Training Motivasi Guru Endorphine Teacher Bersama Aries Ahmad Jaya di Jombang

Pelatihan motivasi guru - training endorphine teacher aris ahmad jaya
Pelatihan motivasi guru – training endorphine teacher aris ahmad jaya

Mendidik anak-anak memerlukan ketelatenan, kesabaran dan trik khusus agar peserta didik merasa riang dan nyaman belajar. Untuk itulah, blog The Jombang Taste kali ini berbagi pengalaman penulis mengikuti training motivasi mengajar. Acara pelatihan motivasi guru tersebut bernama Endorphine Teacher Training dan telah di adakan di Ruang Bung Tomo Gedung Pemkab Jombang pada Kamis, 25 Mei 2017. Tampil sebagai pembicara utama dalam seminar motivasi tersebut Aris Ahmad Jaya selaku penulis buku Endorphine Teacher.

Tagline yang digunakan dalam Endorphine Teacher Training adalah “Pendidik Bahagia Dimanapun, Kapanpun dan Dalam Kondisi Apapun”. Sesuai tagline tersebut, acara training guru-guru di Jombang ini berlangsung seru dan menarik. Kegiatan Endorphine Teacher Training dimulai pukul delapan pagi melalui pengantar Bapak Soeroto, mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang sekaligus Kepala Lembaga Pendidikan Islam Ar-Rahman yang menjadi penggagas kegiatan ini. Setelah pelatihan cara mengajarkan membaca pada bayi, LPI Ar-Rahman kembali mengundang narasumber pendidikan yang berkompeten seperti Pak Aries.

Training pendidik Jombang dilanjutkan oleh pemateri utama, Aries Ahmad Jaya sekitar pukul sembilan sampai dengan pukul tiga sore. Banyak tips-tips mendidik anak yang dibagikan oleh Pak Aries dalam diklat guru di Gedung Bung Tomo tersebut. Walaupun saya sudah sering mengikuti pelatihan motivasi guru, kegiatan Endorphine Teacher Training ini tetap menarik untuk diikuti. Aula Bung Tomo yang hari itu dipenuhi sekitar empat ratus orang gegap-gempita oleh yel-yel motivasi pendidik yang disampaikan Pak Aries. Peserta dibagi menjadi dua kelompok dan diajak bersaing dalam fun games permainan konsentrasi.

Salah satu materi menarik yang dibagikan oleh Pak Aries dalam Endorphine Teacher Training ini adalah jenis-jenis guru yang eksis di dalam kelas. Pak Aries membagi berbagai macam kategori guru menjadi guru wajib, guru sunnah, guru makruh, guru mubah, dan guru haram sesuai dengan tingkat kebutuhannya. Guru ideal mampu menempatkan diri menjadi guru wajib. Makna guru wajib adalah kehadirannya selalu dibutuhkan dan dirindukan anak didik karena membawa manfaat yang besar bagi murid. Sebaliknya, seburuk-buruknya guru adalah guru haram yang dijauhi murid dan sebaiknya ditiadakan dalam sistem pendidikan anak-anak.

Bukan hanya berbagi yel-yel motivasi belajar, Endorphine Teacher Training bersama Aris Ahmad Jaya di Jombang juga memberikan tips meningkatkan motivasi prestasi peserta didik. Aturan yang dipakai oleh Pak Aries adalah mengundang wali murid yang anaknya berprestasi dan mendatangi rumah wali murid yang anaknya bermasalah dalam proses belajar. Tips pendidikan Endorphine Teacher ini berbeda terbalik dengan tips mendidik yang selama ini digunakan oleh guru-guru konvensional. Demikian ulasan singkat pengalaman penulis mengikuti Endorphine Teacher Training oleh Aries Ahmad Jaya di Jombang. Semoga terinspirasi. Selamat mengajar!

9 Replies to “Training Motivasi Guru Endorphine Teacher Bersama Aries Ahmad Jaya di Jombang”

  1. Icebreaking adalah menu wajib dlm menciptakan suasana belajar yg gembira. Boleh di bagi macam macam yel motivasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *