GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG JOMBANG KWARTIR RANTING MOJOWARNO kembali bergiat setelah hampir setahun tidak melaksanakan kegiatan. Acara terakhir yang telah dilaksanakan Kwarran Mojowarno adalah Kursus Pembina Pramuka Tingkat Mahir Dasar. Hari ini Sabtu, 30 Oktober 2021 kembali kesibukan itu terjadi. Kwarran Mojowarno Mengadakan kegiatan Pesta Siaga Tahun 2021. Pesta Siaga 2021 dilaksanakan di Bumi Perkemahan (Bumper) Sumberboto. Bumper Sumberboto terletak di Desa Japanan Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang.
Penulis beserta empat pembina pramuka lainnya telah bersiap di halaman sekolah sejak pukul setengah tujuh. Lima anak perempuan dan lima anak laki-laki dari kelas 3 dan kelas 4 SD telah bersiap berangkat. Para anggota pramuka siaga itu didampingi oleh orang tuanya masing-masing. Mereka terlihat tidak sabar untuk segera berangkat ke Sumberboto. Maklum, inilah kesempatan pertama bagi 10 anak itu untuk mengikuti lomba di luar sekolah setelah hampir dua tahun tanpa ada kegiatan keluar sekolah.
Penulis, para peserta, dan para pendamping peserta telah tiba di Bumper Sumberboto menjelang pukul setengah delapan pagi. Kami segera bersiap mendirikan tenda. Tenda yang kami pakai adalah tenda lengkung agar praktis dibawa dan mudah dipasang dan dilepas. Upacara pembukaan Pesta Siaga 2021 Kwarran Mojowarno dimulai tepat pukul delapan pagi. Para anggota pramuka siaga membuat lingkaran dengan mengikuti acara apel pembukaan dengan khidmat. Setelah upacara, peserta menyebar ke lima titik yang berbeda sesuai dengan jenis lomba masing masing.
Berikut ini petunjuk teknis pelaksaan Pesta Siaga 2021 beserta daftar nama pemenangnya:
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAKSANAAN PESTA SIAGA KWARTIR RANTING MOJOWARNO Tahun 2021
DASAR PENGADAAN PESTA SIAGA
Edaran dari kwartir Cabang Jombang Nomor 101/13.17-C/2021 tentang Pelaksanaan Pesta Siaga, Dianpinru, Jombang Scout Chalenge, Perkemahan Pramuka Luar Biasa, dan DianPinsa.
PERSYARATAN PESTA SIAGA
- Setiap Gudep wajib mengirimkan perwakilan 2 barung. 1 barung putra (5 siswa) dan1 barung putri (5 siswa).
- Putra Putri yang menjadi perwakilan dari Gudep SD/MI wajib berusia 7-10 tahun
- Setiap Gudep wajib mendirikan satu tenda di tempat yang telah disediakan dengan bantuan Yanda Bunda
- Pengantar dari Gudep maksimal 5 pembina
SISTEM DAN MEKANISME PENDAFTARAN PESTA SIAGA
- Setiap Gudep mengisi link yang akan dibagikan oleh panitia https://forms.gle/MSc8xQ6rAVGuR4UG9
- Panitia memverifikasi peserta pesta siaga setiap Gudep
WAKTU PELAKSANAAN PESTA SIAGA
- Hari, Tanggal : Sabtu, 30 Oktober 2021
- Tempat : Bumi Perkemahan Sumber Boto, Kecamatan Mojowarno
JENIS LOMBA PESTA SIAGA
- Lomba Menggambar Bendera
- Lomba Mengenal Nama Pahlawan
- Lomba Puzzle Rasa Berburu Harta Karun
- Lomba Memasang Atribut
- Lomba Menyanyi Lagu Pramuka
- Lomba Kekompakan Kelompok
PEMBIAYAAN
Setiap Gudep berkontribusi sebesar Rp. 200.000
Jadwal Pelaksanaan Pesta Siaga
No |
Waktu Pelaksanaan |
Kegiatan |
1 |
07.00 – 07.30 |
Peserta datang dan mengisi daftar hadir dibantu oleh Yanda
Bunda |
2 |
07.30 – 08.00 |
Persiapan Apel Pembukaan |
3 |
08.00 – 09.00 |
Pelaksanaan Apel Pembukaan |
4 |
09.00 – 09.15 |
Peserta menuju POS pelaksanaan lomba sesuai dengan
lomba yang diikuti |
5 |
09.15 – 11.00 |
Pelaksanaan Lomba
1. Menggambar Bendera 2. Mengenal Nama Pahlawan 3. Menyusun Puzzle 4. Memasang Atribut |
6 |
11.00 – 11.15 |
Istirahat |
7 |
11.15 – 12.15 |
Lomba Beregu |
8 |
12.15 – 13.00 |
Pelaksanaan Apel Penutupan dan Pengumuman Pemenang |
Petunjuk Teknis Pelaksanaan Lomba
Lomba Menggambar Bendera
Alat dan bahan yang harus dibawa
- Alat tulis
- Crayon
- Meja belajar
Tehnik Lomba
- Peserta dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Putra dan Putri
- Masing-masing peserta dibagikan kertas gambar
- Pengarahan tentang tehnik penilaian
Ø Gambar berbentuk Landcape
Ø Waktu pengerjaan 60 menit
- Penilaian berdasarkan proses dan hasil (kerapian, kebersihan, keindahan, dan komposisi warna).
- C. Hadiah
– Juara 1, 2, 3 Pa- Juara 1, 2, 3 Pi
Hasil Lomba
Putra
Juara 1 : SDN Penggaron
Juara 2 : SDN Latsari
Juara 3 : SDN Sidokerto 1
Putri
Juara 1 : SDN Selorejo
Juara 2 : SDN Sidokerto 1
Juara 3 : SDN Wringinpitu
Lomba Mengenal Nama Pahlawan
TEKNIS LOMBA MENYEBUT NAMA PAHLAWAN A. Peserta lomba– 1 Pa dan 1 Pi Anggota pramuka siaga dari tiap Gudep
B. Peralatan yang dibawa oleh peserta
- Papan alas
- Spidol hitam
Urutan kegiatan
- Peserta lomba mendaftar ke panitia
- Panitia mendata peserta
- Peserta mengambil nomor lomba secara acak yang diberikan oleh panitia
- Peserta mengambil posisi sesuai nomor yang di dapat
- Panitia mengawali lomba dengan berdoa
- Panitia menjelaskan tata cara dan tata tertib lomba
- Peserta menyiapkan peralatan lomba masing-masing
- Panitia membagikan lembaran kertas untuk menulis nama pahlawan (setiap peserta mendapat 1 kertas setiap sesi)
- Setelah lomba terlaksana, Panitia mencatat peraih juara 1, 2 dan 3 (Pa dan Pi)
- Panitia menyerahkan data juara ke panitia inti
Teknis kegiatan lomba
Lomba tahap 1
- Panitia memperlihatkan gambar dari seorang pahlawan
- Peserta menulis nama pahlawan dari gambar yang diperlihatkan oleh panitia pada kertas yang sudah diberikan oleh panitia
- Peserta dipersilahkan menjawab setelah ada aba-aba “Mulai” dari panitia
- Durasi menjawab 10 detik tiap gambarnya
- Peserta harus berhenti setelah ada aba-aba “Stop” dari panitia dengan menaruh spidol dan mengangkat kedua tangannya untuk menghindari terjadinya kecurangan saat menjawab
- Peserta yang berhasil menjawab dengan benar akan melanjutkan ke sesi selanjutnya
- Peserta yang salah dalam menjawab, otomatis gugur dan kalah dalam lomba
- Peserta yang gugur harus segera meninggalkan tempat lomba
- Apabila sampai 10 sesi menjawab gambar, panitia masih belum menemukan pemenang maka panitia akan memberikan 5 gambar pahlawan lagi
- Dan bila sampai semua gambar telah diperlihatkan maka panitia mengadakan lomba tahap kedua
Lomba tahap 2
- Panitia memberikan deskripsi tentang seorang pahlawan
- Peserta menebak nama pahlawan tersebut dengan menuliskannya pada lembar kertas jawaban yang sudah diberikan oleh panitia
E. Tata tertib lomba
- Peserta lomba harus merupakan anggota kelompok pramuka siaga yang terdaftar mengikuti pesta siaga mewakili sekolah masing-masing
- Peserta lomba harus telah mendaftar ke panitia lomba dan mendapatkan nomor dari panitia
- Peserta tidak boleh membawa peralatan selain peralatan lomba
- Peserta dianggap gugur dan kalah apabila:
- a. Menjawab salah
- b. Menulis sebelum ada aba-aba mulai
- c. Tetap melanjutkan menulis setelah ada aba-aba stop d. Berkeliaran saat lomba
- e. Tidak mampu melanjutkan lomba dikarenakan sesuatu yang lain contoh sakit, pingsan
- f. Minta ijin keluar lomba
- g. Minta ijin keluar dari area lomba saat pelaksanaan lomba
- Kriteria jawaban BENAR
- a. Peserta menjawab nama pahlawan dengan lengkap contoh: Pangeran Diponegoro b. Peserta hanya menjawab nama pahlawan tanpa embel-embel contoh: Diponegoro
- Kriteria jawaban SALAH
- a. Jawaban salah menyebut nama pahlawan
- Jawaban tidak menyebut nama pahlawan contoh: Pangeran (tanpa Diponegoro)
Hasil Lomba
Putra
Juara 1 : MI Al-Maunah Mojojejer
Juara 2 : SDN Japanan 1
Juara 3 : SDN Gedangan
Putri
Juara 1 : SDN Japanan 1
Juara 2 : MI Al-Maunah Mojojejer
Juara 3 : SDN Japanan 2
Lomba Puzzle
Juknis Lomba Puzzle (Pesta Siaga)Jumlah peserta : 114 anak yakni 34 SD dan 23 MI, maka jumlah 57 lembaga, 57 anak Pa dan 57 anak Pi, maka total 114 anak.Petunjuk Teknis :
- Peserta mendengarkan pengarahan dengan durasi 20 menit
- Terdapat batas wilayah dengan menggunakan rafia saat lomba puzzle
- Panitia menyebarkan nama-nama buah dan hewan pada wilayah yang ditentukan
- Pa dan Pi bermain dalam 1 wilayah namun dibedakan tempat dengan diberi batas wilayah antara pa dan pi
- Peserta diminta mengumpulkan gambar yang ada di dalam sedotan untuk kemudian dimasukkan ke dalam kantong (plastik) dengan durasi waktu 10 menit
- Kantong ditulis nomor peserta dan dikumpulkan pada panitia
- Panitia sebanyak 5 orang dibagi untuk menghitung perolehan nilai
Rubrik : Nilai dengan poin tertinggi sebagai pemenang
Hadiah :
- Juara 1, 2, 3 Pa
- Juara 1, 2, 3 Pi
Hasil Lomba
Putra
Juara 1 : SDIT Al-Kahfi
Juara 2 : MI Najatud Daroini Gedangan
Juara 3 : SDN Japanan 2
Putri
Juara 1 : SDN Penggaron
Juara 2 : SDN Latsari
Juara 3 : SDIT Al-Khalifa
Lomba Memasang Atribut Seragam Pramuka
a. Materi
Memasang atribut pramuka siaga berupa topi, hasduk dan sepatu bertali
Alat Dan Bahan
Tiap peserta membawa sendiri topi siaga, hasduk dan sepatu beserta kaos kakinya
c. Petunjuk Teknis Lomba
- Peserta mengambil nomor urut sesuai kedatangan.
- Setiap 1 putaran lomba terdiri dari 8 peserta
- Sebelum memulai lomba , peserta melepas topi, hasduk dan sepatu beserta kaos kakinya, lalu ditaruh didepannya.
- Hitungan ketiga peserta memakai atribut topi, hasduk dan sepatu beserta kaos kakinya masing-masing.
- Setelah selesai langsung berlari menuju juri.
Teknis Penilaian
- Dari kedelapan peserta dicatat urutan waktu yang lebih dahulu selesai .
- Diberi batas waktu 5 menit, jika lebih dari 5 menit akan dilakukan diskualifikasi.
- Dari setiap putaran akan dipilih 1 terbaik yang memenuhi kriteria, setelah itu dilakukan final untuk memperebutkan Juara.
Hadiah : Juara 1,2,3 Pi dan Juara 1,2,3 Pa e. Rubrik Penilaian
Hasil Lomba
Putra
Juara 1 : MI Perwanida
Juara 2 : SDN Grobogan 1
Juara 3 : MI Al-Hidayah
Putri
Juara 1 : MI Fathul Huda
Juara 2 : SDN Mojojejer 1
Juara 3 : SDN Mojoduwur 1
Lomba Beregu
PERATURAN LOMBA MEMINDAH AIR KERAMAT KOMBINASI MEMASUKKAN BENDERA DALAM BOTOLLOMBA
Peserta
Peserta Lomba terdiri dari:
- Pramuka siaga perwakilan dari masing-masing Gugus Depan
- Masing-masing Gudep mengirimkan 1 tim terdiri dari 10 Pramuka Siaga (5 putra dan 5 putri)
Tata Cara Permainan
- Sekali pelaksanaan lomba terdiri dari 10 tim
- Semua anggota tim yang bertanding membentuk barisan satu banjar dengan posisi duduk dan berjarak masing-masing 50-60 cm dan membawa ember plastik
- Setiap tim disiapkan 2 timba (di depan berisi air dan di belakang dalam kondisi kosong)
- Peserta paling depan mengambil air dalam timba dengan embernya dan dituangkan pada ember teman di belakangnya dengan cara dipegang kedua tangan melalui atas kepala tanpa menolehkan kepala.
- Setelah peserta ke dua menerima air dalam embernya selanjutnya melakukan hal yang sama untuk menuangkan kepada peserta ke tiga. Hal ini dilakukan sampai pada peserta terakhir.
- Untuk peserta terakhir setelah menerima air langsung memasukannya dalam timba kosong di belakangnya.
- Lomba 1 ini dianggap terselesaikan oleh tim apabila air di ember yang berada di depan habis dan atau waktu yang disediakan habis.
- Tim yang yang telah menyelesaikan lomba I dapat langsung berlari menuju pada lomba
Lomba Tahap 2
- Pada lomba 2 tim membagi 2 kelompok (kelompok peserta putra dan peserta putri) dan menempati posisi tempat yang telah ditentukan.
- Satu (1) anggota kelompok putra bertugas memasukkan bendera ke dalam botol yang di pegang kelompok putri
- Tiga (3) anggota yang lain membantu agar jangan sampai anggota yang bertugas memasukkan bendera kakinya menyentuh garis batas dengan cara memegang tangan.
- Satu (1) anggota putra terakhir bertugas membawa 5 bendera untuk diserahkan satu persatu kepada anggota yang bertugas memasukkan ke dalam botol.
- Satu (1) anggota kelompok putrid bertugas membawa botol sedang anggota yang lain membantunya agar kaki pembawa botol tidak menyentuh garis batas dengan cara memegang tangannya.
- Apabila selama proses memasukan bendera dalam botol salah satu anggota tim ada yang menyentuh dan melewati garis batas maka maka bendera yang dimasukkan ke botol tidak ikut dihitung.
- Salah satu tim dinyatakan sebagai pemenang apabila dapat menyelesaikan kedua permain dengan cepat serta mampu memasukkan bendera terbanyak.
Hadiah
- 1. Untuk para pemenang I,II dan III, Panitia menyediakan Thropy
JUKNIS EKSIBISI MENYANYI PESTA SIAGA
KUOTA 20 PESERTA ( DARI SD DAN MI PUTRA DAN PUTRI )LAGU YANG DIBAWAKAN SAAT MENYANYI DIANTARANYA( PILIH SALAH SATU ) :
- SAYA ANAK PRAMUKA SIAGA
- AYO SIAGA
- APA GUNA KELUH KESAH
- LAGU PRAMUKA SIAGA
- DISINI SENANG DISANA SENANG
KETENTUAN :
SETELAH BERNYANYI PESERTA LANGSUNG MENDAPATKAN HADIAH, KECUALI BILA JUMLAH PESERTA MELEBIHI KUOTA MAKA AKAN DIPILIH YANG TERBAIK
Hasil Lomba
Putra
Juara 1 : MI Darussalam 2 Karanglo
Juara 2 : SDN Mojowarno 1
Juara 3 : SDN Japanan 1
Putri
Juara 1 : SDN Japanan 1
Juara 2 : MI Al-Hidayah
Juara 3 : SDN Sidokerto 2
Tinggalkan Balasan