Panduan Blogger dan Ghost Writer Menulis Artikel SEO On Page

Word Blog with colourful letters. 3D concept
Word Blog with colourful letters. 3D concept

Apa kabar rekan-rekan ghost writer, penulis lepas, penulis artikel dan freelance writer Indonesia? Dalam perjumpaan ini, blog The Jombang Taste akan membahas panduan ghost writer menulis artikel SEO Friendly. Jasa penulisan artikel itu bukan hanya soal menulis artikel dengan jumlah kata tertentu, tetapi kita pikirkan juga bagaimana membantu klien mendapatkan ranking tinggi dalam hasil pencarian Google. Syukur-syukur bisa tampil di halaman pertama SERP.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ghost writer harus tahu pengertian SEO. Apakah yang dimaksud SEO? SEO (Search Engine Optimization) adalah proses yang dipakai publisher artikel untuk mendapatkan ranking tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari. Ranking tinggi adalah halaman pertama search engine. Mesin pencari yang menjadi patokan bagi SEO adalah Google karena most of internet users lebih suka bertanya kepada Google daripada Yahoo, MSN maupun situs agregator lainnya.

Pengetahuan Dasar Menulis Artikel SEO Friendly

Kalau ghost writer membahas teknik SEO, maka ada banyak variabel yang bisa kita pakai dalam hal ini. Mulai dari konten, jumlah komentar, backlink, themes, situs jejaring sosial dan beragam hal lain yang terindeks dalam satu halaman artikel. Namun secara umum SEO bisa dibagi dua, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Kali ini kita bahas SEO On Page, sementara untuk SEO Off Page kita bahas pada kesempatan mendatang.

Hal-hal yang mempengaruhi SEO On Page adalah pemilihan judul (tittle), setting permalink url, konten, kepadatan keyword (keyword density), meta description dan lain-lain. Sebelum menulis artikel SEO, pastikan Anda sudah memiliki keyword atau kata kunci yang ingin dibidik. Keyword (kata kunci) bisa didapatkan melalui riset keyword dengan menggunakan SEO Tool yang tersedia di internet. Layanan riset keyword tersebut ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Berikut ini beberapa tips untuk ghost writer dan blogger dalam menulis artikel SEO Friendly, terutama optimasi On Page. Silakan dibaca dengan seksama.

Cara Memilih Judul Artikel SEO Friendly

Judul artikel berperan besar dalam optimasi website. Karena itu ghost writer harus berhati-hati menentukan judul. Bagaimanakah ciri judul artikel SEO Friendly? Judul artikel yang SEO Friendly memiliki beberapa ciri sebagai berikut:

  1. Judul mengandung keyword.
  2. Judul dimulai dengan keyword.
  3. Judul memuat minimal 3 kata.
  4. Judul artikel maksimal 66 karakter.

Cara Setting Permalink Artikel SEO Friendly

URL artikel yang memenuhi kaidah SEO adalah memuat keyword yang dibidik.

Contoh: http://agussiswoyo.com/2011/12/20/ultrabook-notebook-tipis-harga-murah-terbaik-adalah-acer-aspire-s3/

Hindari menggunakan judul www.namadomain.com/p?=46777

Ada juga yang menyarankan memakai format url www.namadomain.com/judul-artikel.html

Seburuk-buruk setting permalink adalah model www.namadomain.com/p?=46777 karena url tidak mengandung kata kunci.

Ghost writer dan blogger hendaknya memahami aturan menulis artikel SEO Friendly sejak pertama kali membangun blog atau website. Mengapa harus tahu sejak awal? Karena kalau setting permalink diubah pada saat blog sudah berumur tua, maka akan menghasilkan broken link pada artikel-artikel lama. Hal ini berakibat tidak baik untuk blog yang digunakan dalam kontes menulis dengan format kontes SEO dan kontes Semi SEO.

Cara Setting Meta Tag Artikel SEO Friendly

Bagaimanakah cara menentukan meta tag artikel? Setting Meta Tag yang bersahabat dengan mesin pencari memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Deskripsi meta tag mengandung keyword.
  2. Deskripsi meta tag mengandung paling banyak 160 karakter.
  3. Deskripsi meta tag dimulai dengan keyword.
  4. Keyword meta tag mengandung keyword yang dibidik.

Cara Menentukan Heading Artikel SEO Friendly

Bagaimanakah ciri-ciri heading artikel yang sesuai aturan SEO? Untuk hal ini, ghost writer harus ketahui istilah Heading 1, Heading 2, dan Heading 3. Untuk mempermudah berlatih, silakan buka Microsoft Word dan belajar menentikan heading. Cara menentukan heading artikel SEO adalah:

  1. H1 mengandung keyword.
  2. H1 dimulai dengan keyword.
  3. H2 mengandung keyword.
  4. H3 mengandung keyword.

Cara Menulis Konten Artikel SEO Friendly

Konten adalah raja. Pepatah tersebut masih berlaku hingga saat ini. Algorithma Google Panda pun menyatakan lebih mementingkan kualitas konten daripada hal lain. Tugas seorang ghost writer, penulis lepas dan freelancer writer adalah menulis konten artikel sesuai kaidah SEO. Konten artikel SEO Friendly memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Konten minimal terdiri dari 300 kata.
  2. Konten memiliki keyword density antara 2.0 sampai 5.5 persen.
  3. Konten memuat keyword pada 50-100 kata pertama artikel yang ditulis.
  4. Konten memuat minimal satu gambar dengan keyword di dalam ALT atribut.
  5. Konten memuat minimal satu kata kunci yang ditulis tebal (bold).
  6. Konten memuat minimal satu kata kunci yang ditulis dengan garis bawah (underlined).
  7. Konten memuat minimal satu kata kunci yang ditulis dengan miring (italic).
  8. Konten memuat minimal satu eksternal link pada kata kunci.
  9. Konten memuat minimal satu internal link pada kata kunci.
  10. Konten memuat kata kunci pada 50-100 kata (words) yang terakhir.

Bila ghost writer bekerja memakai plugin SEO tambahan, misalnya dari YOAST maupun Easy WP SEO, maka terdapat setting focus keyword. Focus keyword disarankan terdapat di dalam judul artikel, judul halaman, url artikel, konten artikel, dan meta deskripsi. Ada yang berpendapat bahwa meta description sudah tidak berpengaruh dalam optimasi web. Bagi saya, apalah salahnya menuliskan 140 karakter. Butuh energi berapa kalori sih? Paling –paling butuh waktu menulis tidak lebih dari satu menit.

Menulis Artikel SEO Perlu Latihan Berulang

Agar artikel lebih enak dibaca pengunjung tetapi tetap bersahabat dengan mesin pencari, Anda punya pilihan menggunakan SEO Title yang berbeda dengan yang tertulis di artikel. Misalnya: 5 Alasan Mengapa Ghost Writer Harus Memiliki Blog Pribadi. Penulis artikel bisa mengganti dengan judul yang lebih merakyat, Ghost Writer Suka Ngelog?

Yang harus ghost writer perhatiakn adalah judul artikel dibatasi maksimal 70 karakter. Jika lebih dari 70 karater maka mesin pencari akan memakai 70 karakter pertama sebagai judul. Bila SEO Title tidak diisi, maka plugin SEO akan melakukan generate berdasarkan title template. Title template ini isinya berbeda-beda sesuai kebijakan pengembang plugin.

Semoga tips optimasi SEO On Page ini bisa berguna untuk pembaca. Menulis artikel SEO Friendly itu nggak sulit kok. Ghost writer, penulis lepas, blogger dan freelancer writer hanya butuh latihan beberapa kali supaya lebih andal dalam menulis artikel SEO friendly. Selamat mencoba tips menulis artikel SEO friendly ini. Bila ada yang salah dalam tips kali ini, silakan Anda revisi di kolom komentar.

6 Replies to “Panduan Blogger dan Ghost Writer Menulis Artikel SEO On Page”

  1. Artikel mantap. SEO memang gampang-gampang susah. Pakai cara alami saja. Nanti juga Google akan sayang blog kita dengan sendirinya.

  2. nice artikel. terima kasih. kadang terlalu banyak tips ngeblog malah jadi bingung. yang penting action aja dulu. kalau ada salah bisa diperbaiki bertahap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *