Foto Richard Feynman

Motivasi Berbagi Manfaat Kekayaan Dengan Masyarakat Sekitar

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki sifat dasar selalu ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Bahkan sosok seperti Tarzan yang tinggal di hutan-rimba pun menjalin komunikasi efektif dengan hewan-hewan tertentu yang dianggapnya sebagai teman. Singkat kata, kehidupan saat ini mengharuskan manusia untuk selalu berinteraksi dengan lingkungan tempat tinggal mereka.

Lalu, sebaik-baik manusia adalah mereka yang mampu memberikan manfaat bagi orang lain, khususnya tetangga yang tinggal di kiri-kanan rumah. Oleh sebab itu, sudah seharusnya bila kita meluangkan sedikit kekayaan yang kita miliki untuk dibagi dengan masyarakat sekitar rumah. Roda kehidupan terus berputar. Kadang kita berada di atas, kadang bisa juga di bawah. Kita tidak pernah tahu kapan bahagia dan duka menghampiri hidup.

Dan yang perlu diingat, kekayaan tidak selalu harus diukur dengan uang. Selain uang dan emas permata, kekayaan manusia bisa berupa waktu, kepandaian, dan tenaga yang mereka miliki. Sayangnya saat ini masyarakat modern terlanjur mengukur kekayaan seseorang dari jumlah saldo rekening uang di bank. Mereka lupa bahwa waktu dan kepandaian adalah kekayaan yang tidak terlihat mata namun besar perananan bagi kehidupan seseorang. Mau bukti?

Ketika Anda sedang bersedih karena kegagalan mendapatkan atau melakukan suatu hal, bisa saja Anda menggunakan uang untuk menghibur diri. Tapi solusi yang efektif sebenarnya datang dari lingkungan di kiri dan kanan rumah Anda. Cobalah Anda berkunjung ke salah satu rumah tetangga yang bisa dipercaya dan curhat masalah Anda. Mereka yang telah mengenal Anda selama berhari-hari akan lebih paham solusi alternatif terbaik yang bisa Anda pilih.

Anda akan mendapatkan segala manfaat motivasi diri bila bersedia berbagi kekayaan dengan lingkungan di sekitar rumah. Anda tidak perlu mengunjungi psikiater dan clubbing di tempat hiburan malam yang pastinya menghabiskan uang. Motivasi berbagi manfaat kekayaan waktu dan sumbangsih pikiran akan menjadi obat mujarab yang tidak Anda sangka-sangka sebelumnya. Mudah-mudahan artikel motivasi diri ini bisa menginspirasi Anda.

Enjoy blogging, enjoy writing!

Menjadi Gembala Spiritual Bagi Kecerdasan Berpikir Diri SendiriMenjadi Gembala Spiritual Bagi Kecerdasan Berpikir Diri Sendiri

2 thoughts on “Motivasi Berbagi Manfaat Kekayaan Dengan Masyarakat Sekitar

Leave a Reply