ghost writer

Menemukan Motivasi Hidup Dari Mengajar Siswa

Imam Wijoyo

Imam Wijoyo

Saya meyakini bahwa sebaik-baik manusia adalah mereka yang berilmu namun tidak pelit membagikan ilmunya kepada orang lain, khususnya anak-anak. Anak-anak adalah generasi masa depan sebuah bangsa. Kepada merekalah kita akan menggantungkan nasib negara dalam kurun waktu 20 sampai 50 tahun mendatang. Oleh karena itu, mengajar siswa merupakan salah satu profesi mulia yang harus didukung.

Siapa sangka bahwa dari kegiatan mengajar siswa inilah saya menemukan motivasi hidup baru. Sejak saya aktif mengajar dalam pendidikan non-formal anak-anak berbasis agama, saya selalu merasa lebih bersemangat ketika bangun tidur di pagi hari. Saya berpikiran bahwa setiap pagi adalah hari baru untuk menyebarkan ilmu dan memberi keteladanan kepada anak.

Melihat canda-tawa anak-anak, keriangan mereka bermain bersama kawan-kawan, beserta tingkah lugu dan lucu di dalam kelas merupakan sumber energi yang tak bisa saya beli dimanapun. Bahkan selama tujuh tahun saya bekerja dan berjibaku dengan masyarakat kota modern dengan limpahan hiburan yang menyenangkan pun tidak sebanding dengan kualitas kebahagiaan yang saya dapatkan sekarang.

Setiap pagi saya merencanakan nilai-nilai apa yang ingin saya ajarkan kepada anak-anak. Terdengar so naif bahwa diusia saya yang masih muda ini saya ingin menjadi guru di dalam kelas sekaligus di dalam kehidupan nyata. Meski demikian, saya bertanya-tanya sampai kapan anak-anak kita kehilangan sosok teladan dalam hidup mereka karena selama ini mereka berkaca pada karakter palsu sebagian besar pendidik di Indonesia.

I’m not an innocent man. Saya tahu saya masih banyak kekurangan. Namun setidaknya dengan memberi contoh yang baik-baik di hadapan murid maka secara tidak langsung akan memberikan motivasi kepada diri saya untuk terus memperbaiki diri. Bukanlah sebelum mengajari orang lain kita harus sudah bisa mempraktekkannya sendiri? Dan untuk itulah saya senang bisa mengajar anak-anak karena mereka memberi motivasi hidup saya agar selalu lebih baik dari hari ke hari.

Semoga artikel motivasi ini bisa menambah inspirasi bagi setiap pendidik di Indonesia. Enjoy blogging, enjoy writing!

One thought on “Menemukan Motivasi Hidup Dari Mengajar Siswa

Leave a Reply