Beli Baju Batik Sekarang Atau Menunggu Diskon Jelang Lebaran?

Tradisi Jawa Menghitung Hari Baik Berdasarkan Weton Seseorang
Gambar Batik Wayang – Ilustrasi Tradisi Jawa Menghitung Hari Baik Berdasarkan Weton Seseorang

Hari lebaran identik dengan memakai baju baru. Umat muslim yang tinggal di Indonesia biasanya merayakan hari raya Lebaran Idul Fitri dengan memakai baju batik. Desain baju batik memiliki warna, motif dan kesan tertentu terhadap pemakainya. Oleh karena itu suasana Lebaran Idul Fitri semakin terasa lengkap saat kita memakai baju batik bersama dengan keluarga. Seringkali sebuah keluarga membuat seragam baju batik atau baju batik couple sehingga terkesan kompak dan semarak.

Penulis mempublikasikan artikel ini saat hari raya Idul Fitri masih berlangsung kurang dari tiga bulan lagi. Bahkan pelaksanaan puasa di bulan Ramadan pun masih berdarah sekitar dua bulan lagi. Walau demikian, penulis sudah mempersiapkan segala kebutuhan untuk perayaan hari raya Lebaran Idul Fitri bersama keluarga. Salah satu persiapan yang paling menyita perhatian adalah membeli baju baru. Baju baru yang umumnya penulis pakai pada hari raya Lebaran adalah baju batik.

Tidak ada keharusan dalam ajaran agama Islam untuk memakai baju baru dalam merayakan hari raya Idul Fitri. Meski demikian terdapat anjuran dalam Islam untuk memakai pakaian terbaiknya dalam merayakan hari raya Idul Fitri maupun acara silaturahmi keluarga. Pakaian yang bersih, indah, dan suci dari kotoran merupakan cerminan dari jiwa seseorang yang kembali fitri pada saat memasuki bulan Syawal yang penuh ampunan.

Hampir semua keluarga di Indonesia menginginkan untuk memakai baju batik baru di hari lebaran. Persiapan itupun telah penulis pikirkan sejak hari ini. Mungkin dalam pikiran anda mengatakan bahwa terlalu dini untuk mempersiapkan perayaan hari raya Lebaran Idul Fitri yang masih berjarak kurang lebih tiga bulan lagi. Namun penulis merupakan orang yang yang selalu terencana dalam melakukan kegiatan sehingga persiapan Lebaran Idul Fitri pun menjadi perhatian serius penulis pada hari ini.

Teaveling ke Jogja pakai celana batik & baju koko
Teaveling ke Jogja pakai celana batik & baju koko

Diskon Baju Batik Lebaran

Pertanyaan yang sering mengganjal pikiran penulis adalah kapan waktu yang tepat untuk membeli baju batik baru? Apakah penulis harus menunggu diskon menjelang perayaan hari raya idul fitri ataukah penulis memesan baju batik sejak sekarang? Kebiasaan penulis selama lima tahun terakhir ini adalah membeli baju batik melalui online shop. Penulis sangat menghindari untuk menjahitkan kain batik di penjahit langganan karena biasanya butuh waktu cukup lama untuk selesai dan ongkos jahit yang tidak sedikit.

Berbelanja secara online bagi penulis merupakan suatu kemudahan karena penulis bisa memilih beragam motif kain batik sesuai dengan selera penulis. Selain itu, penulis pun dapat memilih beragam jenis kain batik yang sesuai dengan harga yang penulis anggarkan. Maklum saja, penulis mengelola sebuah lembaga pendidikan dan memiliki tanggung jawab untuk memberikan paket lebaran kepada setiap pengajar di lembaga pendidikan tersebut. Penulis ingin memberikan kegembiraan kepada setiap orang yang bersedia berjuang bersama penulis dalam mendidik anak-anak di sekitar tempat tinggal penulis.

Ada sisi plus dan minusnya kalau kita memilih untuk membeli baju batik sekarang ataupun menjelang lebaran nanti. Kalau anda memilih untuk membeli baju batik sekarang maka anda bisa lebih leluasa memilih motif baju karena persediaan baju batik pada saat seperti ini masih aman. Lain halnya jika Anda membeli baju batik tepat sebulan sebelum perayaan hari raya idul Fitri, maka bisa dipastikan anda akan kesulitan mendapatkan persediaan baju batik dengan motif yang sama atau seragam dan dalam jumlah yang sesuai keinginan.

Pertimbangan lama waktu penjahitan kain batik pun perlu anda perhatikan. Jika Anda membeli baju batik secara online saat ini maka pemesanan dengan cara pre order bisa dilakukan lebih leluasa. Sebaliknya, jika anda memesan hanya beberapa minggu menjelang lebaran bisa dipastikan penjahit banyak yang akan menolak pesanan Anda. Kita semua tahu bahwa hari raya Lebaran adalah masa panen order bagi setiap penjahit di seluruh wilayah Indonesia. Mereka berkejaran dengan waktu untuk menyelesaikan pesanan baju dari para pelanggannya.

Me and My Batik
Me and My Batik

Plus Minus Lebaran Big Sale

Kendati Anda bisa mengelola waktu dengan baik sebenarnya ada kerugiannya kalau Anda membeli baju secara online pada saat sekarang. Kita semua tahu bahwa selera berpakaian masyarakat Indonesia selalu berubah. Motif-motif baju batik yang ada saat ini terus berkembang dan bertambah banyak sesuai dengan selera pasar. Mungkin saja Anda akan mendapatkan model baju batik yang bukan kekinian atau terbaru.

Sebaliknya, saat Anda memesan baju batik ketika tiba giliran diskon lebaran maka anda akan mendapatkan baju batik dengan model terbaru. Siapa pun akan merasa bangga dan percaya diri memakai baju batik dengan model kekinian dan update.

Perhatikan pula besarnya diskon baju batik yang akan Anda terima kelak. Harga jual baju batik yang tertulis di online shop mungkin benar-benar menuliskan itu adalah harga diskon. Namun anda tidak tahu bahwa terdapat strategi pemasaran yang cukup cerdas dari setiap produsen kain batik. Bisa jadi anda tidak menyadari bahwa baju batik maupun kain batik yang mereka jual telah melalui proses kenaikan harga jual.

Tulisan diskon besar-besaran yang terpampang pada halaman penjualan toko online tidak selalu memberikan keuntungan bagi pembeli. Anda mungkin akan menyesal saat mengetahui bahwa harga itu sebenarnya telah di mark up oleh penjual.

Bagaimana dengan pengalaman Anda membeli baju batik untuk persiapan merayakan lebaran? Apakah Anda juga terbiasa untuk membeli baju batik sejak jauh hari sebelum dilaksanakan puasa di bulan Ramadan? Silakan berbagi pengalaman Anda saat berbelanja di online shop pada kolom komentar dibawah ini.

Bagikan tulisan ini:

6 Replies to “Beli Baju Batik Sekarang Atau Menunggu Diskon Jelang Lebaran?”

  1. Aku sih biasanya jarang beli tapi malah dibelikan. Maklum nasib jadi karyawan rendahan jd belum bisa kasih baju baru untuk orang lain. Hiks!

  2. Hati-hati terjebak pada perilaku konsumerisme akibat tayangan di internet. Orang-orang di pedesaan zaman sekarang nggak mau kalah dengan orang kota dalam hal bergaya dan berpakaian. Inilah dampak jelek dari modernisasi akibat teknologi informasi berbiaya murah.

  3. Aku nggak pernah mewajibkan diriku untuk beli baju baru di waktu lebaran . kalau aku pengen beli baju dan ada uangnya ya beli saja sekarang nggak perlu nunggu harga naik menjelang lebaran.

  4. Kalau duitnya sudah ada sekarang mah mending beli sekarang aja. kalau ditunda-tunda khawatir duitnya terbawa oleh kebutuhan lain yang sifatnya mendadak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *