Guru Cermat Mampu Mengetahui Potensi dan Kemampuan Nalar Murid

Contoh alat musik tradisional Jawa berupa patrol tradisional kenthongan
Contoh alat musik tradisional Jawa berupa patrol tradisional kenthongan

Pengetahuan seorang guru terhadap murid-muridnya berguna baginya dalam mengajar dan mendidik. Guru yang mengenal murid-muridnya dengan cermat, maka dialah yang mampu mengajarkan kepada mereka apa yang mereka perlukan sesuai dengan diri mereka. Dialah yang mampu mengarahkan untuk mengambil spesialisasi yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Tidak mungkin seorang murid mampu menguasai banyak kompetensi sekaligus.

Guru yang fokus pada potensi dan kompetensi murid akan lebih mudah mengelola kelas pembelajaran. Sebagaimana kita tahu bahwa beda murid beda pintar. Setiap murid juga memiliki metode pembelajaran yang berbeda. Dia mampu memberi jawaban yang cermat atas pertanyaan-pertanyaan murid. Dia juga mampu bersikap adil dan teliti dalam menilai dan memberikan nilai materi pelajaran yang menjadi hak mereka.

Guru yang bijak tidak akan memaksakan murid-muridnya untuk menjadikan muridnya bisa menguasai semua mata pelajaran yang diajarkan. Walaupun sekolah memiliki standar pencapaian hasil belajar yang sama untuk setiap kelas, namun sudah biasa terjadi bahwa kemampuan nalar dan daya serap murid terhadap pembelajaran berbeda-beda.

Sesungguhnya tidak ada yang bisa dilakukan guru untuk mencerdaskan muridnya selain sekedar upaya penyampaian materi. Allah adalah Dzat yang Maha Berilmu maka hanya kepada Dialah kita meminta kepandaian itu diturunkan kepada murid-murid sesuai potensi dan kompetensinya. Guru juga harus selalu mendoakan murid-muridnya agar bisa mencapai cita-citanya dan mendapat ridho Allah. Semoga terinspirasi.

Published by

Agus Siswoyo

Warga Tebuireng, Blogger Indonesia, Penulis Lepas, Peduli Yatim, dan Guru TPQ. Follow me at Twitter @agussiswoyo.

One thought on “Guru Cermat Mampu Mengetahui Potensi dan Kemampuan Nalar Murid”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *