Cara Mengobati Cedera pada Mata Manusia Akibat Luka Memar dan Cairan Kimia

tataplah matahari dan abaikan bayanganmu
Gambar anak-anak sedang bermain dan bergaya memakai kacamata.

Apa kabar sobat The Jombang Taste? Tahukah Anda jika jari tangan kita dapat terluka, juga kaki kita bisa terluka, demikian pula dengan kedua mata kita bisa terluka. Luka pada mata bermacam-macam jenisnya. Luka terpukul berbeda dengan luka tertusuk. Luka oleh air sabun atau air cuka berbeda pula dengan luka akibat salah memakai obat mata. Semua ini termasuk cedera pada mata. Cedera pada mata memerlukan pertolongan segera karena mata barang yang lunak mudah sekali terluka.

Mata sangat penting bagi kita. Mata merupakan pelita sepanjang hidup kita. Bola mata kita terlindung oleh atap dari tulang di sekitarnya. Pukulan atau tumbukan atau benturan pada mata, biasanya akan mengenai tulang atau kelopak mata. Daerah sekitar mata menjadi memar. Luka memar pada ma mata tandai dengan kulit sekitar mata berwarna biru keunguan dan agak membengkak. Bagaimana cara mengobati luka memar pada mata?

Dikompres Air Dingin dan Hangat

Memar dan bengkak pada kulit sebaiknya dikompres. Mula-mula diberikan kompres air es. Kemudian diberikan kompres air hangat. Maksudnya agar pembekuan darah cepat diserap dan memar bisa segera menghilang. Apabila bola mata juga terkena luka, pertolongan dokter diperlukan. Mata perlu diberikan perawatan khusus apabila terluka.

Benda tajam dan runcing dapat menusuk mata. Lidi atau ranting, ujung pisau, ujung kawat, serta pecahan-pecahan kaca, besi, atau serbuk kasar dapat juga melukai mata. Mata yang lembut menjadi lecet atau koyak. Bola mata akan berdarah. Tak baik jika tidak diobati.

Apabila yang terkena daerah hitam mata atau kornea, akan lebih buruk akibatnya. Karena kornea itu daerah yang penting bagi bola mata. Kornea tempat masuk cahaya atau bayangan yang kita lihat. Dan jika kornea rusak akibat terluka, maka penglihatan akan terganggu.

Bawa ke Dokter Mata

Jika kerusakan kornea tidak terlalu dalam, kornea akan pulih. Mungkin ada bercak putih sebagai cacat yang tak terlalu mengganggu penglihatan. Namun, jika kerusakan kornea cukup dalam, penyembuhannya akan lebih sukar. Bantuan dokter spesialis mata diperlukan dalam hal menolong penderita luka mata.

Apabila bola mata terluka, segeralah pergi berobat ke Puskesmas atau dokter terdekat. Tutuplah mata yang terluka dengan sapu tangan bersih atau kassa suci hama. Jangan ganggu mata dengan memeganginya. Mata jangan dipijit-pijit atau digosok-gosok. Penekanan pada bola mata yang terluka dapat membahayakan. Lebih-lebih jika yang melukai mata berupa pecahan-pecahan benda tajam.

Dengan menggosok atau menekan pecahan benda tajam akan semakin menusuk jaringan bola mata yang lunak itu. Banyak sekali bahan cair yang membahayakan mata, misalnya karbol, lisol, air sabun, air cabai, dan air cuka semua itu berbahaya bagi mata. Termasuk pula alkohol serta bahan kimiawi lainnya yang lebih keras. Bola mata dapat terluka dan terbakar jika terkena cairan kimia. Akibatnya adalah bola mata menjadi rusak.

Bahan cair berbahaya dapat mengenai mata. Mata yang ter-kena bahan tersebut menderita perih dan pedih. Timbulnya rasa nyeri pada mata. Tidak jarang rasa seperti terbakar pada mata. Bola mata mungkin akan melepuh, membengkak atau menjadi merah. Penglihatan menjadi terganggu. Tak mampu melihat apa-apa dalam seketika. Dapat berakhir dengan kebutaan.

Bilas Dengan Air Mengalir

Mata yang terkena bahan cair berbahaya, segera harus dibilas. Gunakanlah air bersih yang mengalir, misalnya air kran. Biarkan air bersih mengalir memasuki bola mata yang terkena bahan berbahaya itu beberapa menit. Maksudnya agar daya rusak bahan berkurang karena diencerkan oleh air, sehingga pengaruh buruknya dapat dikurangi atau dibatasi.

Tindakan serupa itu hanya merupakan pertolongan pertama. Pertolongan mata yang iritasi akibat cairan kimia yang paling tepat adalah dibawa ke dokter spesialis mata. Dokter akan memeriksa mata yang terkena dan memberikan pengobatan seperlunya. Mata yang terluka harus dipulihkan agar kembali berfungsi normal. Mata perlu diistirahatkan beberapa hari.

Sediakan borwater di lemari obat Anda setiap saat. Borwater adalah cairan pembasuh mata yang dapat dibeli bebas di apotik. Borwater berupa cairan bening mirip air jernih. Borwater digunakan untuk membersihkan mata. Cara pakai borwater adalah dengan menggunakan gelas mata. Gelas mata diisi borwater, kemudian mata direndam di dalam borwater sambil dikedip-kedipkan berulang kali sampai beberapa menit lamanya. Demikian bergantian pada kedua mata sampai kotoran, debu atau serangga renik yang berada di dalam mata dapat terkuras keluar.

Dalam borwater terdapat bahan pemati hama. Rongga mata menjadi bersih dan suci hama karena dibersihkan dengan borwater. Karena udara di sekitar kita demikian kotor, berdebu, tercemar kotoran, atau berhama penyakit, sehingga membersihkan mata secara berkala, misalnya sebulan sekali, merupakan kebiasaan sehat yang perlu Anda lakukan. Selain menjaga kebersihan mata, Anda juga harus tetap mengkonsumsi bahan makanan sumber vitamin A yang diyakini mampu memperbaiki fungsi kerja indera penglihatan.

Hati-hati Memakai Obat Mata

Anda harus berhati-hati memakai obat mata. Mata bukanlah kulit. Alat tubuh kita yang paling lunak dan mudah rusak adalah mata sehingga Anda perlu berhati-hati pada mata. Demikian pula dalam memakai obat mata. Obat untuk mata berbeda dengan obat untuk kulit. Kadar obat untuk mata harus lebih ringan. Obat mata tidak boleh terbuat dari bahan yang merangsang atau merusak selaput lendir mata yang lembut dan tipis.

Pemakaian obat mata yang keliru dapat membahayakan mata. Ada cukup banyak jenis obat mata beredar di pasaran. Tidak seluruh obat mata berkhasiat sama. Sehingga tidak setiap salep atau obat tetes mata cocok untuk suatu penyakit mata. Ada kalanya obat mata digunakan hanya untuk membersihkan mata atau memberi kesan segar pada indera penglihatan. Namun ada kalanya obat mata digunakan sebagai antiseptik pengobatan penyakit mata.

Pemakaian obat mata yang keliru dapat berakibat mata menjadi buta. Terutama apabila terjadi kerusakan pada kornea atau penyakit pada kornea. Jika keliru menggunakan obat mata, kornea akan bertambah rusak dan dapat berakibat kebutaan. Oleh karena itu bantuan dokter spesialis mata selalu dipilih dalam hal memilih obat mata. Mintalah saran dokter mata untuk pemakaian jenis obat mata yang tepat untuk luka mata Anda.

Demikian pula dengan obat mata yang disimpan terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan bagian-bagian mata. Kadar obat mata yang sudah lama didiamkan dapat berubah susunan komposisi bahannya. Obat mata sudah tidak boleh dipakai lagi setelah lama tidak digunakan. Jika obat tersebut dipakai maka dapat membahayakan mata, mungkin juga dapat menyebabkan kebutaan.

Kelalaian mengambil obat bukan hal yang jarang terjadi. Disangka obat mata padahal obat lain. Seringkali terjadi tanpa melihat label pada botol atau wadahnya, obat langsung diteteskan atau dibubuhi pada mata. Tahu-tahunya cairan tersebut adalah obat lain yang membahayakan mata. Maka waspadalah memakai obat mata. Perhatikanlah dulu label wadah obatnya sebelum obat dipakai.

Ada banyak jenis penyakit mata yang terjadi pada manusia. Penyakit mata yang kelihatannya sama belum tentu dapat disembuhkan dengan obat mata yang sama. Mintalah nasihat dokter mata sebelum memakai obat mata. Karena pemakaian yang sembarangan dapat membuat kita menjadi tunanetra.

Peliharalah kesehatan mata. Jika kita sudah terlanjur menjadi buta maka penyesalan yang akan tersisa. Tidak semua kebutaan dapat dipulihkan. Jika sudah menjadi buta maka seumur hidup kita akan hidup dalam dunia gelap-gulita.

Semoga artikel tips menjaga kesehatan mata ini bisa menambah kesadaran betapa mahal harga mata bagi kehidupan kita. Tanpa mata kita tak mungkin mencapai cita-cita yang lebih tinggi. Pelihara dan sayangilah kesehatan mata Anda. Karena mata itu jendela hidup kita mengarungi dunia dalam gelap maupun terang. Sampai jumpa dalam artikel The Jombang Taste berikutnya!

Bagikan artikel ini melalui:

6 Replies to “Cara Mengobati Cedera pada Mata Manusia Akibat Luka Memar dan Cairan Kimia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *