Allohumma Bariklana Fii Rajaba, Inilah 3 Amalan Sunah di Bulan Rajab

Allohumma bariklana fii rajaba, wa sya’bana wa balighna ramadhona…

Ya Alloh berkahilah kami di bulan Rojab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami menikmati bulan Ramadhan…

Lantunan doa di bulan Rajab mengawali doa bersama murid-murid SDN Latsari pagi ini halaman sekolah. Para siswa tampak bersemangat mengikuti kegiatan rutin doa bersama membaca asmaul husna sebelum masuk kelas ini secara berkelompok sesuai dengan kelasnya. Tidak sedikitpun tampak kesedihan di wajah anak-anak meski cuaca tadi pagi cukup panas.

Penulis menyampaikan pembukaan dengan membacakan doa di bulan Rajab beserta artinya di awal KBM tersebut. Sebagian besar siswa dapat menghafal doa dalam bahasa Arab tersebut. Namun hanya sebagian kecil siswa dapat menghafal penggalan arti doa dalam Bahasa Indonesia.

Hari ini tepat 1 Rajab 1439 Hijriyah. Mengisi bulan Rajab bukan hanya dengan doa. Ibadah sunnah di bulan Rajab sebagaimana diajarkan para kyai dan sesepuh diantaranya adalah sebagai berikut:

Pertama, puasa sunnah Rajab.

Puasa sunnah Rajab dilakukan dari tanggal 1 sampai dengan 27 Rajab. Jika tidak mampu menjalankan puasa sunnah sebanyak 27 hari, setidaknya kita menjalankan puasa dalam hitungan ganjil. Misal 1 hari, 3 hari, 5 hari, 7 hari, dan seterusnya. Alhamdulillah, penulis bisa melaksanakan puasa di tanggal 1 Rajab ini sampai bedug maghrib ditabuh. Aroma harum bulan Ramadhan sudah mulai tercium saat penulis berbuka puasa dengan keluarga.

Kedua, membaca doa di bulan Rajab sebanyak-banyaknya.

Doa di bulan Rajab sudah tertulis di atas, yaitu Allohumma bariklana fii rajaba, wa sya’bana wa balighna ramadhana, ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami menemui bulan Ramadhan. Doa ini dapat dibaca sebanyak-banyaknya dan kapan saja selama bulan Rajab dan Sya’ban. Teks doa bulan Rajab dan Sya’ban di atas umumnya dibaca dengan nada lagu tertentu. Nada lagu tersebut bisa Anda dalam tayangan video yang sudah penulis rekam bersama siswa kelas III SDN Latsari tadi siang.

Ketiga, membaca doa sayyidul istighfar tiga kali pada pagi dan sore.

Bacaan doa sayyidul istighfar adalah: “Allohumma anta robbi laillaha illa anta, kholaqtani wa ana abduka, wa ana ala ahdika, wa wakdina mastatho’tu, audzubika min sarri ma shona’tu abu u laka, bi nikmati alayya, wa abu u bidzambi faghfirli fa innahu, layaghfiru dzunuba illa anta”. Doa ini hendaknya dibaca sebanyak tiga kali pada waktu pagi dan tiga kali pada waktu sore.

Dongeng Anak di Acara Pondok Ramadhan 2017 Murid-murid SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang
Dongeng Anak di Acara Pondok Ramadhan 2017 Murid-murid SDN Latsari Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang

Membiasakan diri hidup teratur sesuai tuntunan agama memang tidak mudah. Terlebih kids jaman now punya banyak godaan untuk konsisten berbuat baik. Sebagai pendidik dan orang tua, Anda harus bisa memberi contoh yang baik kepada mereka. Amalan-amalan baik di bulan Rajab tentu bukan hanya tiga hal itu saja. Anda bisa mengajarkan hal-hal baik lainnya sebagaimana daily activities secara Islami.

Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi bagi Anda dalam mendidik anak.

Bagikan artikel ini melalui:

10 Replies to “Allohumma Bariklana Fii Rajaba, Inilah 3 Amalan Sunah di Bulan Rajab”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *