam. Urutan proses pembelajaran tersebut meliputi acara pembukaan, kegiatan inti, dan penutup dalam proses belajar.

Hikmah Tugas Bersama

Tugas membuat video dokumentasi peer teaching ini merupakan yang pertama kali bagi kelompok kerja pembimbing muatan lokal keagamaan Islam di seluruh kecamatan di Kabupaten Jombang. Tugas pembuatan video dokumentasi peer teaching diberikan panitia bimtek pada Sabtu, 07 Desember 2019 bersamaan dengan hari ketiga pelaksanaan bimtek. Awalnya setiap pembimbing MKI merasa keberatan dengan tugas ini. Namun setelah mereka bermusyawarah dengan anggota KKP MKI di kecamatan masing-masing maka mereka tampak antusias untuk melaksanakannya.

Waktu pengerjaan tugas membuat video dokumentasi pembelajaran MKI cukup singkat. Namun setiap KKP MKI di seluruh kecamatan di Kabupaten Jombang harus mampu bekerjasama untuk membuat video pembelajaran. Alhamdulillah hari ini KKP MKI Kecamatan Mojowarno sudah melaksanakan tugas membuat video dokumentasi di tempat wisata Bale Tani. Cuaca hari ini sangat panas. Meski demikian, cerahnya cuaca hari ini tidak menyurutkan langkah setiap pembimbing MKI Mojowarno untuk melaksanakan proses produksi pembuatan video dokumentasi.

5 Rekomendasi Smartphone Dual Kamera Terbaik - Gambar diambil dari TheTechy.com
Meniru kinerja lensa mata… 5 Rekomendasi Smartphone Dual Kamera Terbaik – Gambar diambil dari TheTechy.com

Semangat Baru Mengajar

Agrowisata Bale Tani berada di Dusun Serning Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Tempat wisata Bale Tani merupakan objek wisata yang paling terkenal di wilayah Jombang bagian selatan. Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh anak-anak dan remaja Jombang. Paket liburan edukasi ditawarkan kepada pengunjung Bale Tani. Oleh karena itu pengurus KKP MKI Kecamatan Mojowarno memilih lokasi ini karena sangat memungkinkan untuk jadikan tempat pengambilan gambar dan video.

Proses pembuatan video dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir menjelang pukul 11.30 WIB. Kegembiraan menyelimuti proses pengambilan gambar dan video hari ini di tempat wisata Bale Tani. Setiap pembimbing muatan lokal keagamaan Islam di kecamatan Mojowarno saling berkontribusi untuk menyukseskan proses pembuatan video dokumentasi. Beberapa diantara mereka membawa alat peraga pendidikan, seorang lagi bersedia menjadi model guru, dan sepuluh orang menjadi lain. Selebihnya, mereka bergotong-royong membawa makanan dari rumah untuk disantap bersama.

Beberapa job desk yang berlaku dalam kegiatan shooting video peer teaching antara lain cameramen, photographer, dan talent atau model. Model yang digunakan dalam tugas ini terbagi menjadi dua, yaitu guru model dan murid model. Kedua jenis talent ini memerlukan latihan bersama sebelum dilaksanakan pengambilan adegan-adegan peer teaching. Disinilah penulis dan pembimbing MKI belajar bersama dalam memproduksi video dokumentasi.

Usai melakukan kegiatan pengambilan video di lokasi tempat wisata Bale Tani, setiap orang pesek bersiap untuk untuk kembali ke rumah bersiap untuk kembali ke rumah masing-masing. Mereka meninggalkan kesan tersendiri untuk kebersamaan hari ini di AgroWisata Bale Tani. Mereka berbagi cerita melalui grup WhatsApp bahwa pengalaman membuat video pembelajaran di Bale Tani tadi pagi sangat menyenangkan.

Kegiatan ini juga menjadi proses pengenalan karakter beberapa orang pembimbing yang baru bergabung dengan KKP MKI Kecamatan Mojowarno kabupaten Jombang. Semoga semangat mereka hari ini terus bertahan dalam mengajar murid-muridnya di kelas.

Bagikan tulisan ini:

One Reply to “Keseruan Shooting Video Peer Teaching Mata Pelajaran Mulok Keagamaan di Agrowisata Bale Tani Jombang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *